Sukses

Doa Tobat Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Lengkap dengan Amalan-Amalannya

Simak bacaan doa tobat sesuai anjuran dari Rasulullah saw yang perlu anda hafalkan dan pahami.

Liputan6.com, Jakarta Doa tobat sesuai anjuran Rasulullah SAW sangat penting diketahui oleh umat Muslim. Doa tobat perlu dihafalkan oleh umat Muslim. Tak bisa dipungkiri, setiap manusia pasti tidak luput dari dosa dan kesalahan dalam kehidupan.

Salah satu cara amalan yang bisa menggugurkan dosa dan meminta ampunan kepada Allah SWT adalah membaca doa tobat yang dianjurkan Rasulullah SAW. Selain itu, anda juga bisa melakukan amalan tobat dengan mandi dan sholat.

Amalan-amalan tobat tersebut dapat dilakukan dengan niat yang sungguh-sungguh dan memohon ampun atas berbagai kesalahan yang telah dilakukan. Setelah bertobat, sehingga Allah akan membukakan pintu ampunan bagi siapa saja yang ingin kembali kepada-Nya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa tobat sesuai anjuran Rasulullah SAW dan amalan-amalannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Tobat Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Berikut ini bacaan doa tobat sesuai anjuran Rasulullah SAW yang dapat dilafalkan dan diamalkan adalah sebagai berikut:

Astaghfirullaahal 'azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhlukNya, dan aku bertaubat kepada-Nya." (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim).

Bacaan doa tobat tersebut sebaiknya dipanjatkan sebanyak 100 kali. Setelah itu, bisa membaca bacaan doa tobat nasuha berikut ini:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

3 dari 4 halaman

2. Bacaan Doa Tobat Pendek

Selain bacaan doa tobat di atas, ada lagi bacaan doa tobat pendek yang bisa anda panjatkan. Berikut bacaannya:

Robbighfir lii wa tub 'alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim

Artinya: "Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah taubat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari).

Adapun bacaan doa tobat lainnya yang bisa diamalkan, yakni:

Allaahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min 'indika, warhamnii, innaka antal ghofuurur-rohiim

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR. Bukhari no. 834 dan Muslim no. 2705).

4 dari 4 halaman

3. Amalan-Amalan Tobat yang Bisa Dilakukan

Seperti yang dijelaskan di atas, amalan-amalan tobat yang bisa dilakukan umat Muslim adalah mandi dan sholat tobat. Berikut penjelasannya:

a. Mandi tobat

Mandi tobat ini seperti mandi besar atau mandi junub, yang membedakannya adalah bacaan niat. Berikut bacaan niat mandi tobat, yakni:

Nawaitul ghusla littaubati ‘an jami’idzunuub.

Artinya: “Aku berniat mandi taubat dari segala dosa dhahir dan batin.”

Selanjutnya, adapyn tata cara mandi tobat yang bisa Anda praktikkan:

- Membaca doa niat mandi tobat.

- Membasuh kedua telapak tangan hingga sela-sela jari, kemudian dilanjutkan dengan membasuh kedua tangan sebanyak 3 kali.

- Membasuh organ intim menggunakan air dengan tangan kiri hingga bersih.

- Membasuh seluruh anggota badan dengan air, kemudian membersihkan dengan sabun mandi. Pastikan seluruh bagian tubuh basah terkena air.

- Selanjutnya berwudhu, tata caranya sama seperti berwudhu saat hendak sholat.

- Berikutnya membasuh sela-sela rambut dengan air hingga merata, dan dilanjutkan dengan mengguyur kepala sebanyak 3 kali.

- Setelah itu, mengguyuh bagian tubuh dengan air, dimulai dari bagian kanan terlebih dahulu dilanjutkan bagian kiri.

- Terakhir, membersihkan kaki hingga bagian sela-sela sampai bersih.

b. Sholat tobat

Amalan berikutnya adalah sholat tobat. Sholat tobat dapat dilakukan dalam dua rakaat dengan niat untuk bertobat kepada Allah. Shalat tobat ini termasuk shalat sunah yang cara pelaksanaannya sama seperti ibadah shalat pada umumnya. Diawali dengan niat, takbirarul ihram, rukuk, i’tidal, sujud, hingga tahiyat akhir. Adapun lafal niat shalat tobat adalah sebagai berikut:

Ushallî sunnatat taubati.

Artinya: “Saya berniat shalat sunnah taubat”

Setelah menjalankan sholat tobat, umat Muslim dianjurkan untuk membaca  istighfar sebanyak-banyaknya dengan penuh penyesalan serta tekad kuat untuk menjauhkan diri dari perbuatan doa yang telah dilakukan. 

Selain itu, anda juga bisa menjalankan sholat tobat nasuha. Tobat nasuha berarti tobat yang semurni-murninya. Begini tata cara sholat tobat nasuha yang bisa anda amalkan, yakni:

- Dahulukan dengan membaca niat sholat taubat nasuha.

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya:

"Saya niat sholat sunah tobat dua rakaat karena Allah."

- Lalu, takbiratul ihram.

- Membaca doa iftitah (sunah untuk dikaukan).

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pilihan dari Alquran.

- Rukuk (membaca tasbih saat rukuk sebanyak tiga kali).

- I’tidal (membaca doa I’tidal).

- Sujud (membaca tasbih saat sujud sebanyak tiga kali).

- Duduk di antara dua sujud (membaca dia ‘robbighfirlii warhamnii…’)

- Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali).

- Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai yang ke 10.

- Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir).

- Selanjutnya, salam.

- Berdoa untuk memohon ampunan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.