Sukses

Apa Itu Naraciaga? Begini Cara Kerja dan Asal-Usulnya

Naraciaga adalah perintah instan yang digunakan untuk memeroleh banyak respon.

Liputan6.com, Jakarta Mengenal apa itu naraciaga adalah perintah instan yang digunakan untuk memeroleh banyak respon dari pengguna Instagram atau top comment. Maka tak heran bila apa itu naraciaga kerap muncul di kolom komentar media sosial Instagram.

Dalam bot atau perintah instan apa itu naraciaga, biasanya ditandai dengan banyaknya respon suka atau like. Memiliki sebutan perintah instan karena banyaknya respon yang diterima penulis naraciaga bukan dari pengguna Instagram yang lain. Apa itu naraciaga, responnya berasal dari robot digital (bot).

Praktik apa itu naraciaga mirip dengan bot atau NPC di game online seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan seterusnya. Keberadaan apa itu naraciaga tak lain untuk mendapat respon banyak dari pengguna Instagram. Persis seperti yang sudah dijelaskan, apa itu naraciaga membuat unggahan di Instagram mendapat alogaritma yang tinggi.

Tak bertahan lama, tren menggunakan istilah apa itu naraciaga untuk meningkatkan alogaritma di Instagram sudah tidak bisa digunakan lagi. Itu artinya, apa itu naraciaga oleh pengguna Instagram sudah tidak bisa memberikan respon. Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas tentang apa itu naraciaga lebih dalam, Senin (29/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Apa Itu Naraciaga

Apa itu naraciaga adalah istilah yang biasanya dituliskan pada kolom komentar di media sosial Instagram. Apa itu naraciaga adalah cara kerjanya dilakukan untuk mendapatkan banyak like dan comment dari pengguna lainnya. Apa itu naraciaga dituliskan dengan mengharapkan respons tinggi dari pengguna Instagram lainnya.

Cara kerja apa itu naraciaga adalah biasanya ditulis pada caption atau keterangan foto dan video, serta kolom komentar hingga menjadi top comment. Apa itu naraciaga adalah kode yang awalnya disusun dari gabungan skrip dan fungsi dari akun pengguna. Pada awal kemunculan Beta Instagram, apa itu naraciaga adalah bisa berfungsi dengan baik.

Inilah mengapa kata-kata atau istilah naraciaga kerap bersliweran di Instagram. Bukan berasal dari pengguna asli, Memiliki sebutan perintah instan karena banyaknya respon yang diterima penulis naraciaga bukan dari pengguna Instagram yang lain. Apa itu naraciaga, responnya berasal dari robot digital (bot).

Praktik apa itu naraciaga mirip dengan bot atau NPC di game online seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan seterusnya. Namun, perlu diketahui menuliskan naraciaga ini sudah tak berfungsi lagi. Penyebabnya, keberadaannya dibuat untuk menguji coba Algoritma Instagram.

3 dari 4 halaman

Mengenal Perkembangan Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang tengah digandrungi banyak orang. Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari anak-anakl hingga orangtua. Mulai dari pelajar hingga pebisnis. Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini makin meroket popularitasnya hingga mampu disamakan dengan Facebook dan Twitter.

Fitur-fitur menarik seperti filter, Instagram Story, IGTV, Reels, dan kemudahan berjejaring lainnya membuat pesona Instagram mampu melekat di hati penggunanya. Saat diluncurkan untuk pertama kali pada 2010 silam Instagram mengklaim telah memiliki 25.000 orang pendaftar akun.

Pada Juni 2018, Instagram resmi mengumumkan bahwa mereka sudah mengantongi satu miliar pengguna dari seluruh dunia. Jumlah ini jelas terbilang sangat besar dengan peningkatan yang signifikan, mengingat pada September 2017 mereka masih memiliki 800 juta pengguna.

Demikian, hanya dalam waktu beberapa bulan, media sosial berbagi foto dan video milik Facebook ini mampu meraup pertumbuhan 200 juta pengguna baru. CEO dan pendiri Instagram Kevin Systrom pun memberikan tanggapannya terhadap jumlah pengguna Instagram yang sebegitu besar. Menurutnya, pencapaian ini adalah hal yang sangat menakjubkan.

Namun demikian, Kevin tak mengungkap alasan di balik pertumbuhan pesat pengguna baru ini. Kalau pada tahun lalu, pertumbuhan pengguna baru dipicu oleh peluncuran fitur Instagram Stories. Bisa jadi, pertumbuhan pengguna baru ini disebabkan beberapa fitur anyar yang meluncur di Instagram belakangan ini, seperti kehadiran fitur GIF, Emoji Slider, serta polling di Instagram Stories.

4 dari 4 halaman

Fungsi Media Sosial Seperti Instagram

1. Tempat Bersosialisasi

Fungsi media sosial bagi remaja yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai tempat bersosialisasi. Tak perlu dipungkiri, media sosial membuat masyarakat menjadi terhubung. Baik itu dekat maupun terbentang oleh jarak dan waktu.

Bahkan, kalian juga memiliki koneksi dengan berbagai orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal ini cukup baik bagi kalian yang ingin bersosialisasi lebih luas. Kalian juga tak perlu repot pergi ke sana ke mari, cukup dengan satu sentuhan saja kalian bisa saling terhubung.

2. Tempat Banyak Ide Kreatif

Fungsi media sosial berikutnya bisa menjadi tempat ditemukannya banyak ide kreatif. Mengikuti arahan dari ilmuwan atau guru memang membuat kalian semakin pintar. Hal itu juga bisa membuat kalian menjadi lebih ahli dan paham pada bidang tersebut.

Akan tetapi, kalian juga bisa menemukan banyak ide kreatif di media sosial. Banyak sekali inovasi-inovasi baru yang bermunculan dalam media sosial. Tak jarang pula, kalian bisa mendapatkan tips, trik, petunjuk, materi hingga tutorial di media sosial. Kalian hanya perlu mencari dan menemukan ide-ide tersebut.

3. Buka Usaha Bisnis

Tak bisa dipungkiri juga, fungsi media sosial yang sangat menguntungkan adalah sebagai sarana membuka usaha bisnis. Rata-rata setiap bisnis saat ini sebaiknya memiliki akun media sosial. Hal ini bertujuan mempermudah konsumen melihat produk apa saja yang dijual. Tak hanya itu, dengan adanya media sosial para konsumen juga bisa mengenal lebih detail produk yang ingin dibelinya.

Untuk itu, setiap usaha bisnis kini harus memiliki satu atau empat halaman di media sosial. Ini juga digunakan untuk melayani segala jenis pembeli. Tentu saja, dengan adanya media sosial sangat membantu kalian membangun usaha bisnis.

4. Ajang Promosi

Selain sarana membuka bisnis usaha, fungsi media sosial juga bisa menjadi ajang promosi. Membuka usaha bisnis tentu tak luput dari ajang promosi. Baik itu secara lisan maupun melalui siber. Salah satu ajang promosi yang banyak digunakan yakni melalui media sosial.

Di media sosial ini, kalian bisa mempromosikan produk atau jasa apapun itu. Laman ini juga mempermudah kalian dalam prosesnya. Oleh karena itu, saat ini media sosial banyak sekali bermunculan iklan atau ajang promosi suatu produk dan jasa. Baik itu di Instagram, Facebook hingga Twitter.

5. Tempat Kabar dan Info Terkini

Setiap hari biasanya akan ada sesuatu yang terjadi di dunia. Mau itu kabar baik ataupun kabar buruk. Tak bisa dielak, berita terbaru tersebut cepat menyebar melalui media sosial.

Bahkan tak jarang, berita terbaru lebih up to date di media sosial. Sayang, di sisi lain juga ada saja berita yang tumpang tindih dengan kabar sebenarnya. Untuk itu, sebagai pengguna media sosial ada baiknya kalian bisa memilih berita mana saja yang tepat.

6. Saling Bantu Sesama

Kemudian media sosial juga bisa dijadikan sarana memerangi kejahatan ataupun saling membantu sesama. Seperti diketahui bersama, kejahatan di media sosial ada begitu banyak dan tak sedikit para penggunanya yang menjadi korban. Menggunakan media sosial dengan hati-hati bisa menjadi salah satu cara memerangi kejahatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.