Sukses

31 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat, Mulai Alami hingga Suntikan

Liputan6.com, Jakarta Cara ampuh menghilangkan jerawat sebenarnya cukup banyak, mulai dari cara alami hingga menggunakan obat-obatan medis. Suatu cara ampuh menghilangkan jerawat mungkin sangat efektif bagi sebagian orang, namun belum tentu efektif untuk sebagian yang lain.

Jerawat adalah masalah wajah yang sangat mengganggu dan sangat memengaruhi kepercayaan diri. Maka tidak mengehrankan jika banyak orang mencari berbagai macam cara untuk menghilangkan jerawat. Beberapa ada yang berhasil, tapi tidak sedikit pula yang gagal.

Itu dipengaruhi oleh sejumlah faktor, di antaranya jenis kulit dan penyebab dari munculnya jerawat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jenis kulit dan penyebab munculnya jerawat.

Dengan begitu, kamu bisa memilih cara ampuh menghilangkan jerawat sesuai kondisi kulit, sehinggan cara tersebut bisa efektif untuk menghilangkan jerawat di wajah. Mulai dari cara alami hingga dengan obat-obatan medis, berikut adalah sejumlah cara ampuh menghilangkan jerawat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, (18/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Lidah buaya

Salah satu cara ampuh menghilangkan jerawat adalah dengan lidah buaya. Untuk menggunakan lidah buaya sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat, kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya. Haluskan gel dari lidah buaya tersebut dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering atau kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami.

2. Jeruk nipis

Yang pertama perlu dilakukan adalah siapkan jeruk nipis secukupnya, 2-3 buah. Belah jeruk nipis jadi 2 bagian. Peras dengan saringan. Oleskan air perasan jeruk ke wajahmu. Biarkan sekitar 10 menit. Cuci dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu yang membandel.

3. Putih telur

Cara menghilangkan jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja. kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

3. Cuka apel

Cara mengatasi jerawat dengan cuka apel adalah bersihkan wajah terlebih dahulu. Siapkan cuka apel sekitar 2 sendok makan. Oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat batu. Diamkan lebih kurang sekitar 20 - 30 menit. Tunggu hingga mengering. Lalu bilas dengan air bersih.

4. Masker Kunyit

Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga agak mengental untuk membuatnya menjadi masker terlebih dahulu.

Kemudian oleskan larutan bubuk kunyit ini ke area yang ditumbuhi jerawat batu. Biarkan kira-kira 45 menit, lalu bilas dengan air sampai wajah bersih. Cara ini direkomendasikan dua kali sehari.

5. Masker Aspirin

Caranya, campurkan aspirin dengan air agar menjadi pasta. Kemudian oleskan pada jerawat batu. Mengapa ini akan berhasil? Secara alami ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat batu.

Penting untuk dicatat bahwa aspirin dapat menyebabkan iritasi bila dioleskan langsung ke kulit. Juga, bagi yang memiliki alergi terhadap salisilat, lebih baik hindari cara ini.

3 dari 7 halaman

6. Pembersih Cuka

Cuka dikenal memiliki sifat antibakteri yang cocok digunakan sebagai cara ampuh menghilangkan jerawat secara alami. Para ahli merekomendasikan menggunakan pembersih cuka putih encer pada kulit sebanyak dua kali sehari. Pengenceran yang disarankan biasanya sekitar 2 tutup penuh cuka dicampur dengan sekitar 3 cangkir air murni.

Sekali lagi, berhati-hatilah saat mengoleskan cuka ke kulit. Ini karena cuka dapat menyebabkan iritasi.

7. Probiotik

Ada hubungan erat antara kesehatan kulit dan kesehatan usus. Ini mengapa para ahli menyarankan dosis probiotik harian dapat mendorong kulit menjadi lebih bersih dan mengurangi peradangan kulit. Apa probiotik yang bisa dikonsumsi sebagai cara mengatasi jerawat batu? Para ahli menyarankan untuk mendapatkan probiotik dengan makan yogurt, kimchi, sayuran, kefir, dan makanan lain yang dikatakan mengandung bakteri sehat.

8. Tea Tree Oil

Tea tree oil dikenal memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Inilah mengapa minyak pohon teh menjadi cara ampuh menghilangkan jerawat batu yang ampuh.

9. Retinoid

Retinoid adalah istilah umum untuk semua turunan vitamin A, termasuk retinol, dan merupakan garis pertahanan pertama yang dapat melawan jerawat kistik. Retinoid dapat mempercepat dan mengatur penumpahan di dalam kelenjar minyak Anda, seperti pelindung silang yang membuat segala sesuatunya terus bergerak.

Tanpa itu, kelenjar menjadi kurang aktif, sehingga pori-pori dapat tersumbat dan bakteri mulai memakan sumbatan kotoran itu untuk sehingga menimbulkan jerawat batu. Dengan kata lain, penggunaan retinoid bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat batu. Namun penting untuk diketahui, penggunaan retinoid sebagai cara menghilangkan jerawat batu harus sesuai dengan petunjuk dokter.

10. Antibiotik

Dokter kulit biasanya akan meresepkan obat antibiotik. Antibiotik disarankan biasanya setelah perawatan topikal tidak berhasil. Namun, antibiotik ini bukan penyembuhan jangka panjang, ini lebih seperti solusi sementara.

4 dari 7 halaman

11. Accutane

Accutane ini secara permanen menyusutkan kelenjar minyak Anda sehingga tidak dapat distimulasi dengan mudah lagi. Accutane berfungsi untuk menutup pori-pori Anda, sehingga jerawat batu akan sulit untuk timbul kembali.

Biasanya dalam penggunaan obat accutane ini akan memperoleh hasil yang baik dalam enam bulan, jerawat kistik Anda akan hilang.

12. Lindungi dari Polusi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asap, bahan kimia, dan racun di udara dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jika Anda hidup di kota industri, tidak banyak yang dapat dilakukan untuk menghindari polusi. Namun, menggunakan tabir surya setidaknya bisa menciptakan penghalang antara kulit dan racun.

13. Bersihkan Wajah Rutin

Lakukan pembersihan wajah rutin sebagai cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat. Terutama setelah bepergian atau beraktivitas seharian. Lakukan langkah-langkah yang benar saat membersihkan wajah, yaitu dengan metode double atau triple cleanser (setelah ber-makeup tebal).

14. Pelembap

Rajin menggunakan pelembap adalah cara ampuh menghilangkan jerawat batu yang tepat. Cara menghilangkan jerawat batu tanpa obat ini juga mudah sekali dipraktikkan. Penggunaan pelembap ini tak hanya penting bagi yang kulitnya kering. Kulit wajah berminyak juga perlu dehidrasi dengan pelembap.

Saat ini telah banyak tersedia produk pelembap dengan klaim oil-free dan non-comedogenic yang bisa coba digunakan. Pelembap jenis ini dapat membantu wajah tetap sehat dan mencegah produksi minyak yang berlebihan.

15. Perbaiki Pola Makan

Pola makan yang sehat tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh seperti jantung, otak dan sebagainya. Tapi, harus bisa menyehatkan kulit, termasuk kulit wajah. Jadi, pilih makanan yang kaya akan vitamin seperti sayur dan buah untuk menu camilan setiap hari.

5 dari 7 halaman

16. Pembersih BHA

Jika Anda memiliki jerawat, direkomendasikan menggunakan produk pembersih yang mengandung asam salisilat dengan konsentrasi tinggi, yaitu BHA. Pembersih ini dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, mengelupas sel-sel kulit mati, dan mengeringkan jerawat.

Penting dilakukan ketika mengaplikasikan produk pembersih, diamkan selama beberapa saat. Tujuannya agar bahan aktifnya bekerja memberikan efek tertentu. Efek ini yang nantinya akan berdampak pada pemulihan jerawat batu.

17. Jangan Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah secara langsung bisa menyebabkan munculnya jerawat dan menyebabkan jerawat jadi bertambah banyak. Tanpa disadari, Anda mungkin sering menyentuh wajah dengan menggunakan telapak tangan atau ujung-ujung jari. Hal ini dapat menciptakan peradangan dan dapat memindahkan kotoran tangan ke wajah yang bisa terperangkap dalam pori-pori kulit. 

18. Minum Air Putih

Sekitar 80 persen tubuh manusia memang dipenuhi oleh cairan. Untuk itu, mencukupi cairan sehari-hari memang wajib dilakukan oleh setiap orang. Tubuh manusia yang diisi oleh cairan akan membuat kulit tampak lebih kenyal, bersinar, dan lembap.

19. Ganti Sprei Teratur dan Sarung Bantal

Perhatikan kebersihan barang-barang di sekitar terutama yang bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Sprei dan sarung bantal adalah salah satunya. Paling tidak jaga kebersihannya dengan lebih sering mengganti minimal dua minggu sekali. Kondisi sprei yang kotor dapat membuat kulit rentan berjerawat, dan memperparah kulit yang memang sudah berjerawat.

20. Baking soda

Caranya cukup campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga adonan berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kental tersebut pada daerah kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat batu kamu menghilang dengan sempurna.

6 dari 7 halaman

21. Masker Madu

Masker madu terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan jerawat batu karena mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri pada jerawat. Selain itu, madu juga sangat berperan penting dalam menghilangkan bekas luka. Cara mengatasi jerawat batu dengan madu adalah gunakan madu sebagai masker wajah setidaknya 2-3 kali seminggu.

22. Jangan Dipencet

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam cara ampuh menghilangkan jerawat adalah jangan pernah mencoba memecahkannya dengan dipencet. Jerawat batu benar-benar tidak dapat dihilangkan, karena masalahnya begitu dalam di dalam kulit Anda.

Mencoba memanipulasi atau menekan jerawat batu hanya akan mendorong peradangan lebih parah, sehingga menyebabkan jaringan parut yang lebih parah dan kemungkinan infeksi. Bahkan jika itu memiliki komedo putih terkecil di atasnya, jangan percaya, kotoran itu dalam, dan Anda tidak akan pernah bisa mengeluarkannya.

23. Es Batu

Daripada berusaha untuk memecahkannya dengan cara memencet jerawat batu, cara untuk menghilangkan jerawat batu lebih baik dengan mengompresnya dengan es batu. Es batu benar-benar dapat membantu mengeluarkan kistik Anda, sampai batas tertentu.

Alasan jerawat batu yang menyakitkan adalah karena ada pembengkakan dan peradangan di jaringan. Es batu dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan sedikit mengurangi pembengkakan.

Bungkus es batu dengan handuk atau serbet. Upayakan saat mengompres dengan es batu jangan sampai ada kontak langsung ke kulit. Kemudian, tahan pada jerawat Anda selama 1-2 menit. Lalu, diamkan selama 30 menit.

24. Cocktail sebagai Spot treatment

Selanjutnya, penggunaan spot treatment harus mengandung cocktail of benzoyl peroxide dan 1 persen hydrocortisone cream yang dapat membantu meratakan jerawat lebih cepat.

Keduanya berfungsi untuk anti-peradangan, termasuk benzoil peroksida, yang akan membantu menenangkan benjolan. Jadi sekali sehari selama satu minggu, oleskan benzoil peroksida pada bagian yang berjerawat, biarkan kering, lalu tepuk lapisan tipis hydrocortisone cream.

25. Suntikan Cortisone

Cara ampuh menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan suntikan cortisone. Anda dapat menyuntikan cortisone. Tentu saja itu perlu dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter. Suntikan kortison melibatkan penyuntikan steroid dosis rendah langsung ke jerawat Anda untuk secara drastis mengurangi rasa sakit dan peradangan dalam beberapa hari.

Setelah mendapatkan suntikan cortisone, masih akan memakan waktu beberapa hari hingga seminggu agar kista sembuh dengan sendirinya. Lalu, apakah ada efek sampingnya? Jika menyuntikkan terlalu banyak kortison secara tidak sengaja dapat meninggalkan sedikit bekas di tempat jerawat Anda dulunya.

7 dari 7 halaman

26. Pakai Acne Spot Treatment

Acne spot treatment tidak hanya bisa dipakai saat kondisi jerawat masih meradang, tapi juga efektif membantu memudarkan bekas kehitaman akibat luka jerawat. Pemakaian rutin acne spot treatment dapat mendorong produksi sel kulit baru dan mencegah penyebaran infeksi.

27. Pakai Produk Vitamin C

Cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang bisa dicoba ialah menggunakan produk vitamin C. Produk yang mengandung vitamin C bisa ditemukan dalam serum maupun ampoule yang dapat diaplikasikan agar hasil lebih optimal untuk menghilangkan bekas jerawat. Bisa juga dengan mengonsumsi vitamin C untuk membantu mempercepat menghilangkan bekas jerawat dari dalam.

Kamu bisa mengonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C karena dipercaya mampu mencerahkan kulit, bahkan memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Atau bisa menambahkan produk ampoule dari Klarity, Revival Whitening Ampoule dalam rangkaian skincare routine-mu.

28. Kelola Stres dan Tidur yang Cukup

Meskipun tidak berdampak secara langsung, tetapi stres dapat menyebabkan timbunya jerawat. Ini termasuk seperti kebiasaan makan dan minuman yang tidak sehat. Berbeda dengan tubuh yang beristirahat dan terhidrasi, pasti akan mencerminkan perasaan kamu. Dokter kulit menyarankan untuk melakukan apa pun yang kamu bisa lakukan untuk membawa relaksasi ke dalam hidup dan menurunkan stres, baik itu dengan mendengarkan musik, mandi busa, berolahraga atau tidur lebih awal.

29. Kentang

Kandungan beberapa senyawa, seperti kalium, sulfur, fosfor, dan klorida pada kentang dapat mengobati noda jerawat dan flek jerawat. Selain itu, kentang juga memiliki asam azelaic yang bisa mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat ringan hingga sedang.

Kamu dapat menggunakan kentang untuk menghilangkan jerawat dengan cara menghancurkan kentang mentah untuk mengekstrak sarinya. Setelah itu, rendam kapas dengan jus ini dan oleskan ke area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit sebelum dibersihkan.

30. Jojoba Oil

Minyak jojoba dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat. Minyak yang satu ini juga bisa membantu mengurangi peradangan kulit.  Kamu bisa mencampur minyak jojoba dengan masker atau dioleskan langsung pada titik jerawat. 

31. Witch Hazel

Witch hazel mengandung anti-peradangan yang kuat secara alami dan telah terbukti bertindak sebagai zat untuk kulit, yang pada dasarnya berarti akan mungkin mengecilkan pori-pori kamu dengan lembut. Itu membuatnya menjadi cara ampuh menghilangkan jerawat yang bermanfaat bagi kita, terutama yang memiliki kulit berminyak.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS