Sukses

6 Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan, Tidak Hanya untuk Pijat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak tawon mungkin terkenal dengan penggunaannya saat pijat. Minyak ini banyak digunakan oleh tukang pijat karena dapat menimbulkan rasa panas pada kulit dan membuat otot menjadi lebih rileks.

Nama minyak tawon sebenarnya adalah nama merek minyak gosok yang dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, dan lada. Jadi, walaupun namanya minyak tawon, minyak ini bukan berasal dari tawon.

Manfaat minyak tawon untuk kesehatan tidak hanya untuk pijat saja. Minyak tawon tidak hanya bermanfaat ampuh untuk menyembuhkan luka luar dan persendian, bahkan minyak tawon juga dapat mengatasi berbagai penyakit.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/10/2019) tentang manfaat minyak tawon untuk kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Kandungan Minyak Tawon yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, minyak tawon terbuat dari ekstrak minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, dan lada. Berikut kandungan masing-masingnya:

- Minyak Kelapa, berguna bagi kelembaban, kelenturan, dan kelembutan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan E pada minyak kelapa. Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh.

- Minyak kayu putih, mengandung minyak esensial yang dapat mencegah infeksi kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.

- Cengkeh, bermanfaat meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik.

- Daun lada, jahe, kunyit dan bawang, mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah.

3 dari 8 halaman

Minyak untuk Pijat

Manfaat minyak tawon untuk kesehatan yang pertama tentunya adalah untuk pijat. Minyak tawon digunakan sebagai pelumas agar tangan lebih lincah dalam memijat. Saat tubuh pegal, minyak tawon menjadi pilhan utama dalam melakukan pijatan.

Minyak ini aman dioleskan ke kulit. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengoles minyak tawon pada area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.

Kandungan capujut dalam minyak tawon juga memberi manfaat pada tubuh kamu yang pegal. Pasalnya, cajuput oil mengandung senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri.

4 dari 8 halaman

Meredakan Sakit Kepala

Jika kamu mengalami sakit kepala akibat flu, minyak tawon dapat membantu meredakannya. Cukup gosokkan minyak tawon pada bagian samping kepala secara perlahan disertai pijatan. Setelah beberapa saat kepala akan terasa membaik.

5 dari 8 halaman

Mengobati Sakit Perut dan Diare

Bagi kamu yang memiliki masalah pada pencernaan, tak perlu khawatir. Minyak tawon dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare. Cukup gosokkan minyak tawon pada bagian perut secara perlahan. Kandungan di dalamnya akan membuat pencernaan kamu terasa lebih baik dan lebih lancar.

6 dari 8 halaman

Melancarkan Sirkulasi Darah

Minyak tawon juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membuat minyak tawon bermanfaat untuk menghangatkan dan meredakan rasa capek atau pegal-pegal. Kamu bisa menggunakannya dengan cara dioleskan dan lakukan pemijatan pada area tertentu yang terasa capek atau pegal.

7 dari 8 halaman

Menghangatkan Tubuh dan Melegakan Pernapasan

Bau minyak tawon sangat khas. Bau khas inilah yang membantu melegakan pernapasan kamu dari hidung tersumbat. Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung.

Manfaat minyak tawon tidak hanya itu saja, kandungan cajuput oil juga mampu menghangatkan tubuh. Kemudian, bawang merah yang memberikan efek vasodilatasi, ketika digosokkan ke kulit, peredaran darah akan lebih lancar sehingga cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin jika digunakan untuk minyak kerokan.

8 dari 8 halaman

Mencegah Gigitan Nyamuk

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan minyak tawon untuk mencegah gigitan nyamuk. Untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk, kamu bisa mengoleskan minyak tawon pada tubuh tipis-tipis.

Nyamuk ternyata tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut. Kamu tentu bisa kembali beraktivitas tanpa takut digigit nyamuk.

Manfaat minyak tawon tidak sekadar mengusir nyamuk. Minyak tawon yang dibuat dari ekstrak kunyit mengandung senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan di kulit.

Bekas gigitan nyamuk membuat kulit terasa gatal. Bila kulit terus kamu garuk, kulit bisa membengkak dan meradang. Bila kamu mengoleskan minyak tawon pada kulit yang digigit nyamuk, peradangan akan lebih cepat pulih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS