Sukses

9 Makanan Khas Kalimantan Barat yang Unik dan Menggugah Selera

Makanan khas Kalimantan Barat merupakan perpaduan kultur berbagai macam suku.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Kalimantan Barat mungkin tidak sepopuler rendang ataupun gudeg. Namun ternyata banyak makanan makanan yang tak kalah enak yang berasal dari tanah Borneo ini.

Provinsi Kalimantan Barat yang lebih terkenal karena dilalui oleh garis khatulistiwa ini menyajikan banyak hidangan khas yang unik. Bahkan kamu mungkin tidak akan menjumpainya di daerah-daerah lain di Indonesia.

Makanan khas Kalimantan Barat ini merupakan perpaduan kultur berbagai macam suku yang menetap di daerah tersebut. Selain itu, tidak hanya makanan berat saja, banyak juga camilan yang tak kalah enak yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke Kalimantan Barat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/4/2019) tentang makanan khas Kalimantan Barat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kerupuk Basah dan Bingke

1. Kerupuk Basah

Meski namanya kerupuk, kamu tidak akan menemukan rasa renyah dari kerupuk yang merupakan makanan khas Kalimantan Barat satu ini. Kerupuk basah lebih terlihat seperti otak-otak atau pempek yang bisa dimakan langsung atau digoreng dengan cocolan saus kacang yang membuatnya semakin lezat. Bentuknya lonjong seperti sosis, tetapi lebih panjang dan lebih besar.

Camilan berwarna abu-abu ini berasal dari Kapuas hulu, dan bisa kamu temui di semua wilayah Kapuas hulu. Kerupuk basah terbuat dari tepung sagu dan olahan ikan. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan belida yang merupakan salah satu ikan khas dari Kalimantan Barat.

Dengan tekstur yang lembut dan aroma khas, penggunaan ikan belida akan membuat makanan khas Kalimantan Barat ini semakin lezat disantap.

2. Bingke

Bingke merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari telur dan tepung dan bisa kamu temui di Kota Pontianak. Kue Bingke ini juga divariasikan dengan tambahan tambahan lain seperti keju, coklat, bahkan durian.

Bentuknya mirip dengan martabak manis atau juga seperti kue tar keju. Proses pembuatannya hampir sama dengan proses pemasakan kue lumpur. Makanan khas Kalimantan Barat satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh yang wajib kamu cicipi.

3 dari 5 halaman

Kue Kantong Semar dan Mie Sagu

3. Kue Kantong Semar

Kue kantong semar ini berasa dari daerah pedalaman Kalimantan Barat. Namun, sering disajikan ketika adanya acara daerah ataupun acara kenegaraan. Makanan khas Kalimantan Barat ini tidak terlalu sering ditemui karena memang tumbuhan ini dilindungi.

Namun untuk melestarikan adat dan budaya, makanan khas Kalimantan Barat ini tetap dilegalkan menjadi wadah makanan ini, tentunya dengan berbagai macam pemeliharaan setelahnya.

Biasanya di dalam kantong semar ini terdapat beras pulut yang dicampur dengan kacang merah yang kemudian akan dikukus. Dengan keunikannya tersebut, makanan ini tidak kalah mengugah selera dari makanan lain, apalagi ditambah dengan keunikannya.

4. Mi Sagu

Sagu lebih terkenal sebagai bahan makanan yang populer di Indonesia bagian timur. Namun ternyata, sagu juga merupakan bahan utam dalam salah satu makanan khas Kalimantan Barat ini, yaitu mie sagu.

Memiliki ukuran lebih besar dan tebal dengan warna cokelat kehitaman yang tmapak kusam, membuat bentuk dan tekstur me sagu sangat berbeda dengan mie pada umumnya. Kuah mi sagu ini sangat kental karena didapatkan dari hasil tumisan. Me sagu dimasak dengan campuran kecambah, daun kucai, serta bumbu dan potongan daging.

4 dari 5 halaman

Asam Pedas Tempoyak dan Pengkang

5. Asam pedas tempoyak

Asam pedas tempoyak adalah salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang merupakan pendamping makan nasi. Terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu pedas dan cita rasa asam.

Dengan tempoyak, membuat aroma masakan menjadi semakin sedap dan menggugah selera. Tempoyak sendiri merupakan hasil fermentasi durian yang menjadi makanan khas Kalimantan Barat, khususnya dari Ketapang.

6. Pengkang

Pengkang merupakan sebuah camilan yang terdiri dari olahan beras ketan dengan isian ebi dengan cita rasa gurih. Adonan tersebut nantinya dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar sehingga menghasilkan aroma yang sangat sedap.

5 dari 5 halaman

Ale-ale, Pisang Goreng Srikaya, dan Bubur Ikan

7. Ale-ale

Ale-ale merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang dihasilkan dari olahan laut. Lagi lagi berasal dari daerah ketapang, makanan ini merupakan kerang berwarna putih bening yang diolah dengan bumbu pedas. Kamu bisa menyantap ale-ale sebagai camilan maupun sebagai teman makan nasi.

8. Pisang Goreng Srikaya

Pisang goreng srikaya merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang cukup terkenal. Pisang goreng srikaya ini bisanya menjadi teman minum kopi saring yang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain karena bahan dasarnya pisang nipah yang hanya ada di Pontianak, selai srikaya yang dilumuri di atasnya merupakan perpaduan telur dengan buas srikaya yang membuatnya semakin enak. Orang Pontianak menjadikan makanan ini menjadi sarapan pagi, bahkan makanan penutup di malam hari.

9. Bubur Ikan Pontianak

Bubur ikan Pontianak ini menggunakan nasi, kuah, sayuran segar serta taburan ikan laut ataupun ikan sungai yang beragam. Selain itu ada juga tambahan telur ayam kampung yang menambah nikmat dan sehatnya bubur ikan Pontianak ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini