Sukses

Hadiri Rakernas PDIP, PPP Kubu Emron Pangkapi Tetap di KMP

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arwani Thomafi menegaskan, meskipun Plt Ketua Umum Emron Pangkapi hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke IV PDIP di Semarang, Jawa Tengah, pihaknya tetap berada di Koalisi Merah Putih (KMP).

Thomafi yang berada dalam kubu Emron Pangkapi mengatakan, hal yang lumrah jika seseorang memenuhi undangan seperti halnya PPP diundang oleh PDIP.

"Itu tradisi yang sudah berjalan selama ini saling undang-mengundang ini, memang ada kader yang mewakili. Jadi soal koalisi kita tetap terikat dengan KMP," tegas Thomafi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (19/9/2014).

Arwani mengatakan, kehadiran kader PPP di Rakernas PDIP tersebut tak ada kaitannya terhadap koalisi apakah akan keluar dari KMP dan berlabuh ke PDIP.

Ia menambahkan, PPP tetap berada di KMP sudah dikuatkan melalui rapat pimpinan nasional (Rapimnas) beberapa waktu lalu.

"Karena saat itu ada Rapimnasnya kan mengikat soal pandangan politik ke depan, kita tetap menerapkan politik amar ma'aruf nahi munkar. Jadi di dalam atau di luar tidak masalah," ujar dia.

Selain itu, Thomafi juga menegaskan, akan tetap mendukung Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) melalui DPRD, berbeda dengan PDIP yang justru menolaknya.

"Saya bersama ketua fraksi, sikap PPP sudah diputuskan jauh hari sebelum pilpres. Jadi sikap kami sudah diputuskan Mukernas Medan, yaitu agar pemilu kepala daerah langsung itu dikembalikan lagi oleh pemilihan oleh DPRD," beber dia.

"Jadi diputuskan mukernas, dan belum ada mukernas lain yang mengoreksi, dan kami wajib melaksanakannya. Itu dinamika biasa yang terjadi di DPR," tandas Thomafi. (Yus)