Sukses

8 Penyebab Liver Bermasalah, Ketahui Jenis Penyakitnya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab liver bermasalah penting diketahui. Liver atau hati merupakan organ penting yang berperan menghilangkan limbah, menyerap nutrisi, dan menyembuhkan luka. Tanpa liver yang berfungsi baik, metabolisme tubuh akan terganggu. 

Ada banyak jenis penyakit liver. Biasanya, penyebab liver bermasalah sering ditandai dengan gejala seperti penyakit kuning. Secara umum, ada beberapa penyebab liver bermasalah. Penyebab liver bermasalah ini seperti faktor genetik, infeksi, hingga gaya hidup.

Penyebab liver bermasalah tentunya perlu diwaspadai. Mengetahui penyebab liver bermasalah bisa membantu menghindari faktor risikonya. Berikut penyebab liver bermasalah dan jenis penyakitnya, dirangkum Liputan6.com dari Healthline dan Mayo Clinic, Rabu(9/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Jenis penyakit liver

Sebelum mengetahui penyebab liver bermasalah, ada baiknya mengetahui jenis penyakit liver yang bisa terjadi. berikut jenis penyakit liver:

Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit peradangan pada hati yang disebabkan infeksi virus. Hepatitis dapat menyebabkan kerusakan hati, sehingga membuat hati sulit berfungsi sebagaimana mestinya. Sebagian besar jenis virus hepatitis menular. Ada lima jenis virus hepatitis yang meliputi hepatitis A, B, C, D, dan E.

Penyakit hati berlemak

Penumpukan lemak di hati dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Ada dua jenis penyakit hati berlemak yang meliputi penyakit hati berlemak alkoholik dan penyakit hati berlemak nonalkohol. Kedua jenis ini dapat bermanifestasi sendiri, atau dapat tumpang tindih.

Penyakit hati akibat obat

Obat-obatan dan suplemen tertentu dapat menjadi penyebab liver bermasalah. Kondisi ini kerap disebut penyakit hati akibat obat. Sering kali, kerusakan ini dapat dipulihkan setelah berhenti minum obat. Namun jika terus berlanjut, kerusakannya bisa menjadi kronis.

Kanker

Jenis kanker hati yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler. Ini cenderung berkembang sebagai beberapa bintik kecil kanker di hati, meskipun itu juga bisa dimulai sebagai tumor tunggal. Komplikasi penyakit hati lainnya, terutama yang tidak diobati, dapat berkontribusi pada perkembangan kanker hati.

Sirosis

Sirosis mengacu pada jaringan parut yang dihasilkan dari penyakit hati dan penyebab lain dari kerusakan hati, seperti gangguan penggunaan alkohol. Pada tahap awal, sirosis sering dapat diobati dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya. Tetapi tanpa perawatan, itu dapat menyebabkan komplikasi lain dan mengancam jiwa.

Gagal hati

Gagal hati kronis biasanya terjadi ketika sebagian besar hati rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Umumnya, gagal hati yang berhubungan dengan penyakit hati dan sirosis terjadi secara perlahan.

 

3 dari 7 halaman

Penyebab liver bermasalah

Infeksi

Penyebab liver bermasalah yang paling sering ditemukan adalah infeksi virus atau parasit. Parasit dan virus dapat menginfeksi hati, menyebabkan peradangan yang mengurangi fungsi hati. Virus yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar melalui darah atau air mani, makanan atau air yang terkontaminasi, atau kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Infeksi umum pada liver adalah hepatitis. Ada lima jenis virus hepatitis yang meliputi hepatitis A, B, C, D, dan E.

Kelainan sistem kekebalan tubuh

Masalah kekebalan tubuh dapat menjadi penyebab liver bermasalah. Kondisi ini disebut sebagai kondisi automiun. Kondisi autoimun membuat sistem kekebalan secara keliru menyerang sel-sel sehat di tubuh. Beberapa kondisi autoimun bisa melibatkan sistem kekebalan yang menyerang sel-sel di hati. Kondisi autoimun yang menyebabkan liver bermasalah di antaranya adalah hepatitis autoimun, Sirosis bilier primer, dan Kolangitis sclerosing primer.

4 dari 7 halaman

Penyebab liver bermasalah

Genetik

Gen abnormal yang diwarisi dari satu atau kedua orang tua dapat menyebabkan berbagai zat menumpuk di liver, yang mengakibatkan kerusakan liver. Penyakit liver genetik meliputi Hemochromatosis yang menyebabkan ubuh menyimpan lebih banyak zat besi daripada yang dibutuhkan, Penyakit Wilson yang menyebabkan liver menyerap tembaga alih-alih melepaskannya ke saluran empedu, kekurangan alfa-1 antitrypsin (AT) yang membuat liver tidak dapat membuat cukup antitripsin alfa-1, protein yang membantu mencegah kerusakan enzim di seluruh tubuh, dan Hyperoxaluria yang menyerang ketika urin memiliki terlalu banyak bahan kimia yang disebut oksalat.

Kanker dan tumor

Kanker liver bisa pertama muncul di liver. Jika kanker dimulai di tempat lain dan menyebar ke liver, itu disebut kanker liver sekunder. Kanker ini dapat lebih mungkin muncul pada penderita hepatitis atau minum alkohol terlalu banyak.

Penyakit liver yang disebabkan kanker lainnya adlaha kanker saluran empedu. Kanker ini menyerang saluran yang mengalir dari liver ke usus kecil untuk membawa empedu. Sementara itu jenis tumor yang menyebabkan penyakit liver aadalah Adenoma sel liver. Jenis tumor ini jarang terjadi, etapi wanita yang minum pil KB untuk waktu yang lama lebih rentan mengalaminya.

5 dari 7 halaman

Penyebab liver bermasalah

Penyalahgunaan alkohol

Penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan sirosis. Begitu juga penyakit liver berlemak nonalkohol dan kasus hepatitis B dan C. jangka panjang.

Overdosis obat

Minum terlalu banyak acetaminophen atau obat lain dapat membahayakan liver. Pastikan mengikuti petunjuk dosis pada label, dan ketahuilah bahwa acetaminophen mungkin ada dalam lebih dari satu obat yang Anda minum.

6 dari 7 halaman

Penyebab liver bermasalah

Kolesterol tinggi

Kolesterol dari makanan kebanyakan berakhir di hati. Jika mengonsumsi terlalu banyak lemak kolesterol, ini dapat meningkatkan risiko penyakit hati berlemak. Kolesterol tinggi juga dapat mengubah penyakit hati berlemak (steatosis) menjadi kondisi yang lebih serius dan terkadang fatal yang dikenal sebagai steatohepatitis nonalkohol.

Diabetes

Diabetes terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi, termasuk penyakit liver. Orang dengan diabetes tipe 2 berisiko mengalami beberapa kondisi terkait hati, termasuk penyakit hati berlemak nonalkohol, jaringan parut hati yang parah, kanker hati, dan gagal hati.

7 dari 7 halaman

Faktor risiko penyebab liver bermasalah

Selain penyebab liver bermasalah di atas, ada sejumlah faktor risiko lain yang bisa meningkatkan risiko penyakit liver. Berikut faktor risiko penyebab liver bermasalah:

- Obesitas

- Paparan bahan kimia atau racun tertentu

- Berbagi jarum suntik atau tato

- memiliki pekerjaan yang berisiko terkena darah dan cairan tubuh lainnya

- berhubungan seks tanpa menggunakan perlindungan terhadap infeksi menular seksual

- terpapar racun atau pestisida

- mengonsumsi suplemen atau herbal tertentu, terutama dalam jumlah besar

- mencampur obat-obatan tertentu dengan alkohol

- mengambil lebih dari dosis obat tertentu yang direkomendasikan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS