Sukses

11 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Jarang Disadari

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang paling umum adalah menyehatkan mata. Buah kesemek dengan berbagai manfaat ini berasal dari Tiongkok, dan mulai menyebar di seluruh penjuru Asia.

Buah ini dapat langsung Anda konsumsi ketika matang, akan tetapi jangan lupa untuk mengolesi buah ini menggunakan garam agar rasa sepat pada buah hilang. Kesemek dapat Anda temukan di daerah Sumatera Utara khususnya wilayah Brastagi, kemudian di Jawa Barat dan Jawa Jawa Timur, dan ditanam pada daerah-daerah tinggi seperti pegunungan.

Buah bernama latin Diospyros kaki ini kaya akan kandungan nutrisi sehingga manfaat buah kesemek untuk kesehatan banyak dimanfaatkan orang-orang.

Namun tahukah Anda buah kesemek yang memiliki warna orange kecoklatan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut 11 manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang jarang diketahui

1. Mencegah Penuaan Dini

Buah kesemek ini sangat kaya akan nutrisi penting, seperti beta-karoten, lutein dan masih banyak lagi. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi stres dan mencegah tanda-tanda penuaan dini, gampang lelah, kurang dalam pengelihatan, kelemahan otot, serta keriput. Manfaat buah kesemek untuk kesehatan ternyata bisa bikin awet muda.

2. Mencegah Kanker

Buah dengan rasa lezat ini banyak sekali mengandung antioksidan. Dengan kandungannya ini manfaat buah kesemek untuk kesehatan adalah berguna menjadi anti kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Vitamin yang terkandung dalam kesemek yaitu A dan C dengan kadar cukup tinggi, didukung dengan senyawa fenolik yang berguna untuk mencegah banyak jenis kanker.

3. Meningkakan Aktivitas Metabolik

Kesemek mengandung unsur vitamin B kompleks yaitu asam folat dan tiamin. Unsur tersebut penting untuk bagian dalam metabolisme pada seluruh tubuh. Unsur ini akan memastikan sistem tubuh sudah berfungsi dengan benar, sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

3 dari 6 halaman

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah kesemek dengan berukuran sedang memiliki berat sekitar 168 gram dan mengandung karbohidrat sekitar 31 gram. Kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehingga manfaat buah kesemek untuk kesehatan sangat cocok dan ideal untuk dijadikan konsumsi ketika Anda sedang diet.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan juga dapat menjaga kesehatan hati. Karena kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal adanya radikal bebas berbahaya dari oksigen. Antioksidan juga berfungsi dalam menurunkan efek bahan beracun serta mencegah kerusakan sel dalam tubuh, atau detoksifikasi pada hati.

6. Mendukung Kesehatan Mata

Buah yang berasal dari Tiongkok ini kaya akan vitamin A. seperti yang diketahui bahwa vitamin A sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata. Setiap buah kesemek mampu menyediakan 55 persen vitamin A dari kebutuhan harian. Itu sebabnya penting mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin A, karena jika kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun di malam hari, mata kering, dan penyakit kronis mata lainnya.

4 dari 6 halaman

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh

7. Mengurangi Peradangan

Membantu mengurangi peradangan adalah salah satu dari banyaknya manfaat buah kesemek. Walaupun peradangan merupakan respon imun yang normal, akan tetapi jika terjadi peradangan yang kronis akan menyebabkan terjadinya kanker bahkan jantung koroner. Nah buah kesemek ini mengandung tanin (asam tanat), sehingga terbukti dapat membantu meredakan peradangan.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Karena mengandung vitamin C, maka buah kesemek juga dapat membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan pada tubuh. Kesemek ini dikenal memiliki jumlah vitamin C tertinggi, ada sekitar 80 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C atau asam askorbat akan membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini diperlukan tubuh untuk melindungi dan melawan infeksi.

5 dari 6 halaman

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan lainnya

9. Menurunkan Tekanan Darah

Tanin atau asam tanat yang ditemukan pada buah kesemek dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah. Sudah banyak penelitian menemukan bahwa tanin berguna dalam membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama dari penyakit jantung.

10. Mengurangi Tingkat Kolestrol

Kolestrol merupakan zat menyerupai lemak yang menumpuk pada arteri, sehingga menyebabkan serangan jantung dan stroke. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kesemek dapat mengurangi kadar kolestrol pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah kesemek setiap hari secara teratur merupakan ide bagus untuk membantu mengurangi tingkat kolesterol.

11. Mengandung Antioksidan

Buah dengan banyak manfaat ini dikemas dengan antioksidan. Menurut sebuah studi yang sudah dilakukan, jus kesemek kaya akan asam galat dan epicatechin gallate. Keduanya merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya, sehingga akan mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko terserang penyakit kronis.

6 dari 6 halaman

Cara mengonsumsi buah kesemek

Mengambil manfaat buah kesemek untuk kesehatan bisa dengan mengonsumsinya secara langsung atau dibuat jus.

Buah kesemek ini umumnya bisa langsung dikonsumsi dengan kondisi segar, bisa juga dikeringkan terlebih dahulu bahkan ketika masih mentah. Akan tetapi dikonsumsi dalam keadaan matang akan lebih segar, dan manis tentunya.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, begini cara mudahnya:

1. Gunakan dua buah kesemek segar yang sudah dicuci terlebih dahulu.

2. Potong-potong dan masukan kedalam blender Anda.

3. Tambahkan air secukupnya, gula (jika diperlukan), kemudian blender.

 

(Reporter: Billy Adytya Kurniawan)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS