Sukses

19 Tempat Wisata di Boyolali yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan, Terbaru dan Populer

Tempat wisata di Boyolali, menawarkan pemandangan alam yang indah menawan.

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Boyolali adalah salah satu Kabupaten yang memiliki julukan Kota Susu, dikarenakan  tempat ini sangat terkenal dengan peternakan sapi perah. Karena memiliki komoditas utama yaitu susu sapi, banyak juga yang menjuluki Boyolali sebagain New Zealandnya Indonesia. Tak hanya itu saja, tempat wisata di Boyolali layak dikunjungi oleh wisatawan saat ingin menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan. 

Tempat wisata di Boyolali tak pernah sepi dari pengunjung, dan sangat cocok dijadikan sebagai tujuan utama liburan bagi kamu pencinta alam. Tak diragukan lagi, karena di Boyolali terdapat Gunung Merapi dan Merbabu yang memiliki hamparan indah dan memukau, membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. 

Tempat wisata di Boyolali ini juga memiliki akses  dan fasilitas yang memadai, beragam spot foto yang menarik, serta beberapa wahana seru juga menyenangkan. Deretan air terjun yang diapit oleh gunung, desa wisata yang masih sangat asri, waduk, hingga candi dan makam peninggal sejarah juga layak dikunjungi saat Anda memilih untuk liburan di Boyolali.

Berikut ini tempat wisata di Boyolali yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/10/2022). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Boyolali: Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

1. Waduk Kedung Ombo

Tempat wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Waduk Kedung Ombo, yang menawarkan alam indah dan memesona. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan keluarga, maka waduk ini adalah tempat yang cocok. Pengelola wisata ini juga menyediakan fasilitas yang memadai, sehingga Anda bisa menikmatinya, diantaranya ada bumi perkemahan, tempat memancing, wisata air, hutan wisata hingga rumah makan apung. Memiliki udara yang sejuk, membuat tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk berburu foto dari berbagai sudut. 

2. Taman Air Tlatar

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya adalah Taman Air Tlatar yang tentunya bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga. Saat berada di sini, kamu bisa menikmati berbagai wahana seru dan menyenangkan, apalagi jika membawa anak. Tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas lengkap dan cukup memadai, sehingga melengkapi liburan Anda. Jangan takut Anda akan kelaparan, karena tersedia rumah makan lesehan, ada juga pemancingan, serta cendera mata yang bisa dijadikan sebagai oleh - oleh. 

3. Waduk Bade

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya ada Waduk Bade yang bisa Anda kunjungi saat ingin menghabiskan waktu liburan berharga Anda. Sebelumnya, tempat ini dijadikan sebagai pembangkit listrik untuk warga setempat, namun sekarang waduk ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata ini memiliki pemandangan alam yang memukau, dikelilingi dengan pepohonan rimbun dan tentunya memiliki udara yang segar. Waduk ini juga memiliki berbagai spesies ikan yang cukup melimpah, sehingga dimanfaatkan masyarakat untuk memancing. 

4. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Tempat wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan adalah Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali. Tempat dengan nuansa religi ini, tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin melakukan ziarah, karena selain mendapatkan ilmu Anda juga bisa memperoleh kekuatan religi. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung akan menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota. Anda juga akan dipandu oleh pengelola wisata yang ada di sini, sehingga pengetahuan juga bisa Anda peroleh. 

5. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Tempat wisata di Boyolali yang bisa Anda kunjungi  saat menghabisakan waktu liburan adalah dengan mengunjungi Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali. Tak sama dengan makam sebelumnya, letak Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali ini cukup jauh dari pusat kota, serta tak sembarangan pengunjung yang bisa mengakses tempat wisata ini. Bagi pengunjung yang datang, harus mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Anda juga bisa belajar seputar kisah hidup beliau kepada juru kunci makam, dan terdapat tembok tegak berisi silsilah Ki Ageng Kebo yang bisa Anda lihat. 

 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Boyolali: Air Terjun Watu Abang

6. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah Air Terjun Kedung Kayang. Selain memiliki tempat sarat akan religi, Boyolali juga memiliki wisata dengan pemandangan alam yang indah dan memesona. Wisata ini sudah sangat terkenal juga populer dikalangan wisatawan, karena air terjun ini diapit oleh Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Memiliki lokasi yang cukup jauh memang sangat melelahkan, namun terbayar dengan suasana sejuk yang ada di tempat ini.

7. Air Terjun Watu Abang 

Tempat wisata di Boyolali yang juga bisa Anda sambangi saat memilih liburan di Boyolali adalah Air Terjun Watu Abang. Memiliki lokasi yang tak jauh dari kota jogja, membuat tempat wisata ini layak dikunjungi. Menawarkan pemandangan alam yang indah dan memukau, membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Selain itu, suasana yang tenang dan angin yang sejuk, menjadikan tempat ini cocok untuk melepas penat dari banyaknya aktivitas. 

8. Air Terjun Semuncar

Tempat wisata di Boyolali yang juga bisa Anda kunjungi saat memilih untuk liburan di Boyolali adalah, mengunjungi Air Terjun Semuncar. Untuk sampai ke sini, ada dua jalur yang bisa ditempuh oleh wisatawan, yang pertama Anda melintasi area perkebunan warga sekitar, dan kedua melewati jalur Sungai Cipendok yang cukup terjal. Meskipun begitu, Anda tak akan menyesal karena tempat ini memiliki suasana alam indah, juga sangat asri. Tempat ini berlokasi di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali, tepatnya di antara lereng Gunung Merbabu. 

9. Agro Wisata Sapi Perah

Tempat wisata di Boyolali yang wajib dikunjungi saat Anda ingin menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan adalah Agro Wisata Sapi Perah. Boyolali memang terkenal dengan produksi susu sapi dan peternakan sapinya, maka sangat disayangkan jika Anda tak bisa mengunjungi tempat ini. Saat berkunjung, Anda bisa melihat dan belajar cara merawat sapi, yang tentu dipandu oleh pengelola wisata yang ada di sana. Jika Anda tertarik untuk memerah susu sapi, juga akan diarahkan sehingga Anda tak perlu khawatir. Tidak hanya susu sapi biasa, namun kamu juga bisa menikmati olahan-olahan susu sapi lainnya tentu dengan harga yang murah meriah. 

10. Umbul Tirto Mulyo

Tempat wisata di Boyolali yang wajib Anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan adalah Umbul Tirto Mulyo yang menawarkan berbagai spot foto menarik juga instagramable. Saat Anda berada di sini, maka cobalah untuk mandi dengan sensasi layaknya raja zaman dulu. Nuansa keraton juga sangat terasa di tempat ini, sehingga sangat nyaman jika Anda ingin bersantai sambil berendam. 

 

 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Boyolali: Watu Gajah

11. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Tempat wisata di Boyolali yang sudah sangat populer dan wajib dikunjungi saat liburan di Boyolali adalah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tempat ini akan sangat cocok bagi Anda yang suka mendaki, karena tempat ini selalu ramai dan tak pernah sepi pengunjung. Sering digunakan untuk melakukan camping dan pendakian, kamu juga harus berhati - hati karena gunung ini masih sangat aktif.  Gunung Merbabu berada di sebelah Gunung Merapi yang tentu memiliki pemandangan indah dan menawan sejauh mata memandang, sehingga perjuangan mendaki Anda tak akan sia - sia, namun hamparan luas dan hijau bisa Anda nikmati. 

12. Omah Bambu Merapi New Selo

Tempat wisata di Boyolali yang bisa Anda sambangi adalah Omah Bambu Merapi New Selo yang berlokasi di New Selo, Kabupaten Boyolali. Saat berada di sini, maka berbagai spot foto bisa Anda nikmati, tentu dengan ragam latar yang tersedia. Keindahan alamnya tentu tak bisa diragukan lagi ditambah udara yang sejuk dan juga asri, sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Keindahan lereng Gunung Merapi dari kejauhan bisa Anda nikmati, membuat pengunjung akan betah jika berlama - lama. 

13. Watu Gajah

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya yang tak kalah indah adalah Watu Gajah, di mana tempat ini merupakan sebuah perbukitan, sehingga Anda yang suka petualang wajib mampir di sini. Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi, sehingga perlu usaha yang cukup dari pengunjung wisata. Namun perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan eksotis, juga suanasa yang sejuk dan menenangkan. 

14. Tikungan Cinta

Tempat wisata di Boyolali berikutnya adalah Tikungan Cinta yang juga menawarkan pemadangan alam perbukitan. Tempat ini dikelilingi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi, membuat tempat ini semakin asri dan nyaman. Baragam spot foto menarik juga tersedia di sini, dengan latar bunga matahari yang memukau. Bagi pengunjung yang menyukai fotografi, Anda juga bisa menyalurkan bakat berharga Anda, karena tempat ini memiliki banyak spot yang potensial untuk dipotret dengan lensa kamera Anda. 

15. Candi Sari

Tempat wisata di Boyolali yang wajib dikunjungi adalah Candi Sari, di mana tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. Wisata dengan nuansa sejarah ini, sampai sekarang masih memeiliki histori yang sangat kenatal, sehingga menjadi rekomendasi menarik jika Anda datang bersama keluarga. Tempat ini juga ditemukan sekitar tahun 1978, di mana bukit yang ada menjadi sumber mata air yang menarik para wisatawan. Tempat ini terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

 

  

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Boyolali

16. Kampoeng Air Kragilan

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya yang wajib disambangi saat Anda ingin menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan adalah Kampoeng Air Kragilan. Tempat wisata ini adalah salah satu desa wisata yang tentu memiliki pemandangan alam indah dan memukau, karena alamnya masih sangat asri dan terjaga. Saat berada di sini, Anda bisa menikmati suara gemericik air yang turun dari bukit ini akan membuat liburanmu semakin bermakna juga seru.

17. Kebun Raya Indrokilo

Tempat wisata di Boyolali  yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Kebun Raya Indrokilo yang merupakan wisata baru di Boyolali. Tempat ini akan mudah diakses, karena jaraknya tak jauh dari pusat kota. Saat berkunjung, Anda akan melihat tujuh ikon yang tersebar, sehingga menjadi ciri khas dari objek wisata ini diantaranya, Gerbang Pasingsingan setinggi 12 meter, yang bentuknya terinspirasi dari monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei.

18. Bukit Gancik

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya yang masih menawarkan suasana perbukitan adalah Bukit Gancik. Tempat wisaat ini juga disebut negeri di atas awan, dan tak pernah sepi dari pengunjung wisata. Bagi pengunjung wisata, Anda bisa menikmati pesona alam dari jembatan kayu yang disediakan oleh pengelola, selain itu Anda akan merasakan sensasi bersepeda melalui seutas tali yang dibentangkan di atas awan. Wahana permainan di sini cukup memacu adrenalin, sehingga Anda yang takut bisa menikmati suasana alam sambil berswafoto. 

19. Lembah Gunung Madu

Tempat wisata di Boyolali selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat liburan adalah Lembah Gunung Madu, yang cukup populer serta instagramable. Terletak di kawasan perbukitan, membuat tempat ini memiliki panorama alamn yang sangat memanjakan mata pengunjung. Anda juga bisa melakukan hungting foto, dengan beberapa background yang mendukung, diantaranya ornament bangunan dan area taman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.