Sukses

5 Tips Agar Mouse Wireless Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips agar mouse wireless awet dan tidak cepat rusak cukup sederhana

Liputan6.com, Jakarta Mouse wireless tentunya sangat mudah dan fleksibel untuk digunakan. Hal ini disebabkan karena mouse wireless tidak menggunakan sambungan kabel lagi ke laptopatau PC saat digunakan.

Kamu cukup mencolok USB sambungannya ke laptop atau PC. Namun karena kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh mouse wireless ini, banyak orang yang lalai dalam perawatannya. Akibatnya banyak orang mengeluhkan mouse wireless cepat rusak dan tidak awet, padahal hal ini karena kamu tidak menjaganya dengan baik.

Tips agar mouse wireless awet dan tidak cepat rusak cukup sederhana. Tidak perlu melakukan berbagai hal yang merepotkan seperti membukanya dan memperbaikinya dari dalam, kamu hanya perlu menjaganya dan lingkungan sekitar mouse tetap bersih.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips agar mouse wireless awet dan tidak cepat rusak dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Matikan Mouse Jika Sudah Tidak Digunakan

Tips pertama agar mouse wireless awet dan tidak cepat rusak adalah mematikan mouse jika sudah tidak digunakan. Mouse wireless biasanya memiliki tombol on/off pada badan mouse atau dekat sensor.

Hal ini berkaitan dengan daya baterai yang tentunya akan cepat habis jika tidak dimatikan saat sudah tidak digunakan. Hal ini sangat sering dilupakan dan disepelekan banyak orang, sehingga menjadi salah satu penyebab mouse wireless mudah rusak dan tidak awet dalam penggunaannya.

3 dari 6 halaman

Bersihkan Optik Mouse Secara Berkala

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, memperhatikan kebersihan mouse wireless sangat penting dalam upaya menjaganya tetap awet dan tidak mudah rusak. Hal ini disebabkan karena optic mouse sangat sensitive terhadap partikel debu.

Jika sensor pada mouse wireless sudah dipenuhi oleh debu, maka hal ini dapat memberikan pengaruh buruk terhadap fungsi kursor. Kursor bisa bermasalah jika tidak segera dibersihkan saat sudah banyak debu yang menumpuk.

4 dari 6 halaman

Siapkan Baterai Cadangan

Selanjutnya, tidak kalah penting juga dalam memperhatikan daya baterai. Penggunaan yang terus menerus, apalagi jika sering lupa untuk mematikan mouse wireless mengharuskan kamu untuk selalu menyediakan baterai cadangan.

Saat daya baterai hampir habis, terkadang mouse akan macet. Selain itu, menggunakan baterai yang dayanya hampir habis dapat menyebabkan efek buruk pada komponen mouse tersebut.

5 dari 6 halaman

Jauhkan dari Benda Cair

Selain menjaga kebersihan mouse wireless sendiri, kamu juga wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar mouse tersebut. Jangan sampai kamu meletakkan minuman dekat mouse atau laptop dan tertuang, bisa jadi mouse dan laptopmu menjadi rusak.

Benda cair tentunya sangat sensitif bagi benda seperti mouse wireless ini. Sebab jika terkena langsung, maka dapat menimbulkan kerusakan pada mouse. Untuk itu jauhkan mouse dari jangkauan benda cair.

Begitu pula saat kamu menggunakannya, jangan gunakan mouse saat tangan kamu sedang basah. Hal ini juga dapat merusak komponen mouse jika air dari tanganmu masuk ke dalam celah mouse.

6 dari 6 halaman

Sebaiknya Hindari Membongkar Mouse

Tips terakhir dalam merawat mouse wireless agar awet dan tidak cepat rusak adalah menghindari membongkar mouse tersebut. Sebelum buru-buru membongkar mouse wireless saat kamu merasakan ada masalah, sebaiknya kamu lakukan beberapa langkah sebelumnya terlebih dahulu.

Kamu harus berhati-hati jika memiliki keinginan untuk membongkar mouse wireless, karena hal ini dapat berisiko membuat mouse rusak dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

Jika mouse wireless tidak mau berfungsi, sebaiknya kamu membawanya ke tempat servis komputer, sehingga bisa menghindari kerusakan yang lebih parah daripada jika dibongkar sendiri tanpa pengetahuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.