Sukses

Orangtua Jangan Hanya Mengasuh Tapi Juga Mengasah Kualitas Anak

Tidak hanya mengasuh, orangtua juga wajib mengasih dan mengasah kualitas pada anak.

Peranan penting orangtua sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Tidak hanya mengasuh, orangtua juga wajib mengasih dan mengasah kualitas pada anak.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D., Sp,GK mengatakan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) sangat ditentukan oleh kualitas pembinaan keluarga sejak dini, bahkan sejak janin berada di dalam kandungan.

"Keluarga sangan penting, karena teori Ekologi sendiri menekankan pentingnya keluarga dalam membina tumbuh kembang seorang anak, karena anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan keluarga, dan pengaruh emosional terbesar juga berasal dari keluarga," kata Prof. Fasli Jalal.

Hal ini disampaikannya dalam Seminar 'Keluarga Adalah Pilar Pertama dan Utama Dalam Membangun Bangsa', di Gedung BKKBN, Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa (26/11/2013)

Lebih lanjut pria berdarah Sumatera Barat ini mengatakan, keluarga merupakan wahana utama dan pertama, dalam hal mengembangkan potensi pada anak. Selain itu, keluarga jugalah yang nantinya akan mengembangkan sosial dan ekonomi pada anak tersebut.

"Keluarga merupakan sel suatu bangsa. Jika sel-sel tersebut tidak kokoh, maka kehidupan suatu banga menjadi rapuh," kata Prof. Fasli Jalal menerangkan.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini