Sukses

Dirikan Warung Ganjaran Ramadhan, Relawan Ganjar Gandeng UMKM Dongkrak Ekonomi Warga

Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama kaum buruh.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama kaum buruh. Salah satu caranya dengan menggadakan kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat yaitu menggelar Warung Ganjaran Ramadhan di Desa Cempaka, Kab. Cirebon.

Warung ini dimulai pada 26 Maret sampai 11 April 2023. Peluncuran dilakukan oleh pengurus GBB secara simbolis membeli produk UMKM yang berasal dari Cirebon Raya.

"Hari ini kami mencanangkan dimulainya Warung Ganjaran Ramadhan yang menyediakan bahan-bahan pokok dan kebutuhan berbuka puasa," umar Ketua Umum GBB Lukman Hakim di kawasan Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (26/3/2023).

Menurut Lukman, warung ini diadakan berdasarkan kolaborasi GBB dengan pelaku UMKM di Cirebon Raya. Di warung ini menyediakan makanan atau takjil gratis untuk berbuka puasa.

"Ada yang gratis, ada yang murah, tetapi semua ini dilakukan dengan harga terjangkau bagi masyarakat sekitar," jelasnya.

Lukman menargetkan warung ini tetap ada meski Ramadan telah selesai. GBB akan mengadakan warung serupa di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Bandung dan Subang.

Sementara Ketua GBB Cirebon Raya, Bong Wisnu Sentosa mengatakan ada belasan pelaku UMKM dengan berbagai produk makanan, minuman hingga kerajinan tangan menghiasai warung Ganjaran Ramadhan.

Wisnu menjelaskan adanya warung Ganjaran ini adalah bukti mereka bukan hanya sekadar mengajak untuk memilih Ganjar pada Pemilu 2024, namun ikut meningkatkan perekonomian pelaku UMKM dan memenuhi kebutuhan masyarakst.

"Poin utamanya adalah apa yang kami bisa partisipasikan kepada masyarakat. Di Cirebon adalah kota dagang, kota industri, kami masuk ke dalam ruang itu untuk sama-sama berkolaborasi. Kita bersama teman-teman UMKM meningkat kan produk, kesejahteran pekerja dan lainnya," papar Wisnu.

Wisnu menyatakan ke depan akan digelar program yang bagus untuk dikerjasamakan dengan serikat-serikat buruh yang ada di Ciayumajakuning. Sebab, Ciayumajakuning merupakan kawasan sentra industri, UMKM, pangan, yang strategis dalam penguatan industri nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Dukung Ganjar

Launching warung ini bersamaan dengan pengukuhan Pengurus GBB Cirebon Raya dan kerja sama GBB dengan serikat buruh, pelaku usaha dan pihak lainnya dengan tujuan peningkatan kesejahteraan buruh.

Diketahui, Ketua GBB Cirebon Raya ialah Bong Wisnu Sentosa, Sekretaris GBB, Asep Sholeh dan Bendahara GBB, Akhmad.

Buruh yang tergabung di GBB Cirebon Raya juga turut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden 2024.

Menurut mereka, Ganjar merupakan sosok yang mau mendengar, duduk bersama, dan berdialog dengan kaum buruh. Serta sosok yang mengedepankan musyarawah mufakat dalam menyelesaikan persoalan industrial, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan rakyat.

"Kami GBB Cirebon Raya dengan bersungguh-sungguh dan penuh kesadaran, mendukung Bapak Ganjar Pranowo menjadi Presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024," kata Wisnu yang diikuti para peserta.

Selain itu, GBB Cirebon Raya turut mengadakan Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) di Cirebon, Jawa Barat. Temanya 'Cirebon Maju, Rakyat Sejahtera, Kolaborasi dan Harmonisasi antara Pengusaha, Pelaku usaha dan Pekerja' di Hotel Zamrud, Sukapura, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan