Sukses

Harus Segera Dihentikan, Inilah 4 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Nyeri pada Punggung

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya umur, biasanya punggung bisa rawan terkena rasa nyeri yang kurang nyaman atau sering dikenal dengan istilah umum, yaitu encok. Selain karena usia yang sudah tak lagi muda, kondisi ini bisa saja terjadi sebab pola hidup dan kebiasaan buruk yang sering diterapkan. Tak khayal, jika saat ini bukan hanya orang tua saja yang bisa terserang nyeri pada punggung, tetapi juga anak muda.

Menariknya, kamu bisa bisa mengurangi risiko terjadinya hal ini jika mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan rasa sakit punggung. Kira-kira apa saja itu? Yuk, disimak dulu ulasan berikut ini.

1. Sering Bungkuk Saat Duduk

Kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka dengan duduk di atas kursi. Namun, hanya sedikit yang menyadari betapa pentingnya posisi duduk yang dilakukan. Hampir semuanya duduk dengan membungkukan badan mereka. Sebab, hal tersebut dirasa paling nyaman dan mudah untuk diterapkan.

Akan tetapi, tahukah kamu jika terlalu sering bungkuk saat duduk dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung secara berkelanjutan? Yup, ini dapat terjadi karena terdapat perubahan pada lekukan normal dari tulang belakang manusia. Parahnya lagi, hal tersebut juga akan menyebabkan risiko penyakit yang lebih kronis bila dilanjutkan dalam waktu yang lama.

2. Terlalu Lama Berdiri

Terlalu lama berdiri faktanya juga akan membuat punggung mengalami rasa sakit yang tak mengenakkan. Pasalnya, posisi seseorang saat berdiri bisa memengaruhi kondisi leher, tulang belakang, serta bahu. Jika postur berdiri yang dilakukan salah, maka bukan tidak mungkin jika tulang belakang akan mengalami kelainan. Alhasil, berbagai permasalahan punggung bisa menghampiri dan membuat kegiatan sehari-hari jadi tambah tak mengenakkan dikerjakan.

3. Terlalu Fokus pada Smartphone

Kebiasaan lainnya yang bisa sebabkan rasa sakit pada punggung adalah terlalu sering dan fokus dalam bermain smartphone. Ketika kamu menggunakan perangkat elektronik ini, maka tengkuk leher akan secara otomatis menunduk guna melihat layar gadget yang sedang di-scroll. 

Bahayanya, jika terlalu lama menunduk, leher akan menjadi nyeri, dan akhirnya memberikan dampak yang buruk pula untuk kesehatan punggung. Bahkan, menurut beberapa penelitian, membaca pesan pendek pada perangkat ini saja bisa menambah beban pada sumsum tulang belakang hingga 20 kg. Oleh karena itu, mulailah untuk membatasi penggunaan smartphone agar kesehatan punggung bisa tetap terjaga.

4. Kurang Beristirahat

Kurang beristirahat ternyata menjadi salah satu penyebab sakit punggung yang jarang diketahui oleh banyak orang. Diketahui, bahwa kondisi sel tulang belakang manusia memiliki ketergantungan terhadap siklus siang dan malam kepunyaan masing-masing. 

Nah, ketika siklus itu terganggu, maka sejumlah sel dalam tubuh akan mengalami kelainan dan bahkan memicu naiknya risiko nyeri punggung pada seseorang. Jadi, usahakan selalu untuk beristirahat sebanyak mungkin, ya.

Itu tadi beberapa kebiasan buruk yang bisa memicu rasa sakit terhadap punggung. Jika kamu memiliki kondisi nyeri punggung yang tak biasa, sebaiknya lakukanlah kunjungan ke rumah sakit segera agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS