Sukses

Tanpa Harus Minum Obat, Begini Caranya Mengurangi Rasa Nyeri saat Menstruasi Tiba

Liputan6.com, Jakarta Nyeri di sekitar area perut menjadi hal yang umum terjadi saat sedang mengalami menstruasi. Namun, ada kalanya pula rasa sakit ini tak tertahankan dan bahkan bikin perut melilit. Tak hanya itu, sensasi tersebut biasanya diikuti dengan beberapa kondisi lainnya, seperti sakit kepala, mual, mudah lelah, dan lemas.

Nyeri haid sendiri disebabkan oleh perubahan hormon prostaglandin di dalam tubuh perempuan. Dalam hal ini, remaja perempuan yang sedang di masa pubertas lah yang sering menghadapi situasi seperti ini. Pasalnya, pada tubuh remaja putri, kadar prostaglandin lebih tinggi sehingga lebih rentan mengalami perasaan sakit ketika datang bulan. 

Meski begitu, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan sangat mudah, lho. Tanpa harus minum obat dan memanfaatkan cara alami saja, gejala nyeri haid bisa berkurang dan buat tubuh merasa lebih baik. Ingin tahu caranya? Simak yang berikut ini.

1. Kompres Air Hangat

Solusi pertama yang bisa diambil saat nyeri haid menyerang adalah melakukan kompres menggunakan air hangat. Mengompres area tubuh ini dengan air hangat dipercaya dapat melemaskan otot rahim yang sedang mengalami kontraksi saat datang bulan. Sehingga, kondisi perut bisa lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, melakukan cara ini juga ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah agar bisa lebih lancar dan memberikan sensasi relaksasi pada tubuh. Dengan memberikan suhu panas, beberapa pembuluh darah akan melebar dan memperbaiki peredaran darah yang ada di dalam jaringan tersebut. 

Cara ini bisa dilakukan secara mudah dan sederhana oleh perempuan manapun. Cukup isi botol dengan air hangat. Kemudian, balut menggunakan handuk kering atau kain. Letakkan selama beberapa saat di area yang terasa nyeri dan lakukan secara berulang hingga rasa sakit mereda.

2. Oleskan Minyak Aromaterapi

Minyak aromaterapi sudah diketahui sejak lama dapat memberikan sejumlah efek yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk pula untuk perempuan yang sedang mengalami masa haid. Ada beberapa minyak esensial yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri di area perut ketika menstruasi. Di antaranya adalah lavender, kayu manis, sage, cengkeh, dan lainnya.

Sebelum menggunakan treatment ini, pastikan dahulu untuk memilih minyak aromaterapi dengan kualitas yang bagus. Semakin tinggi kualitas yang dimiliki, maka akan semakin ampuh juga khasiat yang dihasilkan. Meskipun sedikit lebih mahal, namun hal tersebut pastinya tak akan jadi masalah jika digunakan demi kesehatan.

3. Minum Teh Herbal 

Menurut sejumlah penelitian, teh herbal bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi rasa nyeri yang timbul akibat menstruasi. Misalnya saja, teh  chamomile dan jahe. Ketiga jenis teh ini biasanya paling direkomendasikan oleh para perempuan yang sedang mengalami haid.

Teh Chamomile sendiri memiliki kandungan apigenin yang berfungsi meredakan kondisi kram perut dengan cara merelaksasikan otot rahim yang tegang. Sementara itu, teh jahe mengandung berbagai nutrisi yang ampuh dalam menurunkan jumlah zat kimia, seperti prostaglandin di dalam tubuh. Alhasil, keluhan lainnya selama menstruasi bisa diatasi dan membuat kondisi tubuh lebih mendingan. 

Itulah beberapa solusi mudah yang bisa diterapkan saat sedang mengalami nyeri akibat menstruasi. Namun, bila sensasi kram dan sakit pada perut tak kunjung hilang, maka disarankan agar kamu mengunjungi dokter saja agar bisa mendapatkan perawatan yang lebih tepat. Semoga bermanfaat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS