Sukses

Dallol Si Kawah Eksotis yang Beracun

Selain dikelilingi sumber air panas, Dallol juga dikelilingi oleh gas beracun yang berbahaya bagi manusia.

Liputan6.com, Ethiopia Di benua Afrika, tepatnya di bagian utara Ethiopia terdapat satu sumber panas yang eksotis. Jika Anda berniat untuk mengunjunginya, sebaiknya Anda pikir baik-baik kembali.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Jumat (13/6/2014), Dallol yang terletak di bagian utara Ethiopia ini menjadi tempat dengan banyaknya sumber air panas, sekaligus salah satu tempat berbahaya di dunia bagi makhluk hidup.

Dallol adalah tempat yang kaya akan gas alam dan mineral, terutama garam. Maka dari itu, tidak heran kalau tempat ini tampak eksostis. Hal ini dapat dibuktikan lewat perpaduan warna hijau dan kuning, serta merah yang berasal dari kawah yang tersebar di beberapa tempat.

Namun siapa yang menyangka, di balik tampilannya yang menarik ini ternyata tempat ini sebenarnya sangat berbahaya karena selain dikelilingi oleh sumber air panas, Dallol juga dikelilingi oleh gas beracun.

Sementara itu Dallol memiliki suhu rata-rata hanya sekitar 34 derajat Celcius, berbeda dengan Death Valley yang mencapai 75 derajat Celcuius.

Lebih lanjut, pada abad ke-20, beberapa perusahaan asal Amerika, India dan Italia membangun perusahaan tambang di sekitar Dallol. Namun lanskap alamnya terlalu keras dan berbahaya bagi para pekerja di sana. Saat ini, hanya beberapa bangunan yang terbengkalai yang tersisa di Dallol. (Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.