Sukses

25 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kulit, Menangkal Radikal Bebas

Manfaat air cucian beras, salah satunya menangkal radikal bebas.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air cucian beras sangatlah beragam untuk manusia. Bukan bulir beras yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, air cucian beras ternyata mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan kulit wajah, rambut bahkan juga tubuh. 

Selain manfaat air cucian beras yang memberikan manfaat baik untuk kecantikan, kandungan gamma-oryzanol yang terdapat dalam air cucian beras, mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 

Manfaat air cucian beras juga banyak digunakan untuk bahan dasar kosmetik, karena memberikan manfaat yang baik untuk wajah. Air cucian beras juga membantu melakukan perawatan secara alami, sehingga tidak menimbulkan efek samping jika penggunaanya tidak berlebihan. 

Berikut ini manfaat air cucian beras yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah

1. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

Dilansir The Epoch Times, beras termasuk bahan alami dengan kandungan vitamin B kompleks yang disebut inositol. Inositol berfungsi membantu merangsang pertumbuhan sel. Hal ini diperlukan untuk meremajakan kulit.

2. Menyehatkan Kulit dengan Memperlancar Peredaran Darah

Inositol juga sangat berguna untuk merangsang peredaran darah di area kulit. Peredaran darah yang lancar merupakan salah satu syarat kulit sehat. Jika sistem peredaran darah lancar, maka nutrisi dan oksigen akan didistribusikan secara merata ke seluruh bagian sel.

3. Meringkas Pori-Pori

Manfaat air cucian beras juga membantu mengecilkan pori - pori. Karena kandungan dalam air beras berperan dalam membantu meringkas pori-pori yang lebar.

4. Meredakan Iritasi dan Menenangkan Kulit Berjerawat

Manfaat air cucian beras juga membantu menenangkan kulit yang berjerawat dan iritasi. Karena kandungan allantoin yang ada di dalamnya.

5. Menangkal Radikal Bebas

Dilansir Allure, ferulic acid adalah antioksidan alami yang ditemukan pada kulit buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian seperti beras. Ferulic acid memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

6. Mencegah Pigmentasi (Penggelapan)

Air beras juga mengandung oryzanol, dan memiliki kandungan alami yang bisa mengurangi pigmentasi (penggelapan kulit)

7. Memudarkan Flek Hitam

Manfaat air cucian beras yang jarang diketahui adalah membantu memudarkan flek hitam. Kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat.

8. Memperbaiki Tekstur Kulit

Jika difermentasi, air beras akan memproduksi pitera. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya menjadikan kulit lebih bening bercahaya.

9. Meringankan Peradangan Kulit

Allantoin dan pitera juga bisa membantu dalam meringankan peradangan pada kulit. Jadi sangat baik digunakan sebagai air bilasan, toner, atau pendingin wajah.

10. Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan Dini

Inositol dan ferulic acid yang dalam air beras akan membantu menyamarkan garis halus juga kerutan yang muncul secara dini.

11. Memudarkan Bekas Luka

Air cucian beras juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka, Ini karena kandungan oryzanol dan pitera di dalamnya.

12. Mengatasi Kelebihan Minyak

Manfaat air beras yang terakhir adalah membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Dengan mencuci muka menggunakan air beras, makaakan membantu mengatasi minyak berlebih yang diproduksi oleh kulit wajah.

3 dari 4 halaman

Manfaat Cucian Air Beras untuk Rambut

13. Menyuburkan Rambut

Manfaat air cucian beras untuk rambut  adalah meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, jangan lupa gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner, dan bilas rambut dengan air beras hingga bersih. Kegiatan merawat rambut  ini cukup dilakukan dua kali seminggu.

14. Menjadikan Rambut Bercahaya

Manfaat air cucian beras lainnya adalah menjadikan rambut lebih bercahaya. Cukup dengan campuran air beras juga air mawar untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi, dan diamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut.

15. Mengatasi Ketombe

Kulit rambut dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Oleh sebab itu, membilas kulit kepala dengan air beras cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit.

16. Menghilangkan Kutu

Manfaat air cucian beras yang tidak banyak banyak diketahui adalah membunuh kutu rambut juga larvanya. Gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam dan bilas rambut.

17. Mengatasi Rambut Bercabang

Manfaat air beras untuk rambut juga dapat mengatasi rambut bercabang. Hanya dengan mencelupkan ujung rambut pada semangkuk air cucian beras. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tubuh juga Wajah Berjerawat

18. Menyehatkan dan Mendinginkan Kulit

Air rendaman beras sangat bermanfaat untuk mendinginkan kulit yang sedang  iritasi, berjerawat, dan eczema.

19. Menjadikan Kulit Kenyal

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2013, air cucian beras yang sudah difermentasi bisa membantu untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak, serta mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi kenyal.

20. Mengatasi Kulit Kering

Air beras berguna juga untuk meringankan iritasi pada kulit kering yang disebabkan oleh natrium laurel sulfat.

21. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultra Violet

Menurut studi yang dilakukan di tahun 2016, air cucian beras bisa menjadi tabir surya yang efektif jika dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan lain.

Beberapa manfaat air beras juga sangat berkhasiat bagi kulit wajah yang berjerawat, di antaranya:

22. Dapat mengatasi kelebihan minyak di kulit.

23. Mampu menyehatkan kulit wajah.

24. Dapat meringankan peradangan pada kulit yang berjerawat atau inflamasi.

25. Serta ampuh dalam memudarkan bekas jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.