Sukses

Cara Membuat Bunga dari Pita Kecil yang Mudah dan Sederhana

Cara membuat bunga dari pita bisa dikreasikan sesuai keinginan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat bunga dari pita bisa diikuti dengan cukup mudah. Selain itu, membuat bunga dari pita ini tentunya tidak kalah indah dengan bunga sebenarnya ataupun jika dibuat dari bahan lainnya. Pita yang mudah dibentuk semakin memudahkan kamu untuk berkreasi.

Kamu hanya perlu melakukan berbagai teknik yang mudah seperti melipat, menggulung, dan memotong, serta beberapa kali menggunakan jahitan. Selain itu, kamu juga bisa membuat bunga dari pita dengan menggunakan lem atau staples.

Cara membuat bunga dari pita bisa dikreasikan sesuai keinginan. Tinggal mengikuti berbagai langkah-langkah atau petunjuk yang harus dilakukan dan menyiapkan semua bahan-bahannya, kamu sudah bsia mendapatkan pita berbentuk bunga yang kamu inginkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020) tentang cara membuat bunga dari pita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Pita (Bunga Tulip Sederhana)

Bahan-bahan dan Alat:

- Pita warna apapun selebar 5 cm (sebagai pita utama)

- Pita warna apapun selebar 5 cm (Sebagai pita tambahan)

- Gunting

- Staples

- Jarum pentol

- Jarum jahit

- Benang hijau

Cara membuat bunga dari pita (Bunga Tulip Sederhana):

- Buatlah dua potongan pita. Satu potong pita dengan ukuran panjang 45 cm sebagai kelopak bunga tulip, sedangkan yang lainnya sepanjang 15 cm untuk dijadikan daun-daun dari bunga tulip. Keduanya berukuran lebar 5 cm.

- Lipatlah potongan pita yang panjang dengan lipatan akordion untuk membuat tiga lingkaran. Lakukan lipatan dari kanan ke kiri, dan begitu hingga membuat tiga lingkaran. Setiap lingkaran akan berukuran tinggi antara 6 hingga 7,5 cm.

- Jika ada sisa pita pada ujungnya, kamu dapat memotongnya dengan gunting atau melipatnya untuk menutupi dan melapisi ujung pita yang lainnya pada sisi yang lain. Jepitkan pita yang terlipat pada bagian bawahnya saat membuat pangkal bawah.

- Lipat pita yang pendek di sekeliling pita yang dilipat tadi. Tempatkan bagian tengah pita hijau di pangkal pita “kelopak” yang memiliki tiga lingkaran. Setelah selesai, kamu akan memiliki dua lingkaran pita pendek yang lebih kecil dan menjepit ketiga lingkaran kelopak. Setiap lingkaran pita pendek ini akan memiliki tinggi sekitar 4 cm.

- Beri staples atau jahit bunga tulip pada pangkal bunga. Staples adalah cara termudah untuk menahan bentuk tulip. Beri staples di semua lapisan pita dekat pangkalnya untuk mencegahnya terlepas dan kehilangan bentuknya.

Pilihan lainnya, kamu dapat menusukkan jarum pentol pada pita lalu dengan cepat menjahit pangkal bunga dengan jarum dan benang.

- Cara membuat bunga dari pita pun selesai, dan kamu sudah bisa menikmati hasil kreasi bunga tulip sederhana yang kamu buat.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Pita (Bunga Mawar)

Bahan-bahan dan Alat:

- Pita satin aneka warna (ukuran 2,5 cm).

- Lem tembak dan isinya

- Gunting,

- Lilin,

- Korek api,

- Tangkai bunga,

Cara membuat bunga dari pita (Bunga Mawar):

- Untuk membuat ukurannya sama atau simetris, kamu perlu membuat pola pada kertas karton. Ada dua pola yaitu pola 3 cm (panjang) dan pola kelopak bunga. Pola 3 cm tersebut dibuat untuk memudahkan kita dalam memotong-motong kelopak nanti.

- Potonglah pita menjadi ukuran 3 cm menggunakan pola tersebut. Kemudian gunting. Agar lebih hemat waktu, gulung saja pitanya bersama pola, tapi jangan tebal-tebal agar mudah digunting. Dalam satu bunga setidaknya membutuhkan 24 kelopak.

- Setelah pita sudah terpotong menjadi beberapa bagian. Nyalakan lilin. Kemudian ambil pola kelopak bunga yang sudah dibuat.

- Tempelkan pola tersebut pada pita, setelah itu dekatkan pada panas api. Jangan terlalu dekat agar pitamu tidak gosong

- Terkena panas api akan membuat pita jadi melengkung. Usahakan lengkungannya mengikuti pola yang sudah kamu buat.

- Setelah itu, rangkailah pita-pita yang sudah terkena panas api menggunakan lem tembak.

- Kelopak pertama (paling dasar) menggunakan 8 pita, lalu 7 pita, 5 pita dan terakhir 4 pita (pita ini nanti akan menjadi putik).

- Satukan dan susun keempat kelopak tadi, bertumpuk dengan menggunakan lem tembak.

- Terakhir, masukkan ke tangkai bunga. Agar mudah, saat membuat putik bunga, kamu bisa menggunakan tangkai bunga tersebut untuk memberi celah.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Bunga dari Pita dan Kancing Baju

Bahan-bahan dan Alat:

- Pita selebar antara 2,5 hingga 5 cm

- Gunting

- Jarum jahit

- Benang jahit

- Lem tembak panas dengan isinya

- Kancing Baju atau hiasan lainnya

Cara membuat bunga dari pita dan kancing baju:

- Potong bahan pita dengan rapi. Potong pita yang telah disiapkan dengan panjang 30 cm.

- Jahitkan jarum yang telah diberi benang pada salah satu sisi pita. Mulailah dari salah satu sudut bahan pita dan jahitkan sepanjang pita, dengan menganyamkan jahitan lurus sepanjang tepinya. Gunakan benang yang kuat atau rangkap.

- Kerutkan pita perlahan di sepanjang jahitan. Setelah dijahit, pegang ujungnya kuat-kuat. Dorong pita perlahan ke arah ujung di mana jahitan dimulai, sehingga pita menggumpal atau “mengerut.”

- Potong benang. Potong ujung benang dengan menyisakan benang sepanjang 12 cm untuk dikerjakan.

- Ikat benangnya dan rekatkan kedua ujung pita. Ikatkan simpul dua kali pada ujung benang, tepat di depan ujung pita, untuk menahan kerutan pita. Gunakan lem kain atau lem panas untuk merekatkan kedua ujung pita.

- Pipihkan bunga. Tekan pelan kerutan pita sehingga menghasilkan bunga yang lebih pipih.

- Tempelkan kancing baju atau hiasan lainnya di bagian tengahnya, jika diinginkan. Gunakan lem kerajinan tangan atau lem panas untuk menempelkan kancing hias, batu imitasi, bros, atau hiasan lainnya pada bagian tengah bunga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.