Sukses

32 Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Paling Hits dan Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Gunung Kidul merupakan destinasi yang sangat populer di Jogja. Gunung Kidul menjadi alternatif utama saat liburan ke Yogyakarta, bahkan juga sudah sangat terkenal di Indonesia sebagai destinasi wisata yang menawarkan berbagai kekayaan alam. Keindahan Gunung Kidul bahkan berhasil menarik perhatian wisatawan mancanegara. 

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan beragam wisata alam memesona. Surga tersembunyi di sisi selatan Yogyakarta ini menawarkan keindahan pantai-pantai, pegunungan, air terjun, gua, hingga taman bunga.

Tempat wisata di Gunung Kidul terkenal dengan keindahan pantainya yang memanjang dari timur ke barat. Namun pesona alamnya tidak hanya pantai saja. Topografi Gunung Kidul memang berada di kawasan pegunungan dengan batas Samudera Hindia.

Jajaran pantai pasir putihnya yang menawan semakin lengkap dengan pesona pegunungan purba yang sayang untuk dilewatkan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (12/11/2022) tentang tempat wisata di Gunung Kidul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Pantai Kesirat

Tempat wisata di Gunung Kidul yang pertama yaitu Pantai Kesirat. Pantai ini menyajikan panorama matahari terbenam yang mengagumkan. Tak hanya itu, terdapat hamparan rumput yang mampu menyegarkan mata. Bagi kamu yang hobi memancing dan berkemah, Pantai Kesirat bisa menjadi tempat yang wajib dikunjungi.

Pantai Sedahan

Tempat wisata di Gunung Kidul ini biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini kamu perlu berjuang dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Tapi enggak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang benar-benar memesona.

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci cocok untuk kegiatan cave tubing. Tempat wisata di Gunung Kidul ini berada di kawasan Karst Gunungsewu. Wisata alam seperti Kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Meksiko, Selandia Baru, dan Indonesia. Di sini wisatawan bisa berpetualang menyusuri gua dengan keindahan ornamen stalaktit dan stalakmit yang alami.

Kebun Bunga Amarilis

Selain bunga matahari, ada pula tempat wisata Gunung Kidul berupa Kebun Bunga Amarilis yang lebih dulu eksis. Dengan warna oranye menyala, Kebun Bunga Amarilis tentunya tidak kalah instagramable. Bunga Amarilis ini tidak selalu mekar. Waktu yang disarankan untuk datang ke sini adalah antara bulan Juli hingga Oktober. Jika cuaca sedang mendukung, bunga amarilis bisa mekar hingga akhir tahun.

Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten merupakan telaga buatan yang dibangun di puncak tertinggi Bukit Batur Agung, Gunung Kidul. Tempat wisata di Gunung Kidul ini juga merupakan sarana pengairan bagi agrowisata manggis dan kelengkeng yang berada di kawasan ini. Di sini pengunjung bisa bersantai, menyakiskan matahari terbenam, hingga berkemah.

3 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Bukit Pengilon

Tempat wisata di Gunung Kidul ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar. Bagi yang malas snorkeling pun, Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore.

Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang memesona. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Air Terjun Kedung Kandang

Tempat wisata Gunung Kidul berupa air terjun satu ini memiliki keistimewaan karena karakternya yang berundak-undak. Air Terjun Kedung Kandang berada di Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul. Lokasinya berada di pematang sawah yang bertingkat. Air terjun ini bersusun atau bertingkat dengan susunan batuan vulkanik dan terjadi secara alamiah.

Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Jomblang merupakan gua yang terkenal dengan sebutan “Cahaya Surgawi”. Di sini pengunjung bisa melakukan caving dan menemukan sebuah lorong alami yang menghubungkan antara Gua Jomblang dan juga Gua Grubug. Tempat wisata Gunung Kidul ini memiliki stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dengan sinar matahari yang menembus kegelapan di dalam gua.

4 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Air terjun ini menjadi surga yang tersembunyi di Gunung Kidul selain pantai. Untuk dapat mencapai air terjun ini pengunjung harus melalui jalan setapak di pematang sawah yang panjangnya kira-kira setengah kilometer, lalu dilanjutkan menuruni sebanyak 96 anak tangga.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok berada di Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul. Ciri khas dari pantai Jungwok adalah adanya batu besar yang disebut Watu Kopi. Pantai ini masih terbilang sepi dibanding tempat wisata di Gunung Kidul lainnya. Pengunjung bisa bersantai dipantai ini bak memiliki pantai pribadi.

Pantai Wohkudu

Tempat ini cukup sempurna jika kamu sangat suka camping di tengah bentangan alam Gunungkidul yang indah. Pantai Wohkudu diapit dua bukit yang membuat air cukup tenang. Namun tetap hati-hati jika kamu ingin berenang, karena ombak cukup keras. Lokasi pantai ini ada di Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul.

Gua Gelatik Lorong Sewu

Gua Gelatik berada tak jauh dari Gua Pindul. Gua ini sangat eksotis dengan gugusan stalaktit dan stalakmit. Dulunya, gua ini digunakan sebagai tempat pertapaan. Gua ini merupakan goa yang rendah, sehingga ketika memasukinya pengunjung harus ekstra menundukkan kepala.

Watu Giring

Watu Giring merupakan sekumpulan bebatuan alam yang diambil dengan dipotong-potong di suatu tempat oleh para penambang batu alam hingga akhirnya membentuk seperti anak tangga yang memberi kesan mirip sepeeti heritage megalitikum. Tempat wisata ini masih tergolong baru dan diperkenalkan oleh masyarakat Semanu, Gunung Kidul.

5 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dulunya Gua Pindul dimanfaatkan warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari seperti mencuci dan mandi. Kini Gua Pindul menjadi potensi wisata di Gunung Kidul yang makin hits. Tempat wisata di Gunung Kidul ini membuat pengunjung bisa menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

Pantai Nguyahan

Menurut cerita nama nguyahan diambil dari kata ‘uyah’ yang dalam bahasa Jawa artinya garam. Dulunya pantai ini merupakan tempat pembuatan garam. Pantai Nguyahan adalah pantai dengan pasir dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang dan memiliki pasir berwarna putih. Pantai ini diapit bukit karang baik di sisi kanan maupun kirinya.

Pantai Ngerenehan

Pantai Ngerenehan sebenarnya merupakan teluk yang diapit dua tebing. Airnya jernih dan pasirnya berwarna putih tipikal pantai Gunung Kidul. Di tepi pantai berjejer kapal-kapal nelayan berwarna biru yang matching dengan warna airnya. Di pantai ini para nelayan juga menjual ikan-ikan hasil tangkapannya. Kamu juga bisa menikmati sajian seafood yang segar karena baru ditangkap.

Air Terjun Pantai Jogan

Tempat wisata di Gunung Kidul juga punya air terjun unik. Jika biasanya air terjun berada di pegunungan atau hutan, air terjun satu ini berada di pinggir pantai. Di Gunung Kidul, tepatnya di pantai Jogan kamu bisa menikmati lanskap pantai dan air terjun sekaligus. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini.

Taman Bunga Nawari

Tempat wisata di Gunung Kidul berupa taman bunga juga tidak kalah populer, salah satunya taman bunga matahari yang dikenal sebagai Taman Bunga Nawari. Taman bunga matahari ini cukup luas.

Kamu bisa bebas berfoto bersama deretan bunga matahari yang berjajar rapi. Datanglah pada pagi hari sebelum pukul 09.00 WIB, maka kamu akan disuguhi oleh pemandangan bunga matahari yang menghadap satu arah ke matahari. Pemandangan instagramable ini tentu sangat cocok untuk kamu yang hobi berfoto.

6 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang sangat populer adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Di atas gunung api purba ini dapat melihat pesona matahari terbit dan juga matahari terbenam yang cantik. Apalagi di tempat tersebut juga terdapat danau yang sangat cantik.

Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran adalah telaga buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan dan dimanfaatkan untuk mengairi perkebunan petani pada saat musim kemarau. Tempat wisata di Gunung Kidul ini berada di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DIY. Embung Nglanggeran dijadikan objek wisata karena lokasinya yang berada di gunung api purba Nglanggeran. Lokawisata ini dikelilingi pula oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar.

Pantai Ngetun

Pantai Ngetun berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Pantai Ngetun berbentuk mirip teluk mungil yang eksotis. Pantai ini tergolong pantai kecil yang masih sangat alami. Di dekat pantai ini terdapat tebing yang bisa dijelajahi. Dari tebing ini pengunjung bisa menyaksikan pantai Ngetun dari ketinggian dan pemandangan lepas pantai selatan yang memesona.

Pantai Kayu Arum

Pantai tersembunyi selanjutnya adalah Pantai Kayu Arum. Pantai ini belum terlalu populer di telinga wisatawan. Pantai ini berada tak jauh dari Pantai Baron, tepatnya di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir putih khas pantai Gunung Kidul. Pantai Kayu Arum cocok digunakan untuk berkemah dan menikmati suasana tenang dan alami.

7 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

HeHa Sky View

Tempat wisata di Gunung Kidul ini terletak di Jalan Dlingo-Patuk nomor 2, Bukit Patuk, Kabupaten Gunungkidul. HeHa Sky View memiliki pemandangan kota dengan lampu-lampu indah yang dapat digunakan sebagai spot foto Instagramable. Spot foto tersebut berada di atas ketinggian seperti Sky Bridge, Sky Plane, Sky Glass, Wall Climbing, Sky Ballon, Suparman, dan Sky Love.

Teras Kaca Pantai Nguluran

Teras Kaca Pantai Nguluran terletak di Pantai Nguluran, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Teras Kaca Pantai Nguluran selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati nuansa alam dan pemandangan pantai. Terdapat berbagai spot foto yang Instagramable dengan pemandangan laut, seperti moncong perahu dan balkon yang beralaskan kaca, ayunan langit, mahkota raksasa, becak terbang, dan lainnya.

Pantai Butuh

Pantai butuh berada di Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul. Tempat wisata di Gunung Kidul ini cukup mungil diapit oleh bukit karst dan pepohonan rumbun. Pantai ini cukup tersembunyi dan cocok jadi alternatif pantai di Gunung Kidul.

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput terbilang masih sepi dari pengunjung, dan tentu saja cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan untuk melepas kepenatan. Pantai ini cukup eksotis dengan pasir putih berpadu dengan rumput nan hijau. Ada pula lubang yang menjadi daya tarik tempat ini ketika air surut, bahkan kamu bisa masuk ke dalamnya. Lokasinya ada di Ngrumput, Desa Ngestirejo, Tanjungsari.

8 dari 8 halaman

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Puncak Segoro

Tempat wisata di Gunung Kidul populer selanjutnya adalah Puncak Segoro. Letaknya hanya bersebelahan dengan Heha Ocean View. Anda hanya perlu membayar tiket untuk makan agar bisa masuk ke area yang sudah disediakan untuk menikmati indahnya pantai.

Tahura Bunder

Taman hutan raya atau tahura Bunder terletak di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Tahura Bunder menawarkan berbagai wahana yang dapat digunakan oleh wisatawan, seperti spot foto payung yang di gantung, bola bola, ayunan (handmok), spot matahari terbenam (sunset), dan angkringan. Di sini juga terdapat pabrik penyulingan Minyak Kayu Putih Sendang Mole yang berdiri sejak 1980-an.

Pantai Sanglen

Tempat wisata di Gunung Kidul Wonosari pantai satu ini juga masih tergolong cukup sepi. Lokasi pantai ini ada di sebelah barat pantai Watu Kodok, tepatnya di Desa Kemadang, Tanjungsari. Pantai Sanglen memiliki bentangan pasir pantai yang cukup panjang, ini cocok bagi kamu untuk bersantai menikmati keindahan pantai. Ada pula beberapa pohon cemara yang bisa menjadi tempat untuk kamu berteduh. Dan juga area pohon cemara ini biasanya dijadikan sebagai tempat tenda untuk camping. Selain itu, tempat ini juga bisa jadi spot foto kece yang kekinian.

Pantai Sadeng

Salah satu pantai unik di Gunung Kidul adalah pantai Sadeng. Nah, dulunya pantai ini merupakan muara sungai Bengawan Solo purba. Namun karena terjadi pergerakan lempeng bumi, aliran sungai Bengawan Solo Purba berbalik arah menuju Laut Jawa. Hingga saat ini, sisa-sisa aliran sungai tersebut masih bisa kita lihat. Wisata Gunung Kidul ini menjadi spot menarik karena bekas aliran sungai tersebut diapit oleh dua lembah dengan pepohona yang terhampar hijau.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS