Sukses

Begini Cara Padu Padan Produk Perawatan Kulit

Bingung menyatukan produk perawatan kulit? Begini caranya

Liputan6.com, Jakarta Tak ada salahnya menggunakan berbagai produk perawatan wajah, tapi kenali mana produk yang tak boleh digunakan bersama dengan produk lain. Contohnya ketika setiap pagi Anda disarankan untuk menggunakan produk perawatan wajah yaitu serum Vitamin C. Produk ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan menangkal radikal bebas yang dipadu dengan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Tapi menurut dr. Ranella Hirsch, dermatolog dari Boston, ada beberapa produk perawatan kulit yang tidak disarankan untuk dicampur dengan produk lain. Simak beberapa kandungan tersebut, seperti dilansir dari Allure.com, Selasa (28/6/2016). 

1. Retinol dan AHA

Paduan dua produk ini akan membuat kulit sangat meradang. Hasilnya kulit merah membara dan sangat mengelupas. Jika hal ini terjadi coba minum obat anti-peradangan seperti aspirin dan gunakan krim anti-radang seperti krim hydrocortisone.

2. Citric acid dengan produk lainnya

Apakah citric acid itu? itu adalah kandungan yang banyak terdapat di pelembap, dan jika dicampur dengan produk lain sering menimbulkan iritasi. Biasakan selalu baca label yang ada di tiap produk sebelum digunakan.

3. Retinol dan produk anti jerawat

Menurut Fredric Brandt, dermatolog dari New York, paduan ini juga menimbulkan iritasi di kulit, dan membuat kulit sangat kering. Selain itu retinol membuat kandungan benzoil peroxyde (obat jerawat) jadi tidak efektif dan sebaliknya, benzoil peroxyde juga membuat retinol tidak efektif sehingga paduan kedua produk ini menjadi tidak berguna bagi kulit.

4.Vitamin C dan AHA

AHA merubah pH dari Vitamin C dan membuatnya tidak stabil sehingga Vitamin C tak mampu lagi bekerja sebagai antioksidan. Jika Anda pakai serum AHA (seperti serum glycolic acid) gunakan bersama dengan serum antioksidan seperti green tea maupun resveratol.

Ardi Suryaatmaja

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini