Sukses

8 Cara Merawat Kulit Wajah Pria agar Tidak Kusam

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam perlu diterapkan setiap harinya. Tidak hanya wanita, pria juga memerlukan kulit yang sehat untuk menunjang penampilan fisik serta kesehatan secara keseluruhan.

Kulit pria berbeda dengan kulit wanita. Kulit wajah pria lebih tebal dan kurang sensitif terhadap produk wajah dibandingkan kulit wajah wanita. Namun, perawatan kulit pria biasanya lebih mudah daripada wanita, karena pria biasanya tidak menggunakan riasan.

Cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam, tidak hanya memperhatikan produk untuk wajah saja. Kamu juga harus memperhatikan konsumsi makanan dan kebiasaan sehari-hari lainnya seperti merokok, hingga mencukur agar wajah senantiasa bersih dan sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/9/2020) tentang cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Tidak Kusam

Cuci Wajah Secara Teratur

Cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam yang pertama tentunya adalah dengan mencuci wajah secara teratur setiap harinya. Keringat, debu, dan polusi yang dihadapi pria setiap harinya dapat menumpuk di kulit dan menutup pori-pori. Pada akhirnya, saat terjadi infeksi bakteri maka tumpukan kotoran tersebut akan berkontribusi terhadap timbulnya jerawat.

Jadi, cuci wajah dengan pembersih wajah yang sesuai kurang lebih dua kali sehari, pagi dan malam hari. Dalam keadaan tertentu seperti setelah olahraga berat, aktivitas di luar ruangan, atau terpajan polusi, mencuci wajah secara ekstra perlu dilakukan. Sediakan sabun khusus untuk wajah, tidak perlu mahal tetapi yang penting memiliki pH normal kulit (sekitar pH 5.5).

Selain itu, mandilah paling kurang satu kali sehari dan jangan menggunakan handuk bersama orang lain untuk mencegah infeksi kulit.

Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari juga sangat penting sebagai cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam. Hal ini karena sinar ultraviolet dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Masalah yang dapat ditimbulkan mulai dari masalah ringan seperti warna kulit tampak gelap dan bintik hitam pada kulit, hingga masalah serius seperti kanker kulit.

Oleh karena itu, menggunakan kacamata, topi, dan pakaian yang pantas penting untuk kesehatan kulit. Penggunaan tabir surya dengan kekuatan minimal SPF-30 direkomendasikan jika kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Kemudian, aplikasikan kembali setelah 2 jam.

3 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Tidak Kusam

Gunakan Pelembap pada Kulit

Cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam selanjutnya adalah menggunakan pelembap pada kulit. Setelah mandi atau membasuh wajah, gunakan pelembap pada wajah dan badan dengan pelembap yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Untuk kulit kering, pilih krim. Untuk kulit normal, gunakan losion. Sementara itu, gunakan toner atau gel untuk kulit berminyak.

Gunakan Alat Cukur yang Bersih

Untuk mencegah iritasi setelah mencukur, kamu disarankan untuk membasahi jenggot atau kumis sebelum mencukur. Buang alat cukur yang sudah lama dipakai, bahkan jika kamu sendiri lupa kapan membelinya. Alat cukur lama dapat menyimpan kuman yang bisa menyebabkan jerawat dan bisul di kulit.

Selain itu, simpanlah alat cukur di tempat yang kering secara higienis. Dalam hal mencukur, lebih baik dilakukan dalam keadaan basah (bila perlu menggunakan busa khusus) untuk mencegah iritasi.

4 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Tidak Kusam

Pola Makan yang Baik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam juga perlu memperhatikan pola makan. Vitamin C dan E merupakan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu perawatan yang baik untuk kulit.

Sebagai pelindung terluar dari tubuh, kulit menghadapi berbagai tantangan radikal bebas dan salah satunya akibat sinar ultraviolet. Konsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan sangat disarankan. Misalnya wortel, jeruk bali, anggur, alpukat, jambu biji, jeruk, mangga, gandum, biji-bijian, dan lain-lain.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Kekeringan kulit adalah musuh utama yang dapat mempercepat penuaan kulit. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup, sekitar 7-8 gelas per hari. Asupan air yang cukup akan memberikan hidrasi yang baik terhadap kulit, sehingga kulit tampak sehat dan awet muda.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat Kulit Wajah Pria Agar Tidak Kusam

Hindari Penggunaan Make up atau Riasan Wajah

Cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam berikutnya adalah menghindari penggunaan make up atau riasan wajah. Jangan menggunakan riasan, kecuali sangat dibutuhkan untuk acara tertentu. Jika cara pembersihan tidak optimal, jerawat dan masalah kulit lainnya dapat timbul.

Hindari Merokok

Merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit. Radikal bebas dan zat berbahaya lain dalam rokok akan menyebabkan kulit terlihat kusam. Asap rokok telah diteliti mampu menyebabkan penuaan dini pada kulit. Untuk itu, jangan merokok bila ingin kulit kamu sehat dan terawat. Cara merawat kulit wajah pria agar tidak kusam ini perlu kamu terapkan dalam kehidupan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS