Sukses

6 Cara Mengisi Daya HP Agar Cepat Penuh

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh sering diabaikan oleh banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengisi daya HP agar cepat penuh sering diabaikan oleh banyak orang. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan seseorang yang tidak bisa lepas dari HP-nya walaupun sedang melakukan pengisian daya. Padahal, cara-cara ini sangatlah mudah diterapkan.

Walaupun sudah ada powerbank sebagai bantuan dalam mengisi daya yang lebih praktis, mengisi daya HP melalui sambungan listrik langsung merupakan cara mengisi daya yang utama. Lagipula, powerbank juga tetap harus diisi dayanya secara berkala saat telah habis.

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh harus benar-benar diperhatikan. Selain dapat mengisi daya baterai dengan cepat, penerapan cara-cara tersebut bahkan dapat menjaga ketahanan baterai smartphone saat kamu menggunakannya.  Jadi, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips dalam mengisi daya HP agar cepat penuh ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020) tentang cara mengisi daya HP agar cepat penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Matikan HP

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh yang pertama adalah dengan mematikannnya. Dengan mematikan HP maka tentunya tidak ada aktivitas lagi yang dapat dilakukan, sehingga pengisian daya akan berjalan lebih cepat.

Mematikan ponsel sepenuhnya tentu akan membuat kamu bisa mengisi ulang lebih cepat daripada mengaturnya dalam mode pesawat ataupun mode hemat baterai. Walaupun begitu, kamu mungkin akan melewatkan beberapa pemberitahuan saat sedang menonaktifkan HP, seperti panggilan dan pesan.

3 dari 7 halaman

Gunakan Mode Pesawat

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh berikutnya adalah dengan menggunakan mode pesawat atau airplane mode. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, semakin sedikit aktivitas yang dilakukan pada HP kamu saat sedang mengisi daya, maka akan semakin cepat pengisiannya.

Mengaktifkan mode pesawat membuat HP kamu tidak dapat mencari sinyal maupun menangkapnya sama sekali, sehingga kamu tidak dapat menerima panggilan ataupun pesan. Bahkan kamu juga tidak bisa melakukan panggilan dan browsing internet. Hal ini tentunya akan mengurangi beban aktivitas HP sehingga lebih maksimal dalam mengisi baterai.

4 dari 7 halaman

Gunakan Mode Hemat Baterai

Masih seputar mengaktifkan mode tertentu, menggunakan mode hemat baterai juga dapat dilakukan sebagai cara mengisi daya HP agar cepat penuh. Biasanya smartphone zaman sekarang sudah memiliki fitur hemat baterai satu ini, yang dapat diaktifkan saat daya baterai melemah atau diatur sejak awal penggunaan.

Mengaktifkan mode hemat baterai ini biasanya akan menonaktifkan beberapa fitur dan aplikasi yang berat dan menguras daya baterai, seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, hingga NFC.

5 dari 7 halaman

Gunakan Charger Asli

Menggunakan charger asli juga merupakan salah satu cara mengisi daya HP agar cepat penuh. Menggunakan charger yang palsu atau bukan bawaan dari smartphone tentunya membuat kecocokannya tidak sebagus charger asli.

Hal ini dapat memperlambat proses pengiisian daya karena bisa saja terjadi perbedaan arus lebih rendah atau tinggi. Walaupun sudah banyak charger yang mendukung pengisian daya baterai cepat atau fast charging, tentunya lebih aman menggunakan charger asli bawaan dari smartphone.

6 dari 7 halaman

Jangan Mengisi Daya di Laptop atau PC

Menghubungkan kabel pengisian daya ke laptop atau PC membuatnya lebih lambat dalam mengisi daya. Pengisian daya baterai melalui laptop jauh lebih lambat dibanding steker listik, karena port USB 2.0 mengeluarkan daya listrik hanya 2,5 watt, sementara USB menghasilkan 4,5 watt.

7 dari 7 halaman

Jangan Gunakan HP saat Mengisi Daya

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh yang terakhir tentunya dengan menghindari untuk terlalu sering menyentuh HP saat pengisian daya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, HP sudah menjadi kebutuhan dan digunakan setiap saat. Karena itulah banyak orang yang tetap menggunakan HP-nya saat pengisian daya.

Hal ini karena mengaktifkan layar HP saja dapat menyedot daya baterai cukup besar. Jadi, semakin sering kamu menyentuh smartphone, maka semakin cepat pula baterai akan habis. Jadi cobalah untuk menghindari untuk memeriksa setiap pemberitahuan yang datang, biarkan ponsel untuk mengisi daya sehingga cara mengisi daya HP agar cepat penuh dapat menunjukkan hasil yang maksimal.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.