Sukses

7 Penyebab Rambut Beruban di Usia 20an, Ketahui Sedini Mungkin

Liputan6.com, Jakarta Penyebab rambut beruban di usia 20an tampaknya cukup hangat menjadi bahan perbincangan di tongkrongan. Wajar saja, masih banyak yang heran apa sebenarnya penyebab rambut beruban di usia 20an tersebut, karena rambut beruban biasanya hanya dialami oleh orang lanjut usia. Jika penyebab rambut beruban di usia 20an tidak segera diketahui, maka akan mengganggu penampilan sehari-hari.

Tapi, apakah kamu salah satu yang mengalami rambut beruban di usia 20an? Bisa jadi, gaya hidup yang menjadi penyebab rambut beruban di usia 20an tersebut, lho. mungkin tidak semua orang dengan begitu saja akan mengalami rambut beruban ketika masuk pada usia 20an, sebab ada pula faktor lain yang turut meningkatkan risiko timbulnya rambut beruban pada orang dengan usia 20an.

Selain faktor gaya hidup yang mungkin tidak sehat, penyebab rambut beruban di usia 20an bisa berasal dari faktor genetika. Dan hal tersebut sudah menjadi rezeki yang lebih baik disyukuri. Namun tenang saja, ketika uban muncul kamu bisa langsung melakukan penyemiran pda rambut yang beruban tersebut kok.

Nah, tidak perlu panjang lebar lagi, pastinya kamu penasaran dong apa saja penyebab rambut beruban di usia 20an tersebut? Maka dari itu, Liputan6.com di bawah ini merangkum informasi penyebab rambut beruban di usia 20an tersebut dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Pewarnaan Kimia pada Rambut

Salah satu yang menjadi penyebab rambut beruban di usia 20an bisa dikarenakan kebiasaan untuk menggunakan pewarna dengan kandungan kimia yang cukup keras pada rambut. Kebiasaan melakukan pewarnaan kimia dan menggunakan produk perawatan rambut yang salah akan meningkatkan risiko rambut beruban.

Sebab, pada beberapa produk pewarna rambut terdapat bahan kimia yang mampu mengurangi kadar melanin. Padahal, melanin sendiri merupakan sebuah pigmen yang akan memberi warna pada rambut.

Salah satu jenis bahan kimia berbahaya bagi rambut tersebut yaitu hidrogen peroksida. Memang senyawa kimia ini cukup sering dijadikan bahan campuran pada produk pewarna rambut. Agar tidak megalami munculnya uban lebih cepat, maka ada baiknya untuk menggunakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan alami dan bebas dari campuran zat kimia berbahaya.

3 dari 8 halaman

2. Kebiasaan Merokok

Gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat memang sangat berpengaruh terhadap timbulnya uban di rambut. Salah satu kebiasaan yang sangat tidak sehat yaitu merokok. Di samping bahayanya terhadap kesehatan tubuh yang memang sudah sangat terkenal, merokok juga menjadi penyebab rambut beruban di usia 20an.

Hal ini disebabkan adanya radikal bebas yang terdapat pada rokok, sehingga dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin. Dan ketika sel yang memproduksi melanin tersebut rusak, maka akan menyebabkan rambut menjadi beruban.

4 dari 8 halaman

3. Kekurangan Asupan Vitamin B12

Selanjutnya, yang menjadi penyebab rambut beruban di usia 20an yaitu karena kurangnya asupan vitamin B12. Vitamin ini selain berperan penting dalam kinerja metabolisme, vitamin tersebut juga berperan dalam membantu tubuh untuk membentuk energi, membentuk sel darah merah, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Dan apabila tubuh kekurangan vitamin B12 maka akan mengganggu proses pembentukan sel darah merah yang berfungsi penting dalam menyalurkan oksigen ke seluruh organ dalam tubuh, salah satunya rambut yang dampaknya dapat membuat rambut menjadi lebih lemah dan akan menjadi penyebab turunnya produksi melamin penghasil pigmen hitam pada rambut.

5 dari 8 halaman

4. Faktor Genetik

Memang, warna rambut seseorang akan ditentukan melalui genetik yang telah dibawa sejak lahir. Inilah mengapa tiap ras memiliki warna rambut yang berbeda satu dengan lainnya. Adanya kode genetik ini akan diwariskan turun temurun yang di dalamnya juga termasuk adanya gen yang menjadi penyebab rambut cepat beruban.

Jika pada usia 20an kamu sudah memiliki uban yang cukup banyak, maka bisa saja hal tersebut merupakan keturunan dari orang tua dan mungkin kakek nenek. Dan sebenarnya hal ini cukup umum terjadi pada banyak orang.

6 dari 8 halaman

5. Mengalami Stres Oksidatif

Ketika kamu mengalami stres oksidatif, maka tubuh akan mengalami ketidakseimbangan karena antioksidan yang jumlahnya tidak cukup dalam menangkal serangan dari radikal bebas. Padahal, serangan radikal bebas yang merupakan molekul dengan sifat merusak sel tersebut, dapat menyebabkan penuaan serta penyakit memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti kanker.

7 dari 8 halaman

6. Memiliki Penyakit Auto Imun

Penyakit auto imun juga bisa menyebabkan kamu beruban meski masih dalam usia 20an. Sebabnya, pada kondisi ini sistem imun justru akan menyerang sel-sel tubuh yang kondisinya normal. Serangan sistem imun ini bahkan dapat merusak sel-sel rambut dan menjadi penyebab mengapa rambut kehilangan pigmen yang menimbulkan warna hitam.

8 dari 8 halaman

7. Kelainan Kelenjar Tiroid

Letak dari kelenjar tiroid berada di leher. Kelenjar tiroid sendiri memiliki banyak peran dalam tubuh, salah satunya dalam menjaga metabolisme. Dan ketika produksi kelenjar tiroid terlalu berlebihan atau kekurangan, maka dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut serta menjadi penyebab rambut beruban di usia 20an.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS