Sukses

Jadi Peliharaan yang Tengah Naik Daun, Ini 10 Fakta Unik Kucing Scottish Fold

Mengetahui berbagai fakta unik terkait Kucing Scottish Fold.

Liputan6.com, Jakarta Fakta unik kucing Scottish Fold saat ini sedang dicari banyak orang. Kucing dengan ciri khas telinga bisa melipat ini sedang naik daun karena beberapa tingkah lucunya. Salah satu tingkah lucunya yakni bisa duduk dengan posisi layaknya Budha. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik dari kucing asal Skotlandia ini.

Selain fakta unik kucing Scottish Fold bisa melipat telinga, ada beberapa hal yang perlu diketahui para pencinta kucing terkait Scottish Fold. Mulai dari sejarah penemuan kucing Scottish Fold, karakteristik sifat kucing hingga viralnya sekarang ini harus kamu ketahui secara mendetail.

Kelucuan kucing Scottish Fold membuat banyak orang ingin memilikinya. Namun ada beberapa sifat kucing ini yang belum banyak diketahui seperti pemarah saat digendong atau dipangku. Hal-hal seperti itulah yang membuat fakta unik kucing Scottish Fold sangat penting untuk dibaca sebagai bentuk edukasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Mentalfloss, fakta unik Kucing Scottish Fold yang perlu diketahui, Jumat (13/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asal dan Sejarah Kucing Scottish Fold

1. Kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia

Fakta unik kucing Scottish Fold yang pertama yakni terkait namanya. Sesuai dengan namanya, kucing Scottish Fold berasal dari Skotlandia. Kucing ini pertama kali ditemukan di peternakan sekitaran Coupar Angus di Perthshire, Skotlandia, pada 1961. Peternak bernama William Rose cukup berjasa karena mengadopsi dua kucing Scottish Fold. Kucing dengan telinga bisa melipat ini akhirnya didaftarkan sebagai kucing Scottish Fold ke Governing Council of the Cat Fancy atau GCCF di Inggris pada tahun 1966 hingga pada akhirnya kucing ini dikembangbiakan dengan baik hingga sebanyak sekarang.

2. Sejarah kucing Scottish Fold yang pertama

Mengulik kucing Scottish Fold maka sama saja mempelajari sejarahnya. Scottish Fold bermula dari seekor kucing peternakan yang diberi nama Susie. Susie ditemukan pada peternakan milik McRae dekat dengan Coupar Angus, Skotlandia pada 1961. Susie merupakan jenis kucing betina dengan warna putih dan telinga lurus. Kucing ini dinilai unik karena sudah alami mutasi alami dalam ras Scottish Fold dengan telinga terlipat.

Mengetahui hal unik dalam diri Susie, peternak tersebut berusaha untuk mengembangbiakan Susie dengan jenis kuncing lain yang hampir sejenis. Susie pun berhasil lahirkan dua anak kucing dengan genetik sama dengannya berupa kucing telinga terlipat pada 1963.

Namun naas nasib menimpa Susie karena meninggal dunia akibat ditabrak mobil. Meski begitu, peternak William Ross berhasil menjaga anak dari Susie hingga akhirnya kucing dengan telinga terlipat itu bisa didaftakan ke Scottish Fold ke Governing Council of the Cat Fancy atau GCCF di Inggris pada tahun 1966. Setelah itu kucing ini bisa populasinya kian bertambah dan menjadi kucing unik yang banuak peminat.

3 dari 6 halaman

Penyebab Telinga Terlipat dan Keadaan Sejak Lahir

3. Telinga yang terlipat disebabkan oleh mutasi genetik

Fakta unik ketiga Kucing Scottish Fold yakni memiliki ciri-ciri mata yang besar dan lebar serta tubuh bulat dengan satu ciri unik lainnya berupa telinga yang bisa terlipat. Biasanya, saat kucing ini membungkuk ke depan maka telinganya akan terlipat.

Telinga yang terlipat dari kucing Scottish Fold disebabkan oleh mutasi genetik yang mempengaruhi tulang rawan di tubuh kucing. Akibatnya, beberapa gerakan seperti membungkuk akan membuat telingan kucing Scottish Fold terlipat.

4. Scottish Fold terlahir dengan telinga lurus

Fakta menarik lainnya terkait kucing Scottish Fold yakni ketika lahir kucing ini bertelinga lurus dan belum bisa terlipat. Telinga yang lurus biasanya bertahan 2 hingga 4 minggu sebelum alami kelainan genetika berupa telinganya yang mulai terlipat. Kilas balik beberapa dekade sebelumnya, lipatan telinga dari kucing ini belum terlihat dan benar-benar lurus rata. Perubahan mutasi genetik ini disebabkan karena pembiakan selektif (bukan kawin sedarah) yang dilakukan pada kucing Scottish Fold.

Telinga kucing yang melipat ini termasuk dalam kelainan bentuk yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Alhasil, para peneliti pun memilih untuk mengawinkan Scottish Fold dengan kucing bertelinga lurus, seperti British atau American Shorthair agar menghindari potensi kelainan.

4 dari 6 halaman

Rawan Penyakit dan Mengenal Kepribadian Kucing

5. Kucing yang rawan alami resiko kesehatan

Fakta unik kucing Scottis Fold yang kelima berkaitan dengan kesehatan kucing. Kucing Scottish Fold sering alami gangguan kesehatan. Kucing ini sangatberesiko alami berbagai kelainan. Genetika yang tak biasa ini membuat kucing Scottish Fold cukup akrab dengan berbagai penyakit.

Adapun penyakit yang biasanya menyerang kucing Scottish Fold di antaranya penyakit ginjal polikistik, penyakit sendi, degeneratif dan osteochondrodysplasia (OCD). Kondisi OCD yang diderita oleh kucing ini akan menghambat proses perkembangan tulang.

6. Mengenal kepribadian kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold adalah kucing yang memiliki sifat mudah beradptasi. Meski begitu, kucing bersuara lembut ini juga memiliki sisi pemarah. Sifat pemarahnya ini malah terkadang membuat si pemilik kucing jadi kian menyukainya. Selain itu, kucing ini juga memiliki sifat yang cerdas.

Tak ayal, kucing ini sangat pintar menempatkan diri di rumah. Ia sangat mudah diberi intruksi oleh sang pemilik. Kepribadian unik lainnya dari kucing ini yakni memiliki sifat cenderung tidak suka dipangku dan digendong. Ia akan menunjukkan sifat pemarahnya jika dipangku atau digendong.

5 dari 6 halaman

Cara Duduk Unik dan Tak Bisa Dikawinkan dengan Saudara Sedarah

7. Cara Duduk Kucing Scottish Fold sangat unik

Kucing Scottish Fold tak hanya memiliki daya tarik telinga yang bisa melipat. Kucing ini nyatanya berhasil bikin banyak orang terkesima saat melihat cara duduknya. Ya, Scottish Fold memiliki kemampuan dengan duduk menggunakan posisi dua kaki belakang lurus ke depan dan dua kaki bagian depannya akan berada di atas perutnya. Posisi duduk ini sering disebut dengan posisi Budha. Keunikan inilah yang membuat kucing Scottish Fold kian menarik.

8. Jangan kawinkan kucing Scottish Fold dengan saudara sedarah

Seperti diketahui kucing Scottish Fold sangat rawan beresiko terkena penyakit. Akibatnya, kucing ini tidak bisa dikawinkan dengan saudara sedarah. Kucing Scottish Fold yang kawin sedarah besar kemungkinan anaknya akan alami kondisi cacat genetika.

Kondisi cacat genetika membuat anak dari kucing Scottish Fold ini tidak akan berumur panjang dan mudah mati. Ada baiknya jika mau mengawinkan kucing Scottish Fold yakni dengan American Shorthair atau British Shorthair. Dengan begitu, anak kucing yang lahir tidak akan jauh ciri fisiknya dengan Scottish Fold dan juga generasi yang dilahirkan bisa lebih sehat meski masih memiliki resiko yang besar terkena penyakit.

6 dari 6 halaman

Populernya Kucing Scottish Fold dan Harga Kisaran

9. Kucing Scottish Fold ramai peminat dari selebritas dunia

Fakta unik kucing Scottish Fold yang kesembilan yakni menjadi hewan peliharaan populer di kalangan seleb dunia. Banyak artis dunia yang mengadopsi kucing ini. Contoh artis yang memiliki kucing ini yakni Taylor Swift. Taylor Swift bahkan memiliki 2 ekor kucing yang diberi nama Meredith Grey dan Olivia Benson. Kucing Taylor Swift pun tenar dengan kerap melakukan berbagai pemotretan yang bisa menghasilkan berbagai pundi-pundi pendapatan.

10. Harga kisaran kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold sangat populer akhir-akhir ini. Kucing ini sangat dicari di Amerika sehingga membuat harganya melambung. Bahkan kucinh ini masuk ke dalam daftar tunggu jika ingin membelinya. Kamu harus bersabar hingga masuk dalam antrean daftar beli. Untuk satu anak kucing Scottish Fold dihargai $2500 atau Rp37 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.