Sukses

8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Ketika Diinjak dan Solusinya

Penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak ternyata tidak cuma dari kampas rem yang habis.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak mungkin sedikit mengganggu bagi beberapa pengemudi termasuk Anda. Hal ini wajar, terutama jika mobil hampir setiap hari digunakan. Sebab, kondisi jalanan kotor dan berdebu, bisa jadi salah satu dari sekian banyak penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak yang kerap kali muncul.

Namun, berbagai penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak ini bisa saja dengan mudah diatasi. Hanya saja tidak banyak orang yang mungkin mengetahui, bagaimana cara melakukan diagnosis agar penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak tersebut segera diketahui dan bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Sebab, jika penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak tersebut hanya berasal dari kotoran yang menempel pada piringan cakram, Anda tidak perlu membawa mobil ke bengkel. Namun bagaimana jika ternyata penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak berasal dari kampas rem yang habis? Tentu saja Anda sangat disarankan segera melakukan penggantian di bengkel.

Sebab, selain kampas rem menjadi penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak, hal tersebut juga akan menambah risiko berbahaya ketika mobil melakukan pengereman dalam kecepatan tinggi, karena rem tidak dapat menghentikan laju mobil dengan maksimal.

Nah, lalu untuk mengetahui penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak bisa dimulai dari mana? Berikut ini, Liputan6.com sudah merangkum berbagai penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak, dimulai dari penyebab paling umum dan mudah ditangani, hingga penyebab yang harus dilakukan penanganan di bengkel, Sabtu (25/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rem Terkena Oli dan Air

1. Rem Terkena Oli

Salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak yang mungkin cukup sepele karena adanya tetesan oli yang menempel pada cakram dan kampas rem. Selain akan menimbulkan suara berdecit yang cukup memekakkan telinga, dari segi keamanan juga cukup berisiko. Sebab, ketika melakukan pengereman akan membuat roda jadi sulit untuk berhenti berputar dengan benar. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan pembersihan dengan sabun pada bagian cakram mobil.

2. Rem Terkena Air

Selain karena oli yang menempel pada piringan cakram, faktor yang disebabkan air menempel juga menjadi penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak. Mungkin terdengar sepele, namun hal ini juga umum dialami oleh para pengemudi. terkena percikan air pada piringan cakram bisa menjadi salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak. Untuk mengatasi hal ini, biasanya cukup gunakan mobil selama beberapa saat, dan secara otomatis bunyi decit bisa menghilang, karena air akan dengan sendirinya mengering.

3 dari 5 halaman

Kondisi Rem Kotor dan Kurang Pelumas

3. Kondisi Rem Kotor

Sedikit berbeda dari dua penyebab di atas, pada kondisi ini biasanya terjadi di musim hujan. Tidak hanya karena kondisi air yang menempel, tapi air tersebut biasanya membawa kotoran seperti pasir atau debu, dan mengisi celah antara kampas serta cakram. Lalu berbagai kotoran tersebut akan mengeras seiring waktu. Hal ini yang akan menimbulkan suara berdecit ketika Anda menginjak rem.

4. Pedal Rem Kurang Pelumas

Biasaanya kekurangan pelumas pada bagian pedal rem akan menimbulkan rem mobil bunyi ketika diinjak. Engsel yang ada pada bagian rem harus rutin dilumasi agar tidak menimbulkan bunyi berdecit ketika sedang dikendarai, dan ada baiknya Anda melakukan perawatan secara rutin untuk menghindari hal tersebut.

4 dari 5 halaman

Kampas Rem Habis dan Kurang Berkualitas

5. Kampas Rem Habis

Selanjutnya ada salah satu penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak yang juga cukup umum, yaitu habisnya kampas rem. Hal ini wajar terjadi apabila mobil memang sering digunakan. Selain membuat bunyi yang kurang nyaman, biasanya kemampuan pengereman akan turun terganggu, karena rem tidak mampu mencengkram bagian cakram atau disc brake dengan baik. Dan, jika hal ini terjadi, segera lakukan penggantian di bengekel terdekat.

6. Kampas Rem Kurang Berkualitas

Jika sudah diganti namun masih saja timbul bunyi berdecit, maka Anda perlu melakukan memastikan apakah merek kampas rem yang digunakan baik atau tidak. Sebab banyak sekali suku cadang aftermarket yang terkadang memiliki kualitas kurang baik. Memang harganya murah, namun hal tersebut bukan jaminan jika kualitas yang didapatkan juga baik. Sangat disarankan Anda menggunakan kampas rem keluaran pabrikan, yang sudah pasti original dan sudah teruji kualitasnya.

5 dari 5 halaman

Rem Tidak Rata dan Macet

7. Rem Tidak Rata

Biasanya, kondisi tidak rata ini bisa terjadi di jenis rem cakram maupun tromol. Mengapa bisa begitu? Umumnya, tidak ratanya bagian rem tersebut disebabkan kampas rem yang tidak pernah diganti. Selain menimbulkan bunyi, biasanya mobil akan terasa bergetar saat dilakukan pengereman. Agar hal ini tidak terus terjadi, maka Anda perlu melakukan penggantian dengan rem cakram atau tromol yang baru.

8. Rem Mobil Macet

Dan, penyebab rem mobil bunyi ketika diinjak juga bisa disebabkan oleh piston rem yang mengalami kerusakan dan akhirnya tidak bisa bekerja dengan normal. Selain itu, biasanya mobil akan terasa berat ketika dikendarai meskipun pedal sudah dilepas, hal ini karena piston rem yang tidak bekerja normal tersebut susah untuk kembali ke posisi semulanya. Jika sudah begini, maka jalan satu-satunya adalah mengganti kaliper rem dengan yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini