Sukses

JK: Investigasi Freeport dan Newmont, ke Mana Sahamnya?

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Jusuf Kalla (JK) tak menolak renegoisasi kerja sama dengan Freeport dan Newmont. Namun, ia menekankan dilakukannya investigasi, mengapa selama ini hal itu kurang menguntungkan bagi Indonesia.

"Saya sangat setuju untuk investigasi. Kita lihat Freeport dan kita lihat sahamnya ke mana. Kita lihat Newmont, kepada siapa saham itu," jelas JK saat menjawab pertanyaan Hatta, Sabtu (5/7/2014).

Hal senada juga diungkapkan capres Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, investigasi seperti itu sangat perlu untuk dilakukan. Tapi yang tak kalah penting adalah bagaimana menyingkirkan pihak-pihak yang berkepentingan dan merugikan negara.

"Kita juga harus tahu, siapa yang dapat, dan kalau masih ada pihak yang berkepentingan akan susah," jelas Jokowi.

Debat ini bertemakan 'Pangan, Energi, dan Lingkungan' dan dimoderatori oleh Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi. Sudharto juga menjadi tim ahli yang merumuskan dan menyusun pertanyaan yang diajukan kepada para kandidat.

Adu gagasan ini merupakan yang terakhir kalinya pada Pilpres 2014. Setelah debat, mulai 6 hingga 8 Juli, tahapan Pilpres 2014 akan memasuki masa tenang. Pada masa itu, semua pihak dilarang melakukan kampanye. (Ein)




Loading