Sukses

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Vs Telegram, Ketahui Keamanannya

Liputan6.com, Jakarta Seiring kemajuan dan perkembangan teknologi, berkomunikasi jadi lebih mudah dan cepat. Salah satunya melalui aplikasi kirim pesan instan seperti WhatsApp dan Telegram. Kedua aplikasi ini sangat populer dan hampir digunakan di seluruh belahan dunia.

Lantas, apa kekurangan WhatsApp dan Telegram yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya? Meski banyak digunakan, ada beragam kekurangan WhatsApp dan Telegram yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kekurangan WhatsApp dan Telegram beberapa di antaranya menyangkut perihal keamanan data pribadi yang mungkin bisa disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Meski begitu, pihak WhatsApp dan Telegram berusaha untuk memberi yang terbaik untuk penggunanya. Berikut ini, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja kekurangan WhatsApp dan Telegram yang perlu diketahu, serta berbagai kelebihan yang dimiliki, Selasa (12/1/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kekurangan Whatsapp

Walaupun WhatsApp merupakan salah saatu aplikasi yang paling banyak digunakan, ada beberapa kelemahan WhatsApp yang perlu diketahui dan penting untuk diwaspadai. Berikut kelemahan WhatsApp antara lain:

1. Risiko Peretasan Akun

Salah satu kekurangan WhatsApp justru berasal dari kemudahan yang ditawarkan. Pasalnya, mendaftar akun WhatsApp memang sangat mudah, bahkan cukup dengan smartphone, sambungan internet, dan nomor ponsel. Sayangnya, hal tersebut bisa sangat merugikan karena akun WhatsApp berpotensi besar untuk diretas orang lain dengan mudah.

Bahkan, risiko peretasan tersebut semakin meningkat jika Anda mengganti nomor yang digunakan. Anda juga akan kehilangan akses pada group dan chat.

 

2. Penggunaan Data yang Besar

Kekurangan WhatsApp selanjutnya dikarenakan aplikasi ini butuh penggunaan data yang cukup besar. Memang, untuk fitur chat tidak terlalu besar, namun saat ada video yang masuk di chat dan kerap menontonnya, bisa membuat kuota jadi boros. Selain itu, kebiasaan untuk melihat status WhatsApp yang berupa video, juga berpotensi membuat kuota banyak terpakai.

 

3. WhatsApp Web yang Merepotkan

Mengapa merepotkan? Pasalnya, WhatsApp Web jadi semacam sebuah remote control untuk mengendalikan WhatsApp yang ada di smartphone. Sayangnya, ketika smartphone yang digunakan tidak terhubung dengan internet maka WhatsApp Web juga secara otomatos akan tidak dapat digunakan.

 

4. Data Tidak Tersimpan dengan Aman

Berbagao kemudahan yang ditawarkan WhatsApp memberi risiko lain, salah satunya perihal data pribadi yang berisiko tersebar. Data WhatsApp pada versi Android tersimpan di partisi publik yang bisa dengan mudah diakses oleh semua aplikasi file manager. Padahal, di dalam folder tersebut mungkin saja tersimpan berbagai semua gambar dan video yang berada di akun WhatsApp milik Anda.

3 dari 5 halaman

Kelebihan WhatsApp

Selain dari sisi kekurangan, ada beragam kelebihan WhatsApp yang patut diketahui. Pasalnya, kelebihan WhatsApp ini menjadi magnet tersendiri bagi para penggunanya. Adapun kelebihan WhatsApp antara lain:

1. Mudah Digunakan

Kelebihan WhatsApp yang satu ini tentu tidak bisa dipungkiri lagi. Mungkin kelebihan WhatsApp ini juga menjadi alasan banyaknya penggunaan yang sudah cukup tua. Pasalnya, kelebihan WhatsApp sangat mudah digunakan bahkan bagi orang yang baru menggunakan smartphone.

Kemudian, kelebihan WhatsApp juga tidak terbatas pada merk smartphone dan sistem operasi tertentu. Hampir semua merk smartphone dan sistem operasi sudah kompatibel dengan aplikasi WhatsApp.

 

2. Sinkronisasi Kontak Otomatis

Kelebihan WhatsApp selanjutnya, karena aplikasi ini akan otomatis melakukan sinkronisasi pada kontak yang Anda miliki. Maka, saat Anda selesai menambahkan kontak atau nomor baru dan ingin menghubungi pemilik nomor tersebut, Anda bisa langsung menghubunginya lewat WhatsApp tanpa harus sinkronisasi atau mendaftarkan nomor tersebut lagi.

 

3. Dapat Menghubungi Orang di Seluruh Dunia

Selanjutnya, kelebihan WhatsApp yaitu kemampuannya untuk digunakan menghubungi kerabat di mana saja, dan tidak terbatas regional wilayah. Selama ada internet, Anda bisa menghubungi kerabat yang mungkin ada di benua berbeda, baik chat, telepon, atau bahkan videocall.

 

4. Fitur Back Up Chat

WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan Anda tidak kehilangan riwayat pesan seseorang. Dengan kata lain, pesan tersebut tidak akan hilang selagi fitur back up dinyalakan.

 

5. Punya Fitur Stories

Lalu, kelebihan WhatsApp ini cukup unik. Pasalnya, WhatsApp memiliki fitur stories bak media sosial seperti Instagram dan Facebook.  Fitur ini bernama stories dan cara penggunaan serta fungsinya sama dengan yang ada di Instagram atau Facebook.

4 dari 5 halaman

Kekurangan Telegram

Selain membahas mengenai kekurangan WhatsApp, tentu tidak lengkap jika belum membahas kekurangan dari Telegram yang notabene merupakan salah satu kompetitor WhatsApp. Berikut kekurangan Telegram, antara lain:

1. Video Call Hanya untuk Dua Orang

Salah satu kekurangan Telegram yang paling terlihat adalah fitur video call yang hanya bisa digunakan dua orang. Hal ini tentu beda dengan WhatsApp yang bisa melakukan video call lebih dari dua orang.

 

2. Tidak Ada Fitur Story

Selanjutnya, kekurangan Telegram adalah tidak adanya fitur story layaknya WhatsApp. Kekurangan Telegram ini bagi beberapa orang mungkin cukup membuat Telegram kurang menarik digunakan.

 

3. Notifikasi Pengguna Baru

Jika Anda pernah menggunakan Telegram, biasanya akan risih ketika ada notifikasi pengguna baru. Sebab, Telegram akan memberi tahu saat kontak yang ada di smartphone Anda menjadi pengguna baru Telegram. Kekurangan Telegram ini sebenarnya bisa diatasi dengan mematikan fitur notifikasi tersebut pada bagian “pengaturan” lalu masuk ke “notifikasi” dan pilih untuk mematikan notifikasi pengguna baru.

5 dari 5 halaman

Kelebihan Telegram

Selanjutnya, selain dari sisi kekurangan Telegram, ada juga kelebihan yang perlu diketahui. Adapun beberapa kelebihan Telegram antara lain:

1. Telegram Lebih Ringan Dijalankan

Kelebihan Telegram yang cukup menjadi daya tarik adalah ukuran aplikasi yang lebih kecil membuat lebih ringan dijalankan. Sebagai perbandingan, Telegram versi 3.8.1 pada iPhone yang dikeluarkan pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33.1 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.16.2 pada iPhone yang dikeluarkan pada 13 April 2016 memiliki ukuran aplikasi 74.5 MB.

 

2. Bisa Diakses pada Berbagai Perangkat Secara Bersamaan

Kelebihan Telegram selanjutnya adalah bisa diakses pada berbagai perangkat dengan bersamaan. Sebenarnya, WhatsApp maupun Telegram bisa saja diakses pada PC atau laptop. Tapi, yang membedakan, jika ingin membuka WhatsApp di PC aplikasi WhatsApp di smartphone harus tetap aktif.

Beda halnya dengan Telegram. Pasalnya, kelebihan Telegram yang merupakan aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang mulus. Jika pengguna menggunakan komputer atau laptop, aplikasi Telegram pada telepon genggam tak perlu aktif, jadi lebih hemat baterai.

 

3. Bagi File Ukuran Besar

Telegram bisa dikatakan lebih dulu memberikan fitur berbagai file. Sementara WhatsApp baru-baru ini memiliki fitur berkirim file PDF. Tidak hanya mengirim pesan, foto, dan video, telegram memberi fitur berkirim file lebih bervariasi, mulai dari doc, zip, mp3, dll. Kelebihan Telegram juga mengizinkan berbagi foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain) dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file. Tentunya, ini jauh lebih besar dibandingkan Whatsapp yang hanya memberikan ukuran maksimum sebesar 16 MB.

 

4. Menampung Anggota Grup Lebih Banyak

Di dalam grup WhatsApp hanya menampung maksimal 256, dan hal tersebut sudah meningkat dari seblumnya hanya 100 orang. Sedangkan kelebihan Telegram menyebutkan jika grup Telegram mampu menampung anggota grup hingga 5.000 orang.

 

5. Punya Fitur Bot

Lalu, kelebihan Telegram yaitu kehadiran fitur Bot. Fitur ini dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan). Bot bisa melakukan apa saja seperti game, broadcasting serta apa saja aktivitas di internet.

Memang, kekurangan WhatsApp dan Telegram serta kelebihannya bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda sebagai pengguna. Meski begitu, kekurangan WhatsApp dan Telegram juga perlu diwaspadai agar tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan ke depannya.

Jadi, semoga kekurangan WhatsApp dan Telegram serta kelebihan yang sudah dibahas di atas tadi bisa memberi informasi tambahan, ya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS