Sukses

32 Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau, Asyik untuk Liburan

Simak tempat wisata Bogor, rekomendasi liburan dengan orang-orang tersayang.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ada banyak. Menyambanginya bersama keluarga, teman, sahabat, dan pasangan tetap syahdu dan mengasyikkan.

Mulai dari wilayah perkotaan sampai pinggiran, di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini pengunjung tetap bisa menemukan spot fotogenic. Hal-hal unik, estetik, asri, sejuk, dan menenangkan hati ada di setiap destinasinya.

Pengunjung tak perlu kalang kabut mengkhawatirkan transportasi lagi. Apalagi memikirkan biaya tiket masuknya, karena di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini pun ada banyak spot yang tak perlu merogoh kocek sama sekali.

Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau dari berbagai sumber, Kamis (25/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Taman Wisata Gunung Pancar

Taman wisata Gunung Pancar merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Untuk yang ingin merasakan piknik di tengah alam, tak ada salahnya mengunjungi hutan pinus di kawasan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini.

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini merupakan bumi perkemahan di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Selain untuk berkemah, pemandangannya yang cantik juga sering diburu untuk selfie kekinian atau foto pre-wedding. Untuk tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp. 5.000 untuk weekdays, sedangkan Rp. 7.500,00 untuk weekend.

Curug Cibaliung

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini berada di karang tengah ialah Curug Cibaliung. Curug yang berair biru jernih dan sejuk ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai untuk melepas penat, pamandangan alamnya yang menawan cocok banget untuk spot foto. Tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp.10.000.

Bukit Alesano

Bukit Bintangnya Bogor ini tawarkan sensasi berkemah di ketinggian bukit, dikelilingi pemandangan kota Bogor yang tampak seperti taburan bintang di malam hari.

Sunrise dan pemandangan Gunung Salak Gede Pangrango yang terlihat dari puncak Alesano ini juga cantik.

Meskipun masih tergolong baru, tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini masih belum dikelola secara resmi. Sehingga tiket masuknya pun masih sukarela dari pengunjung.

Museum Sejarah Alam

Museum Sejarah Alam Indonesia merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Museum ini memiliki koleksi tanaman dari nusantara yang begitu beragam. Dulu museum sejarah alam Indonesia ini berfungsi sebagai herborium dan museum etnobotani.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, bisa datang mulai pukul 08.00 WIB. Sedangkan ketika weekend, museum tutup 2 jam lebih awal, yaitu pukul 14.00 WIB. Untuk tarif masuknya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu  

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu wajib banget dikunjungi. Tempat wisata Bogor yang bagus ini memiliki akses jalan yang termasuk sulit karena medannya cukup terjal dan licin.

Wisatawan yang ingin datang tempat wisata Bogor yang bagus ini disarankan menggunakan mobil daripada motor. Tentu saja agar lebih mudah dijangkau dan liburan menjadi lebih asyik.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya di bandrol dengan harga Rp. 2.500 per orang. Setelah itu wisatawan bisa langsung masuk dan menyeberang jembatan kayu sepanjang 30 meter. Saat berada di sini, Anda bisa memberi makan rusa secara langsung.

Highland Park Resort

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini suguhkan glamping, konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini sedang marak di Indonesia.

Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Mereka juga menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan. Antara lain kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

Tarif: Rp1.500.000,00 (tarif minimal per malam)

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

Bunga sakura identik dengan negara Jepang, ternyata bunga ini juga bisa tumbuh di Indonesia yaitu di Kebun Raya Cibodas yang notabene hanya memiliki 2 musim saja.

Untuk bisa menikmati bunga sakura di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, pengunjung disarankan untuk datang pada bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus.

Pada dua waktu ini, bunga sakura akan bermekaran sehingga taman ini akan sangat cocok untuk spot foto dan bersantai bersama keluarga. Tiket masuk ke tempat wisata di Bogor ini yaitu sebesar Rp. 10.000 per orang.

Prasasti Batutulis

Prasasti Batutulis merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Beralamat di Jalan Batutulis No. 54, tempat wisata di Bogor ini merupakan situs sejarah peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Prasasti memuat kisah tentang kebesaran Prabu Siliwangi. Selain prasasti ada pula beberapa artefak lain. Untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Istana Bogor

Kalau berkunjung ke Bogor setidaknya harus mampir ke istana negara. Selain bisa menyaksikan kemegahan bangunan istana, pengunjung di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini bisa menikmati keasrian taman.

Sekaligus bisa memberi makan rusa yang dipelihara di sana. Biasanya ada pedagang yang menjual wortel mentah dengan harga sekitar RP10.000,00. Sedangkan tiket masuknya ke Istana Bogor ini gratis.

Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Curug Ciherang tidak hanya menampilkan keindahan air terjun yang jernih serta aliran sungai yang menarik dibawahnya. Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, juga dilengkapi dengan rumah pohon dan jembatan kayu gantung yang ccocok untuk tempat foto-foto. Curug Ciherang buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 dengan biaya masuk sebesar Rp. 15.000 per orang.

Curug Cigamea

Curug Cigamea merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor.  

Harga tiket masuk ke area curug adalah Rp. 7.500 per orang setiap harinya. Selain tiket masuk area air terjun, wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini juga harus membayar biaya masuk Taman Nasional sebesar Rp. 5.000 per orang.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Daerah Parung ada tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Tempat ini menawarkan sensasi berendam air panas di infinity pool alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau pun tersedia kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi lintah dan fish pedicure pun ada. Untuk anak-anak ada area outbond dan permainan seperti becak mini dan perahu. Tarif masuknya juga cukup murah, yaitu Rp. 8.000 untuk anak-anak dan Rp. 12.000 untuk orang dewasa.

Chevilly Resort and Camp

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berswafoto. Bagaimana tidak, di tempat wisata di Bogorini banyak spot foto yang instagramable. Selain itu, Chevilly Resort and Camp ini memiliki penginapan berupa kamar, villa, dan kemah glamping.

Glamping adalah glamour camping, yang berarti kemah mewah dan nyaman. Tiket masuk apabila tidak menginap termasuk ramah dikantong, yaitu sebesar Rp 20.000 saja.

Di dalam kawasan tersebut, terdapat peminjaman berbagai macam akomodasi untuk berkeliling di dalam kawasan tersebut. Mulai dari mobil golf yang dibandrol sebesar Rp. 10.000 per orang, hingga kuda poni dengan tarif Rp 20.000.

Little Venica Kota Bunga

Terletak di Villa Bunga Puncak, tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini memiliki tema wisata ala Eropa. Wisatawan yang datang ke sini bisa menikmati gondola untuk berkeliling ke kanal kecil yang mengelilingi kota, menikmati kota Venica yang tenang, hingga bermain banana boat dan wahana menarik lainnya.

Kawasan di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini cocok untuk Anda yang mencari suasana romantis tanpa harus datang jauh-jauh ke Italia. Selain itu, lokasi ini juga cocok untuk pencinta fotografi atau Anda yang suka berswafoto untuk di upload di Instagram.

Tiket masuknya sendiri dibandrol dengan tarif sebesar Rp 30.000 untuk anak-anak, dan Rp 40.000 untuk dewasa pada akhir pekan. Pada hari biasa, tarif yang dikenakan sebesar Rp 20.000 untuk anak-anak dan Rp 25.000 untuk orang dewasa.

Leuwi Lieuk

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini terbilang baru ini. Meski begitu, tempat wisata ini tak kalah menarik dari Green Canyon Pangandaran dan Angels Billabong nya Bali. Berlokasi di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah. Destinasi wisata ini memiliki pemandangan sungai hijau pirus yang bisa mermanjakan mata. Untuk tarif masuknya sendiri sebesar Rp. 10.000 per orang.

Bogor Mini Zoo

Bogor Mini Zoo merupakan kebun binatang mini yang mengusung konsep wisata edukasi. Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, cocok untuk berlibur bersama keluarga, terutama anak-anak. Pasalnya di sini mereka bisa bermain dengan satwa-satwa yang tergolong jinak.

Tarif: Rp35.000,00 (anak-anak), Rp40.000,00 (dewasa)

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Warso Farm

Buat pecinta durian, wajib banget mampir ke Warso Farm. Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini wisatawan bisa mencicipi buah durian yang baru dipanen.

Ada pula buah naga yang siap untuk dipetik. Lokasi tempat wisata di Bogor ini, berada di Desa Cihideung, Cipelang, Kecamatan Cijeruk.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, tidak dipungut biaya apapun atau gratis. Hanya saja jika ingin memetik buah dan memakannya langsung ditempat.

Anda perlu membayar sebesar Rp. 50.000 – Rp. 60.000 per buah.

Jungleland Adventure Theme Park

Kalau Jakarta punya dufan, kota Bogor punya Jungleland Adventure Theme Park yang dibangun di lahan seluas 35 hektar dengan fasilitas 31 wahana permainan.

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini buka setiap hari pada pukul 10.00 – 22.00. Tiket masuknya sendiri dibandrol dengan harga Rp. 100.000 saat hari biasa, sedangkan saat akhir pekan sebesar Rp. 220.000 per orang.

Taman Buah Mekarsari

Tujuan utama wisatawan mengunjungi Mekarsari biasanya untuk menikmati beragam jenis buah-buahan. Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini ada sekitar 1.470 varietas buah dan ada sekitar 100.000 pohon dari beragam jenis dari seluruh wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Untuk menikmati taman buah seluas kurang lebih 264 hektare ini, kamu dan keluarga bisa berkeliling taman buah dengan menggunakan kereta yang disewakan. Selain berkeliling, kamu juga bisa memetik buah yang ada di taman tersebut ketika musim panen tiba.

Selain menikmati wisata memetik buah, di sini kamu juga bisa menikmati wahana bermain air. Serunya lagi, ada wahana permainan outbound seperti flying fox, spider web, rumah pohon, paintball, dan lain sebagainya. Tak heran bila tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Kebun Raya Bogor

Memiliki luas 87 hektare dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, Kebun Raya Bogor menjadi destinasi favorit keluarga. Kebun Raya ini pun termasuk salah satu tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau.

Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai yang merupakan bunga majemuk terbesar di dunia. Kebun Raya Bogor sangat ramah anak. Di sini anak bisa bermain dan mempelajari beragam tumbuhan.

Museum Zoologi Bogor

Tak jauh dari Kebun Raya Bogor, Anda bisa mampir ke Museum Zoologi Bogor. Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini memiliki koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa seperti berbagai spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan.

Museum ini terbagi menjadi dua, ruang pameran yang dibuka setiap hari dan tempat koleksi yang hanya buka setahun sekali pada bulan Oktober. Di sini anak bisa belajar mengenal ragam hewan dengan visual yang nyata dan menarik.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Taman Safari

Taman Safari merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Terletak di Jl. Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Taman Safari memiliki sekitar 2.500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga terlebih anak-anak karena bisa sekalian sebagai wahana edukasi dan bermain anak. Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, anak bisa berinteraksi langsung dengan semua jenis binatang dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul merupakan salah satu tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Taman Budaya Sentul sering dijadikan untuk tempat outbound karena menyediakan paket-paket menarik. Taman Budaya ini juga cocok dikunjungi keluarga.

Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini menyelipkan konsep budaya seperti bangunan hingga konsep Budaya Sunda yang kental. Di sini kamu dan keluarga dapat berekreasi menikmati suasana pegunungan yang mengelilingi tempat ini.

Selain bisa seru-seruan bareng keluarga, tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, cocok untuk kamu yang ingin swa foto mengisi feed instagram kamu.

Situ Gede

Danau Situ Gede atau Danau Situ Ageng yang memiliki luas sekitar 47 hektare. Situ gede merupakan salah satu tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Lokasinya terletak di kelurahan Situ Gede, Bogor Barat.

Kalian bisa menyewa rakit dengan ongkos Rp10 ribu untuk menyusuri danau Situ Gede. Selain dapat menikmati keindahan danau yang dibangun pada masa Hindia Belanda ini, kalian bisa menikmati pesona wisata ekologi. Ada beragam flora dan fauna yang menarik untuk dipelajari di Situ Gede ini.

Taman Wisata Matahari

Saat di Bogor kamu dan keluarga bisa mengunjungi Taman Wisata Matahari. Taman ini merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau, terletak di Jalan Puncak Km 77, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini sangat cocok untuk rekreasi anak.

Taman Wisata Matahari mengusung konsep rekreasi dan edukasi pada tiap wahananya. Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini menyediakan wahana permainan seru dengan fasilitas yang sangat memadai. Mulai dari wahana permainan air seperti waterpark, arung jeram, paddle boat, sepeda air, perahu naga, dan permainan seru lainnya.

Rumah Pohon Cipamingkis

Menyusuri alam begitu menyenangkan, terlebih jika dilakukan bersama orang tersayang. Di Bogor ada Rumah Pohon Cipamingkis yang cocok untuk pasangan romantis.

Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini, kamu bisa menikmati hamparan luas perbukitan dari jembatan yang terhubung ke rumah pohon tersebut. Selain itu, ada pula dek kapal kecil yang terletak di tepi sungai, tempat yang amat tepat untuk berfoto berdua.

 

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata Bogor yang Bagus dan Mudah Dijangkau

Leuwi Hejo

Leuwi Hejo adalah tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau berupa curug. Berada di lokasi Sukamakmur, Cibadak, Bogor, Jawa Barat. Leuwi Hejo mempunyai air terjun kecil yang terdapat kolam alami yang luas dan airnya yang berwarna hijau kebiruan.

Keindahan curug dan kolam dikelilingi pemandangan alam yang masih asri membuat tempat ini tidak hanya memberi kesejukan dan kesegaran di badan, namun juga memberikan pemandangan yang memesona. 

Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini mempunyai spot-spot bagus dan indah untuk berfoto bersama keluarga, teman ataupun pacar karena tempat ini memang sangat instagramable banget.

Ah Poong Floating Market 

Restoran dengan konsep terapung belakangan ini sedang booming. Di Bogor, Ah Poong menjadi salah satu tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau khusus buat kulineran. Ada berbagai sajian kuliner yang bisa menggoyang lidah pengunjung.

Di malam hari tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini begitu sangat romantis dengan taburan cahaya dari lampu-lampu yang terpantul dari danau air danau. Oh iya, ada perahu-perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi danau.

Little Venice

Tak perlu menghabiskan banyak uang dan waktu untuk mengajak orang terkasih berlibur. Cukup kunjungi daerah Puncak. Di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau tersebut, ada sebuah destinasi yang amat unik, yaitu Little Venice. Di tempat ini, kamu akan merasa seperti sedang berada di Kota Venice, Italia, dengan perahu gondola sebagai ikonnya. Mengelilingi miniatur kota terindah ini dengan pasangan pasti romantis.

Kampung Budaya Sindangbarang

Kampung budaya Sindangbarang merupakan salah satu tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Kamu bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat asli yang telah melestarikan kampung ini secara turun-temurun.

Selain itu, ada berbagai upacara atau kegiatan adat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Dijamin kamu nggak akan menyesal dengan menyambangi tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini.

Momo Milk Barn

Momo Milk Barn adalah sebuah kafe yang menjadi tempat favorit pasangan muda Kota Bogor. Momo Milk Barn merupakan tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau. Lokasinya yang dekat dengan Taman Kencana semakin membuat tempat ini kian ramai, terlebih saat akhir pekan.

Kafe bernuansa kekinian ini memiliki utama yaitu susu segar aneka rasa yang disajikan dalam gelas-gelas berbentuk unik. Aneka sajiannya di tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau ini sangat beragam, mulai dari menu lokal, makanan ala barat, hingga menu khas China.

Taman Bunga Nusantara

Kalau Bandung punya Cihideung, Bogor punya Taman Bunga Nusantara yang tak kalah fotogenik. Tempat wisata Bogor yang bagus dan mudah dijangkau yang satu ini dibangun di atas lahan seluas 23 hektar. Dipenuhi bunga-bunga cantik yang ditata dengan apik.

Pengunjung bisa menjajal taman labirin, go-kart, bumper boat atau ATV race. Air mancur musikalnya juga cantik, lho. Taman Bunga Nusantara berada di kawasan Wisata Kota Bunga, Jalan Mariwati Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur.

Tarif: Rp30.000,00

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.