Sukses

15 Cara Mengobati Batuk Kering dan Berdahak Secara Alami, Tanpa Konsumsi Obat

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara mengobati batuk kering maupun berdahak secara alami di rumah. Batuk pada dasarnya adalah cara tubuh untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari dahak maupun pemicu iritasi lainnya.

Meski bertujuan melindungi tubuh, tapi batuk yang tak kunjung sembuh bisa begitu mengganggu. Batuk tersebut perlu disikapi dengan tepat, agar tidak mengganggu aktivitas dan tidak berkembang menjadi kondisi yang akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti penurunan nafsu makan, lemas, sakit kepala, insomnia, hingga luka pada tenggorokan.

Secara umum batuk yang menyerang dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni batuk berdahak dan batuk kering. Dua jenis batuk ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, asam lambung naik, maupun menjadi gejala penyakit tertentu.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara mengobati batuk kering dan berdahak secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Batuk Berdahak

1. Perbanyak asupan cairan

Untuk membantu mengencerkan dahak, anda dapat mengonsumsi banyak cairan yang mungkin bermanfaat untuk mengatasi gejala adalah air putih hangat, teh hangat, sup, jus buah, dan lainnya. Tetap terhidrasi sangat penting ketika melawan infeksi. Ini juga menjaga tenggorokan dari kekeringan dan menjadi iritasi atau meradang. Anda perlu untuk minum setidaknya 10 gelas air per hari.

2. Mandi air hangat

Cara mengobati batuk berdahak berikutnya adalah dengan mandi air hangat. Mandilah dengan air hangat agar kamar mandi dipenuhi uap. Berendam atau sekadar diam beberapa menit di dalam ruangan penuh uap bermanfaat bagi tubuh anda yang tengah mengalami batuk berdahak dan gangguan pernapasan.

Mandi uap dapat membantu melembapkan saluran udara bagian atas. Ini juga dapat membantu memecah lendir di dada. Cobalah untuk tetap mandi atau di kamar mandi beruap setidaknya selama lima menit. Jangan lupa untuk minum segelas air setelahnya untuk "mendinginkan” tubuh dan mencegah dehidrasi.

3. Hirup uap air panas

Selain mandi air hangat, anda juga dapat menghirup uap dari mangkuk yang telah dipenuhi air panas. Cara mengobati batuk berdahak ini dilakukan dengan memposisikan wajah di atasnya dan tutupi kepala dengan handuk. Hirup uap panas yang muncul selama beberapa menit. Jika uap terasa terlalu panas pada wajah, segera hentikan.

4. Humidifier

Cara mengobati batuk berdahak berikutnya yaitu dengan menggunakan humidifier. Humidifier akan membantu memproduksi udara yang lembap. Ini sangat membantu di malam hari, ketika tenggorokan mengering secara alami. Tenggorokan kering lebih rentan terhadap iritasi dan peradangan. Dengan humidifier dahak di saluran pernapasan menjadi lebih tipis dan lebih mudah keluar dari paru-paru.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

5. Madu

Menggunakan madu adalah salah satu cara mengobati batuk berdahak paling efektif. Selain mengonsumsi banyak air putih, anda bisa konsumsi madu. Madu adalah bahan alami yang sering dijadikan sebagai obat batuk berdahak.

Manfaat tersebut dimiliki madu, karena penelitian membuktikan bahwa produk lebah tersebut memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Uji klinis kecil juga menemukan bahwa makan 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk dan mendorong tidur nyenyak pada anak-anak.

6. Minum air lemon

Salah satu buah yang kerap digunakan untuk meredakan batuk adalah lemon. Jadi, salah satu cara mengobati batuk berdahak bisa anda lakukan dengan minum air lemon. Caranya cukup mudah, anda bisa memeras lemon dan menuangkannya ke air hangat, lalu minum secara rutin.

7. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengobati dahak yang menggantung di belakang tenggorokan. Larutan garam juga dapat membunuh kuman dan meredakan sakit tenggorokan.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak

8. Vitamin C

Cara mengobati batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan mencukupi kebutuhan vitamin C. Dosis besar vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi virus lebih cepat. Cobalah makan jeruk atau buah-buahan lainnya dua kali sehari sampai gejala membaik.

9. Tinggikan kepala ketika tidur

Jika lendir di tenggorokan begitu banyak sampai menyebabkan gangguan tidur, cobalah untuk meninggikan kepala saat rebahan dengan menggunakan beberapa bantal. Cara mengobati batuk berdahak ini dapat membantu mengeluarkan dahak dan mencegah munculnya refleks batuk, sehingga tidur malam anda tidak akan terganggu.

10. Jauhkan bahan kimia

Saat batuk, anda perlu menghindari bahan kimia iritan. Bahan tersebut merupakan bahan yang karena reaksi kimia dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan. Biasanya, iritan terdapat pada pengharum ruangan atau asap rokok. 

11. Sup ayam

Sup ayam adalah obat pereda flu alami yang dapat membantu mengobati batuk dan pilek. Kombinasi antara kuah hangat, uap, rempah-rempah, garam dapat membantu mengobati batuk secara alami sekaligus melawan infeksi flu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering

12. Menthol

Cara mengobati batuk kering yang pertama adalah dengan menggunakan menthol. Obat batuk tradisional berbasis menthol dapat mendinginkan tenggorokan yang meradang, menenangkan tenggorokan yang teriritasi, dan melemaskan refleks batuk.

13. Kunyit

Cara mengobati batuk kering yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi kunyit. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang potensial sebagai bahan anti-peradangan, antivirus, dan antibakteri alami. Tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk dan sejumput lada hitam ke dalam secangkir minuman hangat.

14. Jahe

Cara mengobati batuk kering yang berikutnya adalah dengan jahe. Selain kunyit, jahe juga mengandung zat antibakteri dan antiperadangan alami. Cukup seduh beberapa ruas jahe ke dalam air hangat. Tambahkan madu agar wedang jahe lebih nikmat dan ampuh untuk obat batuk kering.

15. Minyak kayu putih

Aromaterapi dari minyak kayu putih juga bisa membantu menenangkan batuk kering. Tambahkan kayu putih ke dalam difuser atau oleskan minyak kayu putih agar pernapasan lebih lega, terutama di malam hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS