Sukses

8 Manfaat Masker Spirulina bagi Kulit Wajah, Pahami Langkah Pemakaiannya

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa manfaat masker spirulina yang sayang jika dilewatkan. Manfaat masker spirulina tersebut sangat baik bagi kondisi kesehatan wajah dan kulit. Namun perlu pemakaian secara rutin agar hasilnya optimal.

Bahkan saat ini banyak produk kecantikan yang menciptakan masker yang terbuat dari tanaman ganggang hijau kebiruan ini. Umumnya masker spirulina akan dijual dalam bentuk bubuk. Kemudian bubuk spirulina tersebut akan diberi sedikit air agar mudah diaplikasikan ke wajah maupun kulit tubuh.

Nah, supaya tidak semakin penasaran, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber apa saja manfaat masker spirulina beserta bagaimana cara pemakaiannya, Kamis (1/10/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

1. Melembapkan Kulit Wajah

Kulit perlu dijaga kelembapannya, tentunya untuk mencegah timbulnya kulit kering hingga bersisik. Manfaat masker spirulina baik untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

Selain melembapkan, masker spirulina juga akan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini karena di dalam spirulina terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan tersebut akan membuat kulit tetap terasa lembut dan kenyal.

2. Bersihkan Kulit Wajah

Jika kulit terlihat kusam dan kering, bisa jadi akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan penampilan menjadi sangat terganggu bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri.

Dengan menggunakan masker spirulina yang diaplikasikan pada kulit, maka akan membersihkan kulit dari kusam. Hal ini karena di dalam spirulina memiliki kandungan klorofil yang akan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam serta kasar.

3 dari 6 halaman

Manfaat Masker Spirulina Selanjutnya

3. Cerahkan Kulit Wajah

Manfaat masker spirulina selanjutnya dapat mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan antioksidannya, bisa meningkatkan kecerahan kulit dan akan membuat kulit menjadi tampak lebih bercahaya.

4. Sebagai Anti-Aging

Sudah sewajarnya jika semua orang tidak ingin terlihat lebih tua. Maka dari itu, dengan menggunakan masker spirulina untuk wajah, bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

Hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan, vitamin E, serta beberapa zat lainnya yang ada di spirulina dapat bekerja untuk memperbaiki tanda-tanda penuaan seperti keriput, noda hitam, kerutan halus, dan lainnya. Bahkan manfaat masker spirulina juga dapat mengencangkan sel pada kulit.

4 dari 6 halaman

Manfaat Masker Spirulina yang Tidak Kalah Penting

5. Merawat Kulit yang Berminyak

Meski kulit wajah dalam kondisi berminyak, bukan berarti tidak perlu dijaga kelembapannya. Sebab, kulit wajah berminyak juga bisa mengalami dehidrasi apabila tidak dirawat dengan tepat. Mengingat menggunakan masker spirulina akan sangat tepat untuk digunakan pada jenis kulit wajah apapun, maka bagi Anda yang memiliki kulit berminyak bisa mencoba menggunakan masker ini.

Agar lebih optimal hasilnya, maka Anda bisa mencampuranya dengan madu. Penggunaan madu juga akan meningkatkan hasil optimal yang berdampak baik pada kulit.

6. Atasi Pigmentasi Kulit

Salah satu jenis masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang adalah pigmentasi kulit. Manfaat masker spirulina akan mengatasi pigmentasi kulit yang ditandai oleh berbagai gejala seperti munculnya bintik hitam. Namun efektif atau tidaknya hasil yang didapatkan bisa berbeda-beda bagi tiap orang.

5 dari 6 halaman

Manfaat Masker Spirulina yang Terakhir

7. Mengobati Jerawat

Kandungan berbagai senyawa pada spirulina memiliki sifat antibakteri. Hal ini bisa membantu untuk mengatasi jerawat, karena jerawat merupakan masalah medis pada permukaan kulit yang disebabkan infeksi akibat bakteri.

Adanya zat antibakteri pada spirulina tersebut akan menyingkirkan bakteri-bakteri penyebab jerawat. Apabila ingin mendapatkan hasil optimal maka Anda bisa mencampur madu dan spirulina untuk membuat masker yang ampuh untuk mengatasi jerawat.

8. Mengobati Peradangan Kulit Wajah

Spirulina mengandung antioksidan bernama phycocyanin. Kandungan phycocyanin pada masker spirulina tersebut bersifat antiinflamasi dan mampu mencegah sekaligus mengobati peradangan yang terjadi pada tubuh, salah satunya bagian kulit wajah.

6 dari 6 halaman

Cara Memakai Masker Spirulina

a. Supaya hasil penyerapan nutrisi pada kulit wajah lebih maksimal, cuci wajah dengan facial cleanser yang bertekstur lembut.

b. Ambil 1/4 sendok makan bubuk masker, lalu tuang air secukupnya dan aduk perlahan hingga teksturnya kental.

c. Kemudian, balur masker yang sudah siap tersebut ke seluruh wajah dan leher dengan jari. Hal ini bertujuan agar masker menempel dengan sempurna pada kulit wajah. Kemudian tunggu 15 menit hingga masker kering.

d. Setelah 15 menit, bilas menggunakan air hangat untuk mengangkat kotoran serta kulit mati pada wajah.

e. Jika belum bersih, Anda bisa menggunakan toner. Sebab masker bubuk umumnya cenderung sulit dibersihkan dan akan meninggalkan sisa masker pada kulit wajah. Itulah mengapa, bersihkan wajah dengan toner hingga sisa masker terangkat.

f. Gunakan moisturizer secukupnya pada seluruh kulit wajah. Hal ini mengingat spirulina fokus untuk mengontrol minyak pada kulit, maka agar kulit wajah menjadi sedikit lebih kering dan tetap terhidrasi dengan baik.

 

Setelah menyimak apa saja manfaat masker spirulina dan juga cara memakainya, maka untuk mendapatkan hasil yang optimal dan berdampak besar bagi kulit dan wajah, Anda perlu menggunakan masker ini secara rutin dan lakukan dengan langkah yang benar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS