Sukses

7 Manfaat Daun Seri untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat daun seri berasal dari ekstrak tanaman daun seri.

Liputan6.com, Jakarta - Ada segudang manfaat daun seri atau daun kersen untuk kesehatan yang selama ini jarang diketahui. Kali ini bukan buah tanaman seri, tetapi daun tanaman seri. Ekstrak daun tanaman seri dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada tujuh manfaat daun seri untuk kesehatan yang perlu diketahui. Daun seri dipercaya mampu menstabilkan gula darah, menurunkan risiko penyakit kronis, mengobati masalah sakit kepala, meredakan batuk.

Kemudian mampu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga kardiovaskular. Mampu mengatasi masalah pencernaan dan mampu mempercepat penyembuhan luka. Manfaat daun seri ini bisa didapat dengan mengandalkan ekstrak daun seri.

Meski kandungan daun seri berhubungan erat dengan masalah kesehatan sebagaimana dijelaskan, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri untuk kesehatan ini masih sangat diperlukan. Ini karena penelitian manfaat daun seri untuk kesehatan manusia masih sangat terbatas.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang tujuh manfaat daun seri untuk kesehatan yang jarang diketahui, Selasa (18/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Seri untuk Kesehatan

1. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat daun seri untuk kesehatan adalah mampu menstabilkan gula darah. Adanya khasiat dari daun seri ini berasal dari kandungan saponin dan flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan.

Kedua zat ini berkaitan erat dengan insulin alamiah yang diperlukan tubuh. Mereka mampu menormalkan kadar gula darah di dalam tubuh manusia, terutama pada penderita diabetes.

Daun seri dipercaya mampu menstabilkan gula darah, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri untuk kesehatan ini masih perlu dilakukan.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat daun seri untuk kesehatan adalah mampu menurunkan risiko serangan penyakit kronis. Daun seri berhubungan erat dengan kandungan fitokimia yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Inilah mengapa kemudian manfaat daun seri untuk kesehatan mampu mencegah penyakit kronis dengan menjaga sistem imun. Ada pula yang menyebutkan antioksidan dalam daun seri mampu memperlambat penuaan organ tubuh.

Meski kandungan daun seri benar berkaitan dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri ini masih perlu dilakukan.

3. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat daun seri untuk kesehatan adalah mampu mengobati sakit kepala. Mengapa ini akan berhasil? Daun seri dikaitkan dengan adanya beragam senyawa flavonoid, tannin, triterpenoid, saponin, dan polifenol.

Adanya zat-zat tersebut menunjukkan aktivitas antioksidatif dan antimikroba. Inilah mengapa kemudian manfaat daun seri dipercaya dapat meringankan sakit kepala atau peradangan di dalam tubuh.

Daun seri dipercaya mampu mengatasi masalah sakit kepala, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri untuk mengatasi sakit kepala pada manusia ini masih perlu dilakukan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Seri untuk Kesehatan

4. Meredakan Batuk

Manfaat daun seri untuk kesehatan mampu meredakan batuk. Ini karena daun seri dipercaya memiliki sifat antivirus dan antioksidan. Daun seri juga dipercaya memiliki sifat antivirus sehingga dapat digunakan sebagai pereda batuk.

Adanya manfaat daun seri ini dikaitkan erat dengan antioksidan. Sifat antioksidan di dalam daun seri dipercaya mampu berperan sebagai zat antiperadangan.

Daun seri mampu meredakan masalah batuk, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri untuk meredakan masalah batu ini masih perlu dilakukan.

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun seri untuk kesehatan adalah mampu mencegah terjadinya risiko tekanan darah tinggi. Ekstrak daun seri ini dipercaya mampu mencegah hipertensi, tetapi tidak untuk masalah tekanan darah tinggi yang sudah parah dan menahun.

Jika mampu mencegah risiko tekanan darah tinggi, maka ini dapat dikaitkan pula dengan manfaat daun seri yang mampu meminimalkan risiko penyakit jantung, stroke, atau kardiovaskular.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri untuk mencegah tekanan darah tinggi hingga mengatasi kardiovaskular masih perlu dilakukan. Ini karena penelitian tentang daun seri masih sangat terbatas.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun seri untuk kesehatan adalah mampu mengatasi masalah pencernaan. Mengapa ini akan berhasil? Daun seri dikaitkan erat dengan sifat antibakteri yang bisa bantu atasi masalah pencernaan. 

Kemudian, ada flavonol, flavon, dan auron-nya bisa menjadi antibakteri penyebab masalah pencernaan. Inilah mengapa, manfaat daun seri untuk kesehatan dipercaya bisa menyembuhkan diare, otitis internal, dan keracunan makanan.

Daun seri mampu mengatasi masalah pencernaan, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri untuk kesehatan pencernaan ini masih perlu dilakukan. Itu artinya penelitian daun seri pada manusia masih sangat terbatas.

7. Menyembuhkan Luka

Manfaat daun seri untuk kesehatan dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka, dengan mempercepat proses pengeringan luka dan mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Daun seri mampu menyembuhkan luka, tetapi penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun seri ini masih perlu dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.