Sukses

PT Minori, Lembaga Pelatihan dan Penyalur Tenaga Kerja ke Jepang

Liputan6.com, Jakarta Jepang menjadi salah satu negara tujuan pekerja asing untuk mencari nafkah, termasuk pekerja dari Indonesia. Upang yang lebih besar, sistem jaminan sosial, serta infrastruktur memadai menjadi daya tarik yang kuat bagi para pekerja asal Indonesia. Para pekerja Indonesia biasanya menggunakan jasa lembaga penyalur tenaga kerja, PT Minori salah satunya.

Perusahaan yang berlokasi di dekat pintu keluar tol Cikarang Barat ini bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia. Tidak hanya menyalurkan tenaga kerja, PT Minori juga membantu para pekerja mempersiapan diri beradaptasi dengan budaya kerja di Jepang.

PT minori menjadi penyalur tenaga kerja yang terpercaya dan saat ini telah mengirimkan ribuan tenaga kerja Indonesia ke Jepang. Berikut ulasan Liputan6.com tentang PT Minori yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (5/12/2002).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

PT Minori sebagai Lembaga Pengembangn Sumbar Daya Manusia

Perusahaan yang berada di pinggir jalan utama yang menghubungkan pintu tol Cikarang Barat dengan Lippo Cikarang atau EJIP ini telah berdiri sejak tahun 2008. Pendirinya adalah warga negara Indonesia yang memiliki pengalaman bekerja sebagai manajer dan engineering di perusahaan-perusahaan Jepang.

Pendiri PT Minori bekerja sama dengan warga dan perusahaan-perusahaan Jepang untuk dapat berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat Indonesia. Pendiri perusahaan ini berharap dapat memberi kesempatan pada anak muda Indonesia untuk belajar dan bekerja di Jepang.

Pada 2009, PT Minori memperoleh izin SO (Sending Organization) dan pengiriman Program Pemagangan untuk pertama kalinya di bidang garment. Kemudian, pada 2010 perusahaan ini mulai mengirim pekerja ke lebih banyak bidang industri.

Motto PT Minori adalah supporting manufacture and human development, yang artinya support pengembangan manufaktur dan sumber daya manusia. Bermula dari mengirimkan sekitar belasan tenaga kerja per tahun pada tiga tahun pertama, kini PT minori telah mengirimkan rata-rata 100 tenaga kerja per bulan ke 400 perusahaan penerima di Jepang. 

Dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini selalu berusaha memberikan support secara optimal kepada anak muda Indonesia untuk meraih masa depan yang lebih baik. Support tersebut diberikan dengan mengajarkan ketekunan dan kerja keras tanpa menyalahkan lingkungan sekitarnya karena keterbatasan yang ada. Diharapkan, ke depannya tenaga kerja ini mampu memberikan kontribusi kepada lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

3 dari 4 halaman

Usaha PT Minori

Sebelum memberangkatkan tenaga kerja, PT Minori terlebih dahulu memberi pelatihan kepada mereka. Pelatihannya berupa pendidikan bahasa dan keterampilan lain yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dituju. Para calon pekerja dapat melakukan pendaftaran secara online, kemudian mengikuti masa pendidikan selama 5 sampai 7 bulan. Untuk mendukung jalannya usaha, PT Minori membuka kantor cabangnya di Jepang yang berlokasi di kota Tokyo, Nagoya, Osaka, dan Okayama. 

Pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh PT Minori tidak hanya belajar bahasa jepang dan pelatihan skil pekerja saja, namun juga mempersiapkan pekerja untuk dapat bekerja dan tinggal di Jepang. Pendidikan bahasa Jepang disesuaikan dengan kurikulum Test Standart Bahasa Jepang. Tujuannya agar para pekerja dapat memiliki kemampuan Bahasa Jepang setara dengan level N4 yang nantinya dapat ditingkatkan ke level N3 maupun N2.

PT Minori juga menerapkan pelatihan fisik, mental, dan disiplin yang dilaksanakan 2 kali dalam seminggu. Melalui pelatihan ini diharapkan fisik para pekerja dapat beradaptasi dengan dengan iklim Jepang yang memiliki 4 musim. Pelatihan ini juga bertujuan membiasakan pekerja dengan budaya kerja di Jepang yang lebih disiplin dibanding Indonesia.

Selama masa pelatihan, para calon pekerja dibiasakan budaya kerja dan budaya tinggal di Jepang. Pembiasaan ini dilakukan dengan mengharuskan calon pekerja untuk mengucapkan salam kepada semua calon pekerja lain dan staff PT Minori ketika bertemu, menerapkan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), serta horenso (budaya komunikasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan jepang).

Program Pendidikan di PT. Minori dibagi menjadi beberpa tingkatan dari Grade A (mulai dari dasar huruf Hiragana dan Katakana) hingga Grade H (setara level N3). Bahkan, jika diperlukan diadakan Grade I atau Kelas Atas Khusus)untuk menampung bagi mereka yang sudah memiliki kemampuan Bahasa Jepang yang cukup tinggi. 

Para pengajar Minori  minimal memiliki kemampuan bahasa Jepang level N3, dan beberapa diantaranya telah mengikuti Pendidikan Instruktur Bahasa Jepang 480 jam di Jepang. Tahun 2019 PT. Minori juga telah menerapkan Manajemen Mutu ISO9001:2015, termasuk dalam proses belajar-mengajar.

4 dari 4 halaman

Fasilitas PT Minori

Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan Paspor, pengurusan Visa, MCU 2, dan dokumen-dokumen lainnya yang dibutuhkan dalam pengajuan perizinan imigrasi Jepang, akan ditanggung oleh PT Minori terlebih dahulu. Kemudian, biaya ini akan dikembalikan setelah pekerja mulai bekerja di Jepang dengan cara dicicil. 

Selama calon pekerja mengikuti pendidikan dan pelatihan, PT Minori memberikan support dalam bentuk fasilitas agar calom pekerja dapat merasa nyaman dan dapat fokus belajar. Berikut fasilutas yang diberikan.

A. Asrama, dengan fasilitas sarapan pagi dan makan siang.

B. Ruang belajar, 

C. Uang saku selama pelatihan. Selama menjalani pelatihan, para calon pekerja mendapatkan uang saku untuk menunjang kehidupan selama di asrama.

D. Uang persiapan keberangkatan. Uang ini digunakan untuk membeli keperluan saat keberangkatan seperti koper, baju, obat dan lain-lain. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS