Sukses

3 Arti Warna Centang Verifikasi di Twitter Terbaru, Begini Cara Mendapatkannya

Liputan6.com, Jakarta - Twitter meluncurkan tiga warna centang verifikasi pada 2 Desember 2022. Peluncuran warna centang verifikasi di Twitter ini diumumkan secara resmi oleh CEO Twitter Elon Musk melalui akun pribadinya pada 25 November 2022.

Ada tiga warna centang verifikasi di Twitter terbaru, yakni warna centang emas, warna centang abu-abu, dan warna centang biru. Ketiganya memiliki arti warna centang verifikasi di Twitter yang berbeda.

Arti centang emas untuk kepemilikan perusahaan, arti centang abu-abu untuk pemerintahan, dan arti centang biru untuk kepemilikan pribadi. Ketiga warna centang verifikasi di Twitter ini tidak bisa dibeli.

Secara resmi, 2 Desember 2022 Twitter akan memberlakukan dua centang verifikasi, yakni centang biru lama dan centang verifikasi baru dengan tulisan “Official”. 

Berikut Liputan6.com ulas tiga arti warna centang verifikasi di Twitter terbaru dan cara mendapatkannya, Selasa (29/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Arti Warna Centang Verifikasi di Twitter Terbaru

Twitter meluncurkan tiga warna centang verifikasi pada 2 Desember 2022. Peluncuran warna centang verifikasi di Twitter ini diumumkan secara resmi oleh CEO Twitter Elon Musk melalui akun pribadinya pada 25 November 2022.

"Maaf atas keterlambatannya, untuk sementara kami akan meluncurkan Verified pada Jumat minggu depan," terang Musk.

Pembaruan adanya tiga warna centang verifikasi di Twitter ini akan dibarengi dengan prosedur verifikasi akun baru juga. Musk ungkap, prosedur verifikasi akun akan dilakukan atau diautentifikasi manual sebelum centang dengan tiga warna berbeda resmi diaktifkan.

Ada tiga arti warna centang verifikasi di Twitter yang dipaparkannya, yakni warna centang biru (Blue Check), warna centang emas (Gold Check), dan warna centang abu-abu (Grey Check).

“Gold Check for companies, grey check for government, blue for individuals (celebruty or not) and all verified account will be manuallu authenticated before check activates,” jelas Musk.

1. Warna Centang Emas di Twitter

Arti warna centang verifikasi di Twitter emas khusus untuk perusahaan atau dimiliki oleh sebuah perusahaan.

2. Warna Centang Grey di Twitter

Arti warna centang verifikasi di Twitter yang grey khusus untuk pemerintah atau dimiliki oleh sebuah pemerintahan.

3. Warna Centang Blue di Twitter

Arti warna centang verifikasi di Twitter yang biru khusus untuk individu (selebritas atau bukan), baik itu selebriti atau bukan selebriti.

Melansir dari Forbes, tiga warna centang verifikasi di Twitter terbaru tidak untuk diperjual-belikan atau tidak berbayar. Lalu, centang verifikasi Twitter akan diberlakukan dua centang.

Itu artinya, tidak semua pengguna Twitter yang sudah terverifikasi sebelumnya atau centang biru bisa mendapatkan tag centang verifikasi Twitter terbaru. Digambarkan, satu centang biru lama akan di posisi bawah nama akun dan satu centang yang baru akan bertuliskan “Official”.

3 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Centang Verifikasi di Twitter

Cara mendapatkan centang verifikasi di Twitter adalah akun harus memiliki kategori yang lebih terperinci dan terdefinisi untuk bisa menyelesaikan.

Menyoal kategori untuk cara mendapat centang verifikasi di Twitter, dijelaskan oleh pihak Twitter di situs website resminya, mencakup pejabat pemerintahan yang sebelumnya telah diverifikasi Twitter, perusahaan, brand, dan organisasi nirlaba.

Label lain yang bisa melakukan cara mendapat centang verifikasi di Twitter adalah outlet media, jurnalis, tokoh dan organisasi hiburan, akun terkait olahraga, hingga kategori aktivis dan individu berpengaruh lainnya.

Ke depan, Twitter menyebut, pihaknya terbuka untuk memperluas kategorinya dari waktu ke waktu.

Ini persyaratan cara mendapat centang verifikasi di Twitter yang dimaksud antara lain:

1. Pengguna harus mencantumkan alamat email yang diverifikasi.

2. Pengguna harus mencantumkan nomor telepon yang diverifikasi.

3. Pengguna harus mengisi gambar profil dan nama tampilan.

4. Akun tidak dikunci atau di-private selama 12 bulan terakhir.

5. Pastikan akun asli dan memuat data diri asli.

6. Terakhir pastikan akun terkenal dan aktif digunakan minimal 6 bulan.

7. Siapkan identitas diri seperti KTP, SIM, atau Paspor.

Kemudian, pahami cara mendapat centang verifikasi di Twitter dilakukan melalui pengaturan akun Twitter dan bisa dilakukan mandiri. Cara mendapat centang verifikasi di Twitter ini diumumkan melalui akun resmi perusahaan asal San Francisco, California, AS pada 20 Mei 2021.

Berikut cara mendapat centang verifikasi di Twitter:

1. Siapkan jaringan internet yang stabil.

2. Unduh aplikasi Twitter di PlayStore atau AppStore.

3. Login akun yang sudah dimiliki ke aplikasi Twitter.

4. Buka menu pengaturan Twitter atau bagian setting.

5. Lakukan verifikasi terlebih dahulu dengan menyiapkan syarat.

6. Bila sudah siap, klik Request Verification.

7. Lakukan pengisian formulir untuk mengajukan verifikasi akun atau agar mendapat centang biru.

8. Bila sudah diisi dengan lengkap dan valid, selesaikan dengan klik Submit Form.

9. Akan muncul pemberitahuan “Account Not Eligible for Review” saat data yang dimasukkan ada yang kurang.

Bagi pengguna yang sudah menyelesaikan cara mendapat centang verifikasi di Twitter tersebut, tunggu proses data tersebut. Ditegaskan oleh Musk pada 25 November 2022, semua akun terverifikasi akan diautentifikasi secara manula sebelum centang diaktifkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS