Sukses

Contoh Interaksi Antar Kelompok, Pengertian, dan Ciri-cirinya dalam Interaksi Sosial

Liputan6.com, Jakarta Contoh interaksi antar kelompok perlu kamu kenali. Interaksi antar kelompok tentunya berkaitan dengan hubungan sosial, yang berhubungan juga dengan interaksi masyarakat satu sama lain, berperilaku, berkembang sebagai budaya, dan memengaruhi dunia.

Ilmu sosial adalah ilmu tentang perliaku kehidupan manusia sebagai makhluk hidup yang bermasyarakat. Setiap orang melakukan interaksi sosial dalam kehidupannya. Interaksi sosial ini merupakan hubungan yang mencakup antara anggota keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, dan orang asing sekalipun.

Contoh interaksi antar kelompok bisa kamu lihat dari lingkungan, seperti di sekolah. Interaksi sosial merupakan dasar dari sifat dasar manusia. Dengan berinteraksi satu sama lain, orang merancang aturan, institusi, dan sistem di mana mereka berusaha untuk hidup. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022) tentang contoh interaksi antar kelompok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Mengenal Interaksi Sosial

Sebelum mengenal contoh interaksi antar kelompok, kamu perlu memahami pengertian interaksi sosial terlebih dahulu. Interaksi sosial adalah setiap hubungan antara dua individu atau lebih. Interaksi sosial terdiri dari sejumlah besar interaksi sosial, fisik, dan verbal yang menciptakan iklim untuk pertukaran perasaan dan ide. Interaksi sosial adalah pertukaran sosial antara dua individu atau lebih.

Secara luas, pengertian interaksi sosial mengacu pada hubungan yang ada antara orang-orang yang memiliki interaksi berulang yang dirasakan oleh peserta memiliki makna pribadi. Interaksi sosial biasanya dibatasi dan diatur oleh norma sosial dan budaya, antara dua orang atau lebih, dengan masing-masing memiliki posisi sosial dan menjalankan peran sosial.

3 dari 5 halaman

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

- Basrowi. Interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang mempertemukan orang dengan orang, kelompok dengan kelompok, maupun orang dengan kelompok manusia. Bentuknya tidak hanya bersifat kerjasama, tetapi juga berbentuk tindakan, persaingan, pertikaian dan sejenisnya.

- Partowisastro. Interaksi sosial adalah relasi sosial yang berfungsi menjalin berbagai jenis relasi sosial yang dinamis, baik relasi itu berbentuk antar individu, kelompok dengan kelompok, atau individu dengan kelompok.

- Soekanto. Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia.

- Gerungan. Interaksi sosial adalah proses individu satu dapat menyesuaikan diri secara autoplastis kepada individu yang lain, dimana dirinya dipengaruhi oleh diri yang lain. Individu yang satu dapat juga menyesuaikan diri secara aloplastis dengan individu lain, dimana individu yang lain itulah yang dipengaruhi oleh dirinya yang pertama.

- Gillin dan Gillin. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-perorangan, antara kelompokkelompok manusia maupun antara orang perorangtan dengan kelompok manusia.

4 dari 5 halaman

Jenis Interaksi Sosial

Contoh interaksi antar kelompok tentunya merupakan bagian dari jenis interaksi sosial ini. Jenis interaksi sosial adalah sebagai berikut:

Interaksi antar individu dan individu

Interaksi antar individu dan individu terjadi ketika dua individu bertemu. Walaupun kedua individu itu tidak melakukan kegiatan apa-apa, namun sebenarnya interaksi sosial telah terjadi apabila masing-masing pihak sadar akan adanya pihak lain yang menyebabkan perubahan dalam diri masing-masing.

Interaksi antar kelompok dan kelompok

Interaksi jenis ini terjadi pada kelompok sebagai satu kesatuan bukan sebagai pribadi-pribadi anggota kelompok yang bersangkutan. Contoh interaksi antar kelompok bisa kamu kenali dalam pembahasannya secara lebih lanjut.

Interaksi antar individu dan kelompok

Bentuk interaksi di sini berbedabeda sesuai dengan keadaan. Interaksi tersebut lebih mencolok manakala terjadi perbenturan antara kepentingan perorangan dan kepentingan kelompok.

5 dari 5 halaman

Interaksi Antar Kelompok

Contoh interaksi antar kelompok bisa kamu lihat di lingkungan terdekat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, interaksi antar kelompok adalah interaksi yang terjadi pada kelompok sebagai satu kesatuan bukan sebagai pribadi-pribadi anggota kelompok yang bersangkutan. Dengan kata lain, interaksi antar kelompok adalah bentuk interaksi antara sekelompok manusia dengan manusia lainnya.

Sebelum mengenali contoh interaksi antar kelompok, kamu tentunya perlu mengenali ciri-cirinya, yaitu adanya dua kelompok atau lebih, adanya komunikasi antar kedua kelompok, adanya tujuan bersama yang hendak dicapai, hingga interaksi sosial ini bisa bersifat asosiatif dan disosiatif.

Contoh Interaksi Antar Kelompok

Contoh interaksi antar kelompok dapat kamu temukan di lingkungan sekolah, pekerjaan, hingga lingkungan masyarakat sekitar.

Contoh interaksi antar kelompok di sekolah

Contoh interaksi antar kelompok di sekolah di antaranya:

- Kelompok pramuka bekerjasama dengan kelompok OSIS dalam acara ulang tahun sekolah.

- Ekskul seni tari dan ekskul seni musik bekerja sama untuk melaksanakan pentas seni di sekolah.

- Presentasi kelompok di depan kelompok lainyya saat belajar di kelas.

- Pertandingan basket antar sekolah.

- Diskusi mahasiswa dari UGM dengan mahasiswa dari UNY.

- Diskusi antar kelompok untuk menyelesaikan tugas sekolah.

 

Contoh interaksi antar kelompok di masyarakat

Contoh interaksi antar kelompok di masyarakat di antaranya:

- Kerjasama antara TNI dan POLRI dalam mengatasi suatu kejahatan.

- Rapat DPR bersama MPR untuk memutuskan suatu kebijakan.

- Para petani dan para mahasiswa berdiskusi tentang cara mengembangkan pertanian.

- Dinas pendidikan bekerja sama dengan lembaga pendidikan swasta untuk memberi beasiswa pada murid berprestasi.

- Persatuan pemuda dari berbagai daerah bertemu untuk membahas acara kongres pemuda nasional.

- Tim SAR dan TNI bersama-sama melakukan pencarian korban bencana tanah longsor.

- Delegasi negara Amerika dan negara Inggris bertemu di forum internasional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS