Sukses

Serba-serbi Tabir Surya

Berikut beberapa kamus tabir surya yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Hidup di negara tropis berarti tiap hari terpapar sinar matahari. Padahal sinar matahari mampu mengakibatkan masalah di kulit. Untuk itu sebelum keluar rumah wajib pakai tabir surya (sunscreen/sunblock).Tapi banyak sekali tersedia tabir surya dengan beragam istilah. 

Sebelum pakai tabir surya kenali dulu arti istilah-istilah yang tercantum pada produk, dan mengikuti petunjuk. Agar tidak salah, simak penjelasan beberapa istilah tabir surya yang sering ditemui, seperti dilansir dari Verywell.com, Minggu (24/7/2016) berikut.

SPF
Singkatan dari Sun Protection Factor atau tingkat perlindungan terhadap matahari. SPF tersedia dari tingkat 2 sampai 100.
Angka tersebut sebenarnya menunjukkan berapa menit tabir surya mampu melindungi kulit.

Misalnya, jika kulit Anda tak pakai tabir surya dan kena sinar matahari terus-menerus selama 10 menit, maka kulit tersebut terlihat menghitam dan kemerahan karena terbakar. Namun saat Anda pakai tabir surya, kulit akan terlihat menghitam dan perih kemerahan karena terbakar sesudah kena sinar matahari terus-menerus selama 5 jam (300 menit). Maka SPF yang cocok bagi Anda adalah 300:10 = SPF 30.

Waterproof Vs Water-resistant
Tabir surya dengan label waterproof mampu melindungi kulit selama 80-90 menit saat Anda berenang maupun saat kulit banyak berkeringat. Sedangkan water resistant/water repellent mampu melindungi kulit selama 40 menit saat Anda berenang maupun saat banyak berkeringat.
Jika aktivitas Anda sehari-hari tak mengeluarkan keringat (misal seharian ada dalam ruangan), tabir surya water-resistant cukup untuk sehari-hari.

UVA Vs UVB
UV adalah singkatan dari sinar Ultraviolet yang ada di matahari. Sinar Ultraviolet A (aging) menimbulkan garis kerut di kulit, sedangkan Ultraviolet B (burning) membuat warna kulit lebih gelap.

Broad spectrum
Artinya Jangkauan Luas, yang mengindikasikan bahwa tabir surya tersebut tak hanya mengandung anti-UVB yang mencegah kulit jadi hitam, tapi juga anti UVA yang mencegah kulit jadi berkerut.
Tabir surya yang broad spectrum akan ditandai dengan tulisan PA+. Semakin banyak tanda tambahnya (maksimum tiga atau empat tanda tambah) maka semakin besar pula kemampuan tabir surya tersebut untuk mencegah sinar. UVA. Jadi, jika sebuah tabir surya broad spectrum memiliki SPF 30 dengan perlindungan UVA maksimal, maka di label nya akan tercantum SPF 30 PA+++.

Sport
Biasanya tabir surya dengan kata ini mengindikasikan tabir surya itu tahan terhadap air dan keringat. Juga, tabir surya itu tak akan leleh saat keringat mengalir hingga tak membuat mata terasa perih.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.