Sukses

PT Guna Anta Logistik, Perusahaan Transportasi Logistik dengan Jangkauan Luas

Liputan6.com, Jakarta Logistik dan transportasi mungkin tidak asing terdengar dalam kehidupan sehari-hari. Kedua kata ini kerap kali disandingkan menjadi transportasi logistik, sebab transportasi dapat menjadi penunjang persebaran logistik ke berbagai tempat. 

PT Guna Anta Logistik merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan transportasi logistik yang menjangkau berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan transportasi logistik seperti PT Guna Anta Logistik tidak hanya melakukan layanan mengantar barang saja, tapi juga menerima pesanan, manajemen gudang, serta manajemen transportasi.

PT Guna Anta Logistik telah membantu persebaran logistik ke berbagai daerah di Indonesia dari berbagai sektor. Berikut ulasan Liputan6.com tentang usaha yang dilakukan PT Guna Anta Logistik yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bidang Usaha PT Guna Anta Logistik

PT Guna Anta Logistik merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi logistik. Perusahaan ini telah beroperasi  sejak 2014. Kantor pusatnya beralamat di Jalan Epicentrum Boulevard Baru, Nomor 2 Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

Saat ini PT Guna Anta Logistik telah memiliki cabang yang tersebar keseluruh wilayah Indonesia. Kantor cabang yang berada di berbagai daerah ini juga menjadi bukti bahwa PT Guna Anta Logistik memiliki jangkauan layanan yang luas.

Transportasi menjadi salah satu sektor penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), transportasi diartikan sebagai pengangkutan barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi. 

Dengan kata lain, transportasi dapat mencakup beberapa hal dan berkaitan dengan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, infrastruktur jalan raya, moda transportasi, hingga pada manajemen pengelolaannya yang dilakukan oleh pengambil kebijakan maupun perencanaan.

Kata logistik merupakan serapan dari kata dalam bahasa Inggris logistics yang artinya koordinasi terperinci dari operasi kompleks yang melibatkan banyak orang, fasilitas, atau persediaan. KBBI mengartikan kata logistik sebagai pengadaan, perawatan, distribusi, dan penyediaan (untuk mengganti) perlengkapan, perbekalan, dan ketenagaan. Dapat disimpulkan bahwa logistik bermakna perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas fisik dari material dan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau mereka yang membutuhkan.

Dalam alur rantai pasokan atau supply chain, transportasi memiliki peranan yang penting. Produsen memerlukan jasa transportasi untuk mendistribusikan barang yang telah diproduksi, sebab barang tersebut tidak mungkin hanya dikonsumsi di tempat yang sama. PT Guna Anta Logistik melihat peluang usaha ini dan memulai layanan transportasi logistiknya.

Dalam supply chain manajemen, bidang transportasi ini lebih dikenal dengan istilah transportasi logistik. Tidak sekedar mengirim barang, berikut ini pentingnya transportasi dalam logistik perusahaan.

3 dari 4 halaman

Apa itu Transportasi Logistik yang Dilakukan PT Guna Anta Logistik

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, istilah transportasi mengacu pada proses memindahkan atau mengirim barang ke pusat distribusi atau gudang dengan menggunakan kendaraan. Sedangkan, transportasi logistik adalah proses mengirim barang secara khusus dari supplier ke perusahaan atau pabrik. Dalam hal ini barang yang dikirimkan mulai dari barang mentah dari supplier hingga mengirim barang jadi ke distributor. 

Semua proses ini ditangani oleh bagian manajemen transportasi seperti yang dilakukan oleh PT Guna Anta Logistik. Manajemen transportasi menangani segala hal yang berkaitan dengan kegiatan distribusi. Tugas utamanya memastikan pengiriman yang efektif dan pergerakan barang jadi yang lancar. PT Guna Anta Logistik membuat perencanaan yang mendetail untuk memastikan pengiriman logistik sesuai dengan yang direncanakan.

PT Guna Anta Logistik menjalankan beberapa tugas untuk memastikan bila proses distribusi sesuai dengan rencana. Berikut ini beberapa agenda distribusi dasar untuk memastikan pengiriman barang berjalan dengan baik.

1. Penerima Pesanan

Hal pertama yang dilakukan PT Guna Anta Logistik sebelum memulai pekerjaannya adalah menerima pesanan dari klien. Klien dapat berasal dari pihak produsen yang ingin mendistribusikan barang atau supplier yang memesan barang dari produsen.

Pemesanan dilakukan melalui customer service atau CS. CS juga berperan menjadi penghubung antara perusahaan dan klien selama layanan berlangsung. Untuk memenuhi permintaan pelanggan, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan yaitu kecepatan pengiriman, transaksi yang efisien, pengiriman terpercaya, dan komunikasi yang efektif dari semua pihak.

2. Manajemen Gudang

Manajemen pengiriman memang penting, namun manajemen gudang juga harus sama baiknya. Baik transportasi dan gudang memiliki keterkaitan satu sama lain. PT Guna Anta Logistik membuat manajemen gudang seefektif mungkin untuk memudahkan proses pencarian dan pengiriman barang.

3. Manajemen Transportasi

Manajemen transportasi juga harus direncanakan dengan baik. PT Guna Anta Logistik memilih mode transportasi yang paling cocok untuk mendistribusikan barang. Selain memilih jenis transportasi, manajemen transportasi juga bertugas memantau proses distribusi apakah sudah sesuai dengan jadwal.

4 dari 4 halaman

Fungsi Transportasi Logistik PT Guna Anta Logistik

1. Pergerakan Barang

Fungsi transportasi dalam pengiriman logistik ini adalah pergerakan produk. Transportasi berperan dalam pergerakan barang, baik barang mentah, komponen, bahan baku, hingga barang jadi. Keberadaan transportasi ini mempengaruhi sektor lain di perusahaan seperti bagian pengadaan barang, bagian produksi, dan juga bagian manajemen pelanggan. Bila transportasi barang di perusahaan tidak baik, bisa dipastikan bila kinerja bagian lain juga akan terpengaruh.

2. Penyimpanan produk

Selain berfungsi sebagai pengiriman logistik, transportasi juga berperan dalam penyimpanan produk. Sebelum barang dikirim, biasanya barang akan disimpan sementara dalam gudang. Barang disimpan karena untuk pemenuhan barang secara terjadwal sebelum pengiriman. Sehingga dalam manajemen transportasi juga termasuk manajemen pergudangan untuk mengelola penyimpanan barang sederhana.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS