Sukses

Gambar Bergerak Lucu, Cara Mencari dan Membuatnya Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Gambar bergerak lucu kini banyak digunakan di media sosial. Selain stiker dan emotikon, gambar bergerak lucu bisa menjadi pelengkap ekspresi saat secang chatting atau bermain medsos. WhatsApp, Twitter dan Facebook menggunakan gambar bergerak lucu sebagai salah satu fitur chatnya.

Gambar bergerak lucu dalam format GIF semakin populer karena, seperti meme, GIF berguna untuk menyampaikan lelucon, emosi, dan ide. Tak jarang, gambar bergerak lucu berisi adegan atau ekspresi yang sangat singkat. Inilah yang dimanfaatkan pengguna internet untuk berekspresi.

Ada banyak website yang menyediakan gambar bergerak lucu. Beberapa website yang menyediakan GIF bahkan terintegrasi dengan media sosial seperti Twitter, Facebook, dan WhatsApp. Kamu bahkan bisa membuat gambar bergerak lucu sendiri secara online.

Berikut website gambar bergerak lucu dan cara membuat gambar bergerak, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(12/1/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal format gambar bergerak

Gambar bergerak lucu yang sekarang banyak digunakan, berformat GIF. GIF atau Graphics Interchange Format, merupakan format file gambar sama seperti JPEG atau PNG. Bedanya, format Gif bisa digunakan untuk menampilkan gambar bergerak. Gif bukanlah video, melainkan hanya gambar animasi.

Sebenarnya, GIF adalah format yang sangat ketinggalan jaman. File GIF berukuran 8-bit, yang artinya dibatasi hingga 256 warna dan kerap terlihat kurang resolusinya. Namun, dibalik kekurangannya, GIF punya banyak penggemar karena bisa memuat gambar bergerak sederhana.

Gif lebih mirip dengan flipbook. File GIF dapat menampung banyak gambar sekaligus, dan orang-orang menyadari bahwa gambar-gambar ini dapat dimuat secara berurutan. Jadi format Gif sering dimanfaatkan untuk membuat gambar bergerak lucu yang singkat.

Kini ada banyak website yang menyediakan banyak gambar bergerak lucu dalam format GIF. Website-website ini sangat populer dan memuat berbagai macam jenis GIF yang menarik.

3 dari 6 halaman

Website gambar bergerak lucu

Giphy.com

Giphy merupakan website yang memiliki banyak gambar bergerak lucu. Website ini menyajikan lebih dari 1 miliar GIF setiap hari kepada ratusan juta pengguna. Giphy juga terintegrasi dengan aplikasi seperti WhatsApp, Twitter, dan Facebook untuk memudahkan penggunanya mencari gambar bergerak lucu.

Tenor.com

Satu saingan Giphy yang tak kalah populer adalah Tenor. Penyedia gambar bergerak lucu ini awalnya bernama Riffsy. Tenor menyediakan GIF yang tak terhingga jumlahnya. Tenor kini menjadi pesaing terbesar GIPHY. Keduanya sangat mirip. Fungsi penelusurannya bekerja persis sama, dan tata letaknya juga hampir sama.

Gfycat.com

Selain Giphy dan Tenor ada beberapa website gambar bergerak lucu lainnya yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah Gfycat. Ada banyak kategori GIF yang ditawarkan di website ini. Banyak juga GIF berkualitas tinggi yang menarik.

4 dari 6 halaman

Website gambar bergerak lucu

Imgur.com

Imgur adalah situs hosting gambar umum tempat siapa pun dapat mengunggah gambar, termasuk gambar bergerak lucu. Di sini kamu bisa menemukan gambar bergerak lucu buatan orang-orang dari seluruh dunia. Namun, Imgur bukanlah situs khusus untuk GIF. Jadi, kamu harus menambahkan kata GIF saat ingin mencari gambar bergerak lucu di kolom pencarianya.

ReactionGIFs.com

Website gambar bergerak satu ini cukup unik. Reaction GIFs membantumu mencari GIF berdasarkan jenis ekspresi. Misalnya, jika kamu sedang mencari gambar bergerak lucu dengan ekspresi marah, kamu cukup memilih opsi Angry pada kolom yang sudah tersedia.

GIFbin.com

GIFbin juga termasuk website yang memiliki banyak gambar bergerak lucu. Meski tampilan antar mukanya agak jadul, GIFbin bisa jadi alternatif mencari gambar bergerak lucu yang lebih beragam.

5 dari 6 halaman

Website gambar bergerak lucu

Imgflip.com

Imgflip merupakan salah satu sumber utama gambar bergerak lucu. Di sini banyak ditemukan meme GIF yang menarik. Imgflip lebih merupakan situs untuk membuat meme dan daripada tempat yang bagus untuk menemukan GIF terbaik, tetapi ada banyak hal lucu di sana dan banyak di antaranya dalam format GIF.

Crazygif.com

Crazygif bisa jadi alternatif mencari gambar bergerak lucu. Website ini banyak menyajikan GIF berupa potongan adengan lucu yang pastinya sangat menghibur.

Pandagif.com

Pandagif memiliki Koleksi besar arsip gambar animasi lebih dari 10.000 gambar dalam 230 kategori GIF. Di sini kamu dapat menemukan GIF berupa gambar animasi, stiker facebook animasi, emotikon animasi, emoji animasi, dan animasi keren lainnya.

Gifgifgifgifgif.com

Gifgifgifgifgif merupakan website sederhana yang menyediakan banyak gambar lucu. Website ini bisa jadi alternatif bagi kamu yang mencari gambar bergerak lucu yang antimainstream.

6 dari 6 halaman

Cara membuat gambar bergerak lucu

Selain mencari di website-website GIF. Kamu juga bisa membuat gambar bergerak lucu sendiri. Berikut caranya:

Melalui Giphy

Tidak hanya menyediakan GIF gratis, Giphy mempermudah penggunanya untuk membuat gambar bergerak lucu sendiri. Dengan Giphy kamu dapat dengan mudah mengkonversi video menjadi GIF secara instan tanpa menginstal apa pun di komputer atau ponselmu.

- Pertama-tama untuk melakukan ini, kamu hanya perlu pergi ke situs Giphy https://giphy.com/create/gifmaker

- Lalu kamu cukup drag atau masukkan video yang ingin dikonversi menjadi GIF.

- Setelah itu kamu dapat mengatur durasi dan kecepatan GIF sesuai keinginanmu. Kamu juga dapat menambahakan tulisan atau hiasan lain pada GIF buatanmu.

- Setelah itu klik tombol Upload to GIPHY maka GIF buatanmu akan

Melalui EZGIF

EZGIF adalah salah satu situs web terkenal yang pada dasarnya dirancang untuk mengubah video menjadi GIF dan sebaliknya. Karenanya, selain mengubah video menjadi GIF, situs ini juga dapat mengedit secara sederhana sebuah video seperti mengatur ulang ukuran video, memotong atau mengatur kecepatan video.

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke situs web ezgif.com

- Di sini terdapat dua pilihan konversi seperti mengonversi Video ke GIF atau GIF ke Mp4. Pilih opsi Video to GIF.

- Setelah itu secara otomatis kamu akan melihat tampilan layar di mana kamu dapat memilih video yang akan dikonversi menjadi GIF atau menempelkan URL video jika video tersebut berasal dari platform online.

- Masukkan video yang akan kamu konversi ke format GIF lalu klik tombol Upload Video. Secara otomatis video akan terkonversi.

- Kamu dapat atur sendiri ukuran GIF yang kamu buat.

Perlu diketahui platform pembuat GIF yang terkenal seperti Giphy dan EZGif juga memiliki batasan ukuran video yang di unggah. Pastikan video yang kamu unggah tidak lebih dari 100 MB ukurannya. Jika melebihi 100 MB kamu bisa mengecilkan atau memotongnya terlebih dahulu agar dapat di upload ke dalam situs ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS