Sukses

Di RSCM, Kanker Serviks Paling `Ngetop`

Data dari hasil survei yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta di rumah sakit dan puskesmas di Jakarta, didapatkan bahwa dari 50.902 wanita subur di Jakarta, sekitar 3,64 persen positif menderita kanker serviks.

Tampaknya, apa yang dipaparkan oleh Dinkes DKI Jakarta, sejalan dengan data yang tersedia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kepala Departemen Radioterapi RSCM, Prof, DR. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, SpRad (K) OnkRad mengatakan bahwa kanker serviks berada di urutan pertama dari sekian banyak jenis kanker yang ditangani di rumah sakit tersebut. Di posisi kedua, ditempati oleh kanker payudara.

Dari Januari sampai November 2013, tercatat ada 368 pasien dengan kanker serviks, dan 334 pasien untuk kanker payudara.

"Angka kejadian penderita kanker payudara kalah tinggi dari kanker serviks. Karena biasanya, kanker payudara terjadi pada masyarakat sosio-ekonomi menengah, sedangkan kanker serviks itu sendiri banyak terjadi pada kalangan bawah," kata Dr. Soehartati dalam acara `World Cancer Day: Menepis Mitos Kanker`, di Lobby Gedung Radioterapi RSCM, Salemba, Jakarta, pada Senin (3/2/2014)

Di posisi selanjutnya, ditempati kanker nasofaring, kanker otak, kanker paru, rectum, laring, kelenjar getah bening, soft tissue, prostat, dan mata. Secara keseluruhan ada 1.523 kasus kanker yang ditangani rumah sakit yang dijadikan pusat rujukan penyakit di Indonesia.

Lebih lanjut Dr. Soehartati mengatakan, semua kanker pada dasarnya dapat dicegah, termasuk kanker serviks. Pencegahan yang harus dilakukan dengan cara vaksinasi HPV (Human Papiloma Virus), dan menghindari faktor risiko.

Selain itu, tambah Soehartati, masing-masing individu juga dapat melakukan deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA secara rutin.

(Adt/Abd)

Baca juga:

Vagina Toilet Cegah Kanker Serviks
Cara Melakukan Sendiri `Vagina Toilet`
Vagina Toilet, Organ Intim Kencang Suami Senang