Sukses

Mengurangi Rasa Sakit hingga Mencegah Depresi, Ini Manfaat Baik Merendam Kaki dengan Air Dingin

Liputan6.com, Jakarta Bila melakukan perawatan tubuh, mungkin kaki menjadi yang paling jarang diperhatikan bila dibanding dengan bagian lainnya. Padahal, anggota tubuh ini bisa gampang banget terkena stress dan kelelahan. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga kebugaran dan kesehatan pada kaki agar tak timbul berbagai permasalahan serius.

Menjaga kondisi kaki agar tetap optimal, bisa dilakukan dengan berbagai treatment. Salah satunya adalah dengan merendamnya menggunakan air dingin. Tak perlu waktu lama dalam melakukan hal ini. Kamu cukup meluangkan waktu sekitar 10 atau 15 detik saja untuk mendapatkan manfaat baiknya. Lantas apa saja kegunaan merendam kaki di air dingin? Berikut penjelasannya.

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Selama 24 jam penuh setiap harinya, jantung terus memompa darah agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh, termasuk pula kaki. Namun, apa jadinya bila sirkulasi darah ini tak lancar dan tersumbat? Pastinya akan menyebabkan berbagai kondisi kesehatan, seperti kesemutan, mati rasa, dan bahkan dapat mematikan sejumlah jaringan.

Dengan merendam kaki menggunakan air dingin selama beberapa detik, peredaran darah yang tadinya terhambat jadi bisa lancar kembali. Hal ini juga bisa kamu terapkan setelah melakukan aktivitas olahraga yang melelahkan. Sehingga, kaki bisa menjadi lebih segar dan bugar.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Mengalami cedera pada kaki tentu saja bisa menyebabkan rasa sakit dan ketegangan saraf yang tak bikin tak nyaman. Meski begitu, kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan merendamnya menggunakan air dingin. Berendam di dalam air es, dinilai mampu memberikan sensasi lega pada area tubuh yang nyeri. 

Tak hanya itu, air dingin juga bisa dipakai guna mengurangi pembengkakan yang terjadi. Tapi, hal tersebut harus diiringi juga dengan pengobatan lain dari dokter, ya. Pasalnya, solusi ini hanya memberikan efek sementara dan tak selamanya bekerja. Sehingga, akan lebih baik bila diimbangi dengan treatment dari yang lebih ahli.

3. Mencegah Depresi

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan jika rajin merendam kaki menggunakan air dingin adalah mampu mencegah terjadinya depresi. Stress dan depresi bisa terjadi jika inti tubuh mengalami kenaikan suhu. Saat kondisi ini terjadi, sistem kardiovaskuler dan saraf pusat mengalami banyak tekanan dan berakhir dengan harus bekerja lebih keras dari biasanya.

Merendam kaki di dalam air dingin, mampu sekali untuk memberikan efek ketenangan pada kaki dan mengurangi perasaan stress yang dimiliki. Proses ini terjadi dengan kerja sama reseptor dingin pada kulit, kemudian menaikkan mood, dan setelahnya mengurangi gejala depresi. 

Demikian beberapa manfaat baik dari merendam kaki menggunakan air dingin. Meskipun cara ini sangat efektif dilakukan sebagai pertolongan pertama, namun sebaiknya disertai juga ya dengan rekomendasi pengobatan dari para dokter yang berpengalaman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS