Sukses

10 Manfaat Penghijauan untuk Perkotaan, Bersih dan Bebas Polusi

Manfaat penghijauan untuk perkotaan, salah satunya bebas polusi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat penghijauan memberikan kesan segar juga memperindah pemandangan tempat-tempat umum. Dengan adanya penghijauan yang dilakukan, mampu memberikan banyak manfaat bagi lingkungan. Pohon-pohon yang ditanam akan mengatasi polusi kendaraan serta memberikan suplai oksigen yang baik bagi manusia.

Manusia selalu tergantung dengan keberadaan pohon, begitu juga sebaliknya. Masing-masing dari keduanya memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Manfaat penghijauan tentunya dari pohon memberikan kehidupan serta berbagai sumber daya untuk manusia, dan sebaliknya manusia yang menjaga serta merawat pohon.

Dengan adanya manfaat penghijauan, peran manusia dalam menjaga lingkungan bisa terlihat. Penghijauan bisa dilakukan dengan menerapkan gerakan menanam pepohonan. Manfaat penghijauan tidak hanya sampai di situ. Masih banyak manfaat penghijauan yang bisa dirasakan oleh lingkungan, khususnya manusia, dikutip dari Conserve Energy Future. 

Berikut ini manfaat penghijauan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Penghijauan

Penghijauan sangat diperlukan di kota-kota besar, dengan adanya program penghijauan, manfaat yang akan diperoleh antara lain sebagai berikut:

1. Pemandangan Lebih Baik 

Manfaat penghijauan, memberikan manfaat untuk kesehatan serta dengan adanya penghijauan ini dapat mengubah pemandangan menjadi lebih indah dan segar. Pemandangan yang menampilkan pepohonan hijau membuat mata menjadi lebih rileks juga pikiran menjadi lebih segar. Hal ini juga dinilai bisa berguna untuk meredakan stres. Dengan melakukan penghijauan, bisa menjadi sarana melestarikan lingkungan, agar kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran

2. Sebagai Pupuk Alami 

Manfaat penghijauan berikutnya adalah sebagai pupuk alami. Tidak perlu repot  mencari pupuk kompos, karena bisa mengumpulkan sampah dedaunan untuk digunakan sebagai pupuk alami. Dengan melakukan penghijauan, manusia bisa mendapatkan manfaat dari hal tersebut. 

3 dari 5 halaman

Manfaat Penghijauan

3. Mencegah Erosi

Manfaat penghijauan yang berikutnya adalah mencegah erosi tanah. Penghijauan sendiri dilakukan sebagai sarana pencegah terjadinya bencana banjir dan erosi tanah. Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya. Namun ketika Tanah yang tandus dan tidak ada pepohonan, akan mengalami angin kencang yang kemudian membawa partikel-partikel besar dan  berdampak negatif pada kualitas udara.

4. Kualitas Udara

Manfaat penghijauan sangat berguna untuk kualitas udara. Dengan adanya penanaman pohon tidak hanya memurnikan karbon dioksida, tetapi sangat  berguna untuk memurnikan emisi rumah kaca. Pohon dapat menjebak partikel tanah di udara sehingga menghasilkan kualitas udara yang lebih baik. Manfaat penghijauan dengan adanya pepohonan, membuat kualitas udara menjadi lebih baik. Pohon juga memainkan peran penting dalam memurnikan udara. Orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan memiliki risiko lebih besar menderita kondisi yang berhubungan dengan udara. Dengan adanya penghijauan memiliki kemungkinan menurunkan suhu di suatu tempat. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat lingkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

4 dari 5 halaman

Manfaat Penghijauan

5. Pengontrol Iklim 

Manfaat penghijauan berfungsi sebagai pengontrol iklim. Dengan adanya polusi udara dapat menyebabkan perubahan iklim. Oleh sebab itu dengan adanya penghijauan, pohon-pohon yang ditanam dapat menetralisir udara yang tercemar sehingga iklim yang terjadi tidak terlalu ekstrim. Seiring waktu, bumi semakin tua dan kondisinya juga diperparah dengan berbagai aktivitas manusia. Pemanasan global adalah contoh perubahan iklim nyata yang sudah dirasakan oleh manusia.

6. Menciptakan Ekosistem

Manfaat penghijauan mampu menciptakan  ekosistem dengan menanam pepohonan di lahan tandus. Menanam pohon di hutan yang menipis bertujuan untuk membantu memulihkan ekosistem di daerah tersebut. Sebagian besar lembaga yang bergerak di bidang lingkungan menggunakan langkah penghijauan untuk membantu mengembalikan daerah kering menjadi daerah produktif. Sedangkan ketika penanaman pohon dilakukan di tanah tandus, bisa membantu menciptakan ekosistem baru.

7. Mengurangi Pencemaran

Dengan penghijauan dapat mengurangi pencemaran terutama pencemaran. Hal ini dikarenakan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor dan asap diserap oleh daun-daun pepohonan hijau tersebut. Oleh pohon karbondioksida diubah menjadi oksigen, yang sangat dibutuhkan manusia untuk bernafas. Selain memberikan manfaat kesehatan dan juga manfaat bagi makhluk hidup lainnya, adanya penghijauan dapat mengubah pemandangan menjadi lebih indah dan segar. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Penghijauan

8. Mencegah Terjadinya Banjir

Manfaat penghijauan selanjutnya yaitu dengan penghijauan dapat mencegah terjadinya banjir. Pepohonan yang ditanam mempunyai akar yang berfungsi sebagai penyerap air dan menyimpannya di dalam tanah. Oleh sebab itu, air yang terserap akan terkunci di dalam tanah. Hal ini dapat  mengecilkan resiko terjadinya banjir

9. Memperbaiki Kualitas Air

Manfaat penghijauan sangat berguna untuk manusia, karena dengan adanya penghijauan dapat memperbaiki kualitas air. Manusia dan hewan bergantung sangat pada air bersih untuk bertahan hidup. Meskipun sebagian besar upaya untuk memulihkan daerah aliran sungai sudah ada, namun penghijauan memainkan peran utama dalam menciptakan daerah aliran sungai baru.Dengan melakukan penanaman pohon dapat membantu meningkatkan daerah aliran sungai dari daerah kering dan semi kering.

10. Pelestarian Satwa Liar 

Manfaat penghijauan berguna untuk pelestarian satwa liar. Karena ketika  hutan mulai berkurang pepohonan, jumlah satwa liar juga ikut berkurang. Hewan liar adalah yang paling menderita ketika manusia menyerang dan menghabisi hutan dan habitat mereka yang lain.Untuk kondisi yang lebih ekstrem, sebagian besar jenis hewan akan punah. Dengan melakukan penanaman pohon dapat membantu memastikan bahwa ada cukup tempat tinggal bagi kehidupan liar. Dengan keberadaan banyak pohon juga berarti banyak jenis binatang atau satwa yang akan terlindungi, baik dari segi ketersediaan makanan ataupun tempat tinggalnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.