Sukses

10 Makanan Ringan Khas Magelang dengan Cita Rasa Unik, Cocok untuk Oleh-Oleh

Ada beraneka ragam makanan ringan khas Magelang dengan cita rasa unik yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan ringan khas Magelang bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika singgah di kota ini. Ada beraneka ragam makanan khas Magelang dengan cita rasa unik yang wajib dicoba dan dibawa pulang sebagai buah tangan.

Kota Magelang menjadi salah satu wilayah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan saat liburan. Ada destinasi utama di kota ini, yaitu Candi Borobudur. Tak heran, kalau kota ini selalu ramai dengan wisatawan dalam hingga luar negeri. Jika berkunjung ke Candi Borobudur, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan ringan khas Magelang.

Setelah selesai menikmati berwisata di Magelang, belum lengkap rasanya jika tidak mencoba sajian kuliner khas kota ini. Apabila kamu tidak sempat menikmati aneka sajian kuliner di tempatnya, kamu bisa membawanya pulang.

Selain memiliki cita rasa unik, makanan ringan khas Magelang yang bisa dibawa pulang ini sangat tahan lama dan harganya sangat terjangkau. Berikut makanan ringan khas Magelang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Ringan Khas Magelang

Getuk Trio

Makanan ringan khas Magelang pertama yang wajib dicoba dan dibawa pulang adalah Getuk Trio. Sesuai namanya, makanan tradisional khas Magelang ini terdiri dari tiga lapisan dengan warna yang berbeda-beda, yaitu putih, cokelat, dan merah muda.

Makanan ringan ini terbuat dari olahan singkong dengan kombinasi warna cantik dan dilengkapi topping gula merah dan parutan kelapa. Jadi, cita rasa makanan ringan ini semakin nikmat.

Getuk Bolen

Makanan ringan khas Magelang berikutnya adalah Gethuk Bolen. Walaupun sama-sama jenis makanan bernama getuk dan terbuat dari singkong, namun getuk bolen berbeda dengan Getuk Trio.

Hal ini dikarenakan Getuk Bolen merupakan sebuah inovasi baru, yaitu getuk yang di dalamnya terdapat isian keju dan juga buah pisang. Uniknya lagi, bagian luar Getuk Boleh dibalut dengan kulit pastry menyerupai mangkuk dan diolesi dengan pasta. Tak heran, penampilan dari Getuk Bolen ini sangat menarik dan tentunya cita rasanya juga lezat.

 

3 dari 6 halaman

Makanan Ringan Khas Magelang

Keripik Slondok

Makanan ringan khas Magelang berikutnya adalah Keripik Slondok. Keripik Slondok menggunakan bahan baku singkong yang diolah dengan menggunakan bumbu rempah. Singkong yang sudah dibumbui akan lebih dahulu dijemur hingga kering.

Camilan renyah ini tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti pedas, pedas manis, dan original. Selain dijual matang, Keripik Slondok juga dijual dalam bentuk mentah. Jadi, kamu bisa menggorengnya sendiri di rumah.

Pothil

Makanan ringan khas Magelang selanjutnya masih dari bahan dasar singkong. Camilan ini dikenal dengan nama Pothil. Makanan ringan ini berbentuk menyerupai cincin, memiliki tekstur renyah, dan memiliki rasa yang gurih.

Ada beragam rasa selain original, seperti rasa pizza, keju, dan juga jagung bakar. Selain cocok dijadikan camilan, Pothil juga cocok dijadikan sebagai pelengkap makanan.

 

4 dari 6 halaman

Makanan Ringan Khas Magelang

Grubi

Makanan ringan khas Magelang lainnya adalah Grubi. Grubi merupakan salah satu camilan yang sangat terkenal di Magelang. Bahan baku yang digunakan untuk membuat Grubi adalah ubi jalar yang dibentuk menjadi seperti bola-bola.

Cita rasa makanan ringan ini perpaduan khas dari gula Jawa dan ubi, sehingga menghasilkan tekstur renyah ketika dimakan. Makanan ringan ini tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses pembuatannya, karena gula Jawa sendiri memiliki kandungan alami yang dapat menjadi pengawet tradisional dari Grubi.

Wajik dan Jenang

Makanan ringan khas Magelang lainnya yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Wajik dan Jenang. Makanan dari olahan ketan dan gula merah ini memiliki rasa yang enak dan manis legit.

 

5 dari 6 halaman

Makanan Ringan Khas Magelang Lainnya

Tape Ketan

Tape Ketan khas Magelang bisa kamu jadikan sebagai makanan untuk oleh-oleh. Walaupun makanan tradisional ini sudah banyak ditemukan di kota-kota lain, namun tape ketan khas Magelang ini memiliki perbedaan.

Perbedaan tape ketan khas Magelang terletak pada warna hijaunya yang menarik. Warna hijau tersebut dibuat menggunakan bahan pewarna alami sehingga tetap aman dikonsumsi oleh siapa saja.

Gula Kacang

Makanan ringan yang wajib dibawa pulang dari Magelang berikutnya adalah Gula Kacang. Sesuai dengan namanya, makanan ringan ini memang terbuat dari gula merah dan kacang. Rasa dari makanan ringan ini sangat manis dan gurih.

6 dari 6 halaman

Makanan Ringan Khas Magelang Lainnya

Tape Permen

Tape Permen merupakan oleh-oleh yang cocok dibawa pulang setelah dari Magelang. Makanan ringan ini masih sejenis dengan tape ketan khas Magelang yang tadi sudah dijelaskan.

Oleh-oleh permen tape khas Magelang ini dibuat dari hasil olahan tape siap saji yang telah dicampur dengan kelapa parut dan juga gula putih. Sehabis dari Magelang, kamu wajib membawa pulang makanan ringan ini.

Buntil Daun Talas

Kamu juga bisa membawa buntil daun talas sebagai oleh-oleh khas Magelang. Makanan ini dibuat dari daunt alas muda yang di dalamnya berisi parutan kelapa muda dengan ikan teri, ikan asin, udang rebon, dan tambahan petai.

Makanan ini hampir mirip dengan pepes atau botok. Hanya saja buntil daunt alas bagian pembungkusnya bisa dimakan, karena memang dibungkus langsung dengan daun talas yang sudah dikukus bersamaan dengan isinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini