Sukses

14 Wisata di Cilacap yang Paling Hits, dari Pantai Hingga Curug

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Cilacap memiliki beragam destinasi yang menarik. Cilacap merupakan daerah Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Daerah ini menjadi tempat pertemuan dari budaya Jawa Banyumasan dengan Sunda.

Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik Cilacap bagi kebanyakan orang. Namun, Cilacap juga memiliki daya tarik lainnya terkait destinasi wisata. Beragam destinasi wisata alam Cilacap bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan.

Wisata di Cilacap terdiri dari pantai hingga curug yang menawan. Wilayah Cilacap yang berbatasan langsung dengan laut membuatnya memiliki banyak pantai untuk dikunjungi. Kamu bisa memilih destinasil liburan yang paling sesuai dengan keinginanmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/10/2022) tentang wisata di Cilacap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata di Cilacap

Pantai Teluk Penyu

Wisata di Cilacap yang pertama yaitu Pantai Teluk Penyu. Pantai Teluk Penyu merupakan pantai yang paling terkenal di Cilacap. Lokasi pantai ini juga sangat dekat dengan pusat kota yaitu hanya berjarak 2 km, membuat wisata di Cilacap ini mudah untuk disambangi. Pantai ini memiliki panorama senja yang sangat indah. Di seberang pantai, kamu akan disajikan dengan pemandangan hijau dari Pulau Nusakambangan. Walaupun kamu tidak akan menemukan penyu di sini, setidaknya semuanya akan terobati dengan pemandangan yang begitu memesona.

Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana adalah salah satu wisata Cilacap yang sangat indah di Pulau Nusakambangan. Wisata di Cilacap ini bisa ditempuh dengan perahu tradisional dari Pantai Teluk Penyu selama 15 menit. Tidak hanya itu, kamu perlu bertualang menyusuri hutan kurang lebih tiga jam perjalanan untuk bisa mencapai lokasi Pantai Kali Kencana. Jauhnya perjalanan akan terbayar lunas dengan hamparan pantai dengan pasirnya yang bersih.

Kemit Forest

Wisata di Cilacap juga menawarkan destinasi wisata kekinian yang instagramable. Tepatnya di Kemit Forest, kamu bisa seru-seruan menikmati pemandangan alam Cilacap dari atas gardu pandang. Selain itu, banyak terdapat spot foto yang asyik untuk dipajang di sosial media kamu. Mulai dari hutan pinus hingga sepeda gantung yang memacu adrenalin. 

Pantai Widarapayung

Pantai Widara Payung merupakan wisata di Cilacap yang dipagari pohon kelapa, sehingga menjadikan suasana di pantai ini sangat sejuk. Pantai ini terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun atau 35 km arah Timur dari kota Cilacap. Di Pantai Widarapayung ini juga telah disiapkan tenaga keamanan penjaga pantai demi terciptanya suasana aman bagi pengunjung.

3 dari 5 halaman

Wisata di Cilacap

Curug Mandala

Selain pantai, wisata di Cilacap juga menyimpan banyak keindahan curug atau air terjun yang menyegarkan. Salah satu curug tersebut adalah Curug Mandala. Sesuai dengan namanya, curug ini terletak di Desa Mandala. Medan yang dilalui untuk mencapai wisata di Cilacap ini memang lumayan sulit, sehingga kamu harus melakukan persiapan dengan matang bila ingin mengunjungi curug ini. Curug Mandala yang mengalir indah di antara bebatuan dan hijaunya pepohonan menawarkan salah satu panorama air terjun terindah di Cilacap.

Segara Anakan

Segara Anakan merupakan sebuah laguna yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Nusakambangan. Wisata di Cilacap ini bisa jadi destinasi menarik dengan ekosistem pantai hingga hutan bakau yang masih sangat alami. Dengan berbagai jenis tanaman bakau serta ikan-ikan sebagai pemandangan bawah lautnya, membuat kamu merasakan ketenangan selama berlibur di sini. Angin sepoi-sepoi dan pemandangan hijau Segara Anakan akan semakin menambah teduhnya suasana.

Pantai Kalipat

Berbanding terbalik dengan Pantai Kali Kencana yang membutuhkan perjalanan agak lama, Pantai Kalipat hanya membutuhkan waktu 1 jam perjalanan saja dari dermaga kedatangan. Wisata di Cilacap ini juga berlokasi di Pulau Nusakambangan dan tidak perlu menguras tenaga untuk mencapainya. Air laut di Pantai Kalipat ini sangat biru dan deburan ombak serta angin sepoi yang berhembus dapat membuatmu betah berlama-lama menikmati keindahannya.

4 dari 5 halaman

Wisata di Cilacap

Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem adalah salah satu tempat wisata di Cilacap yang menghadirkan objek bertema zaman kolonial Belanda. Benteng Pendem dulunya merupakan pusat pertahanan militer kolonial Belanda dari serangan musuh. Benteng ini sempat terkubur oleh timbunan pasir serta kondisinya tidak terawat. Namun pada tahun 1986, benteng ini mulai digali dan dijadikan objek wisata.

Waduk Kubangkangkung

Wisata di Cilacap berikutnya yang sayang dilewatkan adalah Waduk Kubangkangkung. Waduk Kubangkangkung ini merupakan waduk yang ternyata sudah ada sejak zaman Belanda. Dulunya, waduk buatan ini merupakan sumber cadangan air bersih. Kini, Waduk Kubangkangkung berkembang menjadi objek wisata yang seru untuk dikunjungi bersama keluarga. 

Pantai Ranca Babakan

Pantai Ranca Babakan merupakan pantai indah yang juga berlokasi di Pulau Nusakambangan. Pantai yang satu ini memang terbilang cukup jauh dari pusat Kota Cilacap. Membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 jam dari Pelabuhan Cilacap untuk bisa menuju ke dermaga pantainya. Namun, dari dermaga kamu hanya perlu trekking ringan selama 20 menit. Wisata di Cilacap ini terbilang unik karena letaknya agak menjorok ke dalam pulau, sehingga tidak perlu takut akan ancaman ombak besar. Air jernih dan pasir putih menjadi daya tarik utama Pantai Ranca Babakan yang sayang untuk dilewatkan.

5 dari 5 halaman

Wisata di Cilacap

Curug Cimendaway

Wisata di Cilacap berikutnya adalah Curug Cimendaway. Berbanding terbalik dengan Curug Mandala yang masih minim fasilitas. Curug Cimendaway memiliki fasilitas penunjang pariwisata yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat makan hingga sarana bermain flying fox. Curug ini juga memiliki mitos unik yaitu apabila ada pasangan yang datang berkunjung kemari katanya akan bisa berjodoh.

Gunung Selok

Gunung Selok merupakan wisata di Cilacap yang menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Saat berada di puncak Gunung Selok, kamu akan disajikan pemandangan sawah dan pantai Sodong yang memesona. Dii sini terdapat juga spot-spot foto instagramable yang cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Pantai Sodong

Wisata di Cilacap selanjutnya yaitu Pantai Sodong. Pantai yang satu ini memiliki panorama indah berupa perbukitan Gunung Selok yang megah. Deretan pohon cemara juga menjadi salah satu spot berfoto yang tidak boleh kamu lewatkan. Pantai Sodong merupakan salah satu pantai terbaik di Cilacap untuk menikmati suasana senja.

Pantai Kemiren

Pantai Kemiren merupakan wisata di Cilacap yang tak kalah memesona dengan pantai lainnya. Area sekitar pantai yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun membuat kamu bisa mengambil foto dari sudut mana saja. Namun, karena ombak yang cukup besar, kamu tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS