Sukses

6 Penyebab Adanya Kutu Rambut yang Harus Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Penyebab adanya kutu rambut sangat mungkin jika Anda memang jarang menjaga kebersihan. Dan memang beberapa penyebab adanya kutu rambut tersebut umum disebabkan dari gaya hidup yang kurang higienis dan cenderung jorok.

Kutu memang jenis binatang kecil yang biasa hinggap di daerah yang kotor dan lembab. Maka dari itu apabila Anda kurang menjaga kesehatan rambut bukan tidak mungkin jika hal tersebut akan menjadi penyebab adanya kutu rambut.

Berbagai penyebab adanya kutu rambut ini juga dapat menimpa anak kecil dan dewasa. Dan untuk menghilangkannya juga diperlukan beberapa cara yang tentu tidak sebentar, karena telur dari hewan ini bisa bertahan cukup lama di dalam rambut yang kotor tersebut.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa saja sebenarnya penyebab adanya kutu rambut tersebut. Ya, memang tidak disadari dan terkadang bisa tiba-tiba muncul walau Anda merasa melakukan gaya hidup yang higienis. Berikut ini, Liputa6.com telah merangkum bagi Anda apa saja penyebab adanya kutu rambut yang patut diwaspadai tentunya, agar tidak terdampak kutu rambut tersebut, Jumat (29/5/2020).

2 dari 7 halaman

1. Terpapar langsung penderita kutu rambut

Salah satu penyebab adanya kutu rambut yang paling mungkin terjadi adalah paparan orang yang menderita penyakit kutu rambut. Paparan disini adalah menempelnya rambut Anda dengan rambut penderita kutu rambut. Karena pada dasarnya kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala lainnya. Sehingga, penularan kutu rambut tersebut sangat bisa terjadi ketika adanya rambut yang saling menempel.

3 dari 7 halaman

2. Berenang dengan penderita kutu rambut

Hal ini juga bisa saja terjadi dan menjadi penyebab adanya kutu rambut tersebut. hampir sama dengan poin sebelumnya, apabila Anda berada di lokasi atau kolam yang sama dengan penderita kutu rambut, maka akan sangat mungkin Anda akan terpapar kutur rambut. Hal ini karena kutu rambut bisa bertahan di bawah air hingga beberapa jam. Lalu, kutu rambut tersebut akan memegang erat rambut yang menjadi inang baru dan akan sulit terlepas walau terendam air. Bahkan, kutu rambut juga kebal akan klorin yang biasa ditemukan pada kolam renang.

4 dari 7 halaman

3. Memakai barang penderita kutu rambut

Penyebab adanya kutu rambut Ini juga sangat mungkin terjadi. Metodenya juga sebenarnya hampir sama, yaitu paparan akibat benda. Yang paling mungkin terjadi adalah ketika seseorang dengan kutu rambut menggunakan sisir, lalu sisir tersebut biasanya bisa dihinggapi kutu. Atau bisa juga helm yang dikenakan. Apabila Anda mengenakan helm yang bekas dipakai orang dengan kutu rambut, maka akan sangat mungkin jika Anda akan tertular kutu rambut tersebut.

Bahkan, bibit dari kutu rambut tersebut sangat mungkin menempel pada benda-benda tersebut. Jadi, ada baiknya jika Anda menghindari untuk menggunakan berbagai barang seperti helm, sisir, bantal, atau handuk, jika itu bukan milik pribadi.

5 dari 7 halaman

4. Penutup kepala yang tidak bersih

Hampir sama dengan poin sebelumnya, namun kutu rambut disini akibat lingkungan dari benda yang digunakan untuk menutup kepala terlalu kotor. Apabila Anda sering menggunakan topi atau hijab, dan jarang sekali diganti atau dicuci, maka akan meningkatkan risiko timbulnya kutu rambut tersebut. tentu Anda tidak mau bukan terkena kutu rambut.

Maka dari itu, usahakan rajin untuk memperhatikan kebersihan dari penutup kepala, dan sebisa mungkin tidak meminjamkannya kepada orang, karena Anda tidak tahu bagaiman kondisi rambut orang tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Rambut tidak bersih

Jika Anda memang sangat jarang untuk membersihkan dan merawat rambut, maka ada baiknya untuk segera melakukan kebiasaan tersebut. Salah satu penyebab kutu rambut yang paling mungkin adalah ketika Anda memiliki kebiasaan buruk untuk merawat rambut. Untuk menjaga kebersihan rambut juga tidak dibutuhkan cara yang terlalu sulit, bahkan cara mencegahnya cukup mudah, yaitu dengan mencuci rambut setidaknya dua hari sekali. Lalu Anda bisa menambahkan treatmen lain seperti creambath atau dengan menambahkan vitamin bagi kulit kepala Anda.

7 dari 7 halaman

6. Sampo yang tidak cocok

Salah satu penyebab adanya kutu rambut ini sebenarnya cukup kecil kemungkinannya, namun tetap saja perlu diwaspadai. Apabila Anda menggunakan jenis sampo yang tidak cocok, maka masih ada kemungkinan untuk munculnya kutu rambut pada kepala. Hal tersebut karena tiap kulit kepala memiliki reaksi yang berbeda terhadap jenis bahan kimia pada sampo. Dan jika Anda merasa gatal, bisa jadi itu menjadi penyebab munculnya kutu pada rambut Anda.

Untuk mencegahnya cukup dengan memilih produk yang pas untuk rambut Anda dengan mengenali jenis rambut Anda. Dan, jika kutu rambut tetap saja muncul, maka Anda bisa menggunakan jenis sampo pembasmi kutu rambut.

Jadi, jangan sampai Anda terkena kutu rambut dan harus benar-benar diperhatikan apa saja penyebab adanya kutu rambut tersebut, dan terutama harus rajin dalam menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh terutama rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini