Sukses

Cara Menggunakan Masker Kunyit Sesuai Jenis Kulit, Jangan Sampai Salah

Liputan6.com, Jakarta Popularitas kunyit sebagai perawatan kulit kian digemari. Meski meninggalkan warna kuning pada kulit, khasiat kunyit tak dapat diragukan lagi. Selama ratusan tahun, orang-orang di seluruh dunia telah mengaitkan kunyit dengan khasiat penyembuhan dan manfaat kosmetik.

Kunyit tersedia sebagai rempah-rempah bubuk atau dalam suplemen dan produk kecantikan dan dermatologi lainnya. Kunyit terbukti mampu melawan jerawat dan bekasnya, mencerahkan, dan mengatasi masalah kulit lainnya.

Kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut kurkumin. Kurkumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Cara alami dan aman menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit adalah meraciknya sendiri di rumah.

Namun, menggunakan kunyit sebagai produk perawatan wajah juga tak boleh sembarangan. Kamu juga perlu memerhatikan jenis kulit. Tiap jenis kulit pastinya memerlukan perawatannya sendiri. Ini juga berlaku pada penggunaan kulit sebagai masker wajah.

Dengan memahami jenis kulit, kamu dapat menentukan perawatan kunyit seperti apa yang dibutuhkan. Berikut cara menggunakan masker kunyit sesuai jenis kulit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (26/7/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Masker kunyit untuk kulit kering

Kulit kering selalu membutuhkan pelembab dan hidrasi ekstra baik saat musim hujan maupun musim panas. Kamu bisa memadukan kunyit dengan bahan alami yang melembabkan kulit. Tip perawatan kulit kering penting lainnya adalah menggunakan tabir surya pelembab setiap hari untuk mencegah kerusakan dan kekeringan kulit.

Bahan alami yang dapat dicampurkan pada masker kunyit untuk kulit kering adalah susu dan bubuk almond. Susu membantu untuk menghidupkan kembali kulit kering dan meningkatkan pertumbuhan jaringan, yang mengurangi kemungkinan penuaan dini. Sementara almond menambah kelembaban pada kulit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Berikut cara menggunakan ramuan masker untuk kulit kering ini:

1. Campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit sampai menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi.

2. Oleskan secara merata pada kulit bersih di seluruh wajah dan biarkan selama 15-20 menit.

3. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin. Lembabkan dengan krim pelembab setelahnya.

4. Ulangi seminggu sekali secara rutin.

3 dari 6 halaman

Masker kunyit untuk berjerawat

Jika kamu memiliki kulit berjerawat, kunyit bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasinya. Kamu bisa mencoba masker wajah kunyit untuk membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang dihasilkan. Kualitas anti-inflamasi kunyit dapat membersihkan pori-pori dan menenangkan kulit.

Salah satu campuran masker kunyit yang ampuh untuk kulit berjerawat adalah kunyit dan yogurt. Bakteri bada yogurt jika diaplikasikan pada wajah akan melawan dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Berikut cara pemakaiannya:

1. Campur yogurt, air mawar dan sejumput kunyit.

2. Aduk rata hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan ke seluruh wajah.

3. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan seminggu sekali.

4 dari 6 halaman

Masker kunyit untuk kulit berminyak

Produksi berlebihan sebum dan minyak oleh kelenjar sebaceous adalah alasan utama untuk kulit berminyak. Jadi, seseorang harus menjaga wajah agar tidak terkena minyak berlebih dengan membersihkannya secara teratur. Kunyit dikenal untuk mengatur produksi sebum yang berlebihan dan karenanya bermanfaat untuk kulit berminyak.

Perpaduan masker kunyit yang cocok untuk kulit berminyak adalah bersama bubuk cendana. Bubuk cendana diperkaya dengan beberapa mineral yang bisa meresap ke dalam kulit. Bubuk cendana juga bisa menjadi exfoliator yang baik. Berikut cara menggunakan masker kunyit untuk kulit berminyak:

1. Tambahkan bubuk cendana dan sejumput bubuk kunyit dalam mangkuk.

2. Campurkan semuanya dan buat pasta dengan menambahkan air mawar.

3. Oleskan dan simpan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

4. Gunakan ini beberapa kali seminggu.

5 dari 6 halaman

Masker kunyit untuk kulit sensitif

Kulit sensitif sangat sulit dirawat karena cenderung alergi terhadap sebagian besar produk kosmetik. Kemerahan yang sering, peradangan, dan gatal-gatal adalah beberapa tanda kulit sensitif yang terlihat dan umum. Kunyit dan lidah buaya sangat bermanfaat untuk kulit sensitif karena menenangkan dan mengurangi peradangan.

Lidah buaya mengandung sifat antioksidan yang membantu menghaluskan kulit. Sangat membantu untuk ruam, luka bakar, dan kulit yang teriritasi. Berikut cara pemakaiannya:

1. Campur yogurt, gel lidah buaya segar, dan sejumput bubuk kunyit hingga membentuk pasta.

2. Oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit.

3. Gunakan beberapa kali seminggu, atau setiap kali terjadi iritasi.

6 dari 6 halaman

Masker kunyit untuk kulit kusam

Polusi dan sinar matahari yang berbahaya cukup berbahaya bagi kulit, terutama kulit di wajah. Kunyit mengandung antioksidan dan komponen antiinflamasi. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami.

Perpaduan terbaik kunyit untuk kulit kusam adalah bersama madu dan tepung jagung. Madu kaya akan antioksidan yang bisa membuat kulitmu bersinar. Sementara tepung jagung juga memberi efek mencerahkan wajah dan sebagai bahan pengikat di masker. Berikut cara penggunaannya:

1. Campur kunyit dan tepung jagung. Setelah dibuat menjadi pasta, tambahkan madu.

2. Oleskan masker ke wajah dan leher.

3. Biarkan selama 15-20 menit.

4. Gunakan kain basah hangat untuk menghapus masker. Gunakan seminggu sekali.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS