Sukses

2018, Jakarta Akan Punya Taman Bermain Berstandar Internasional

Pembangunan Taman bermain bertaraf internasional akan membutuhkan waktu 2 tahun dalam pembangunannya.

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan Jaya Ancol akan membangun theme park atau taman bermain layaknya Dunia Fantasi di atas lahan reklamasi pulau yang rencananya berlokasi di wilayah Utara Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, theme park tersebut akan berstandar internasional untuk menarik minat wisatawan dalam negeri, agar tak hanya berlibur ke luar negeri.

"Jadi gini, sekarang orang-orang kaya atau kelas menengah kalau liburan itu mana? Jepang, Korea, lain-lain. Nah, kita pengen juga punya yang sekelas dengan itu, setara dengan internasional," ucapnya di Balaikota Jakarta, Senin (18/8/2014).

Dirut PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Gatot Setyo Waluyo, mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan salah satu operator dari luar negeri untuk memposisikan Ancol sebagai International Destination Theme Park. Karena reklamasi pulau akan dimulai tahun ini dan ditargetkan 2015 selesai, maka pembangunan theme park itu baru dapat dilaksanakan pada 2016.

"Kita harap 2018 ini sudah beroperasi. Karena butuh 1,5 sampai 2 tahun pembangunan," jelasnya.

Untuk tahap pertama, Gatot mengatakan anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 1,6 triliun. Juga disertai pengembangan kawasan untuk pendukungnya seperti hotel, restoran dan lainnya.

Namun, meski jenisnya sama, Gatot memastikan theme park baru ini nantinya tak akan bersaing dengan Dunia Fantasi (Dufan). Pasalnya, menurutnya kedua taman bermain itu memiliki segmen berbeda. Bahkan, kemungkinan wahana yang ada di theme park tersebut lebih dominan bertema laut karena berada di kawasan reklamasi.

"Jadi memang untuk penamaannya kami akan pakai Dufan Ocean. Target pengunjungnya dobel dari yang dufan sekarang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.