Sukses

Sering Makan Mangga Muda? Ini Berbagai Manfaat yang Bisa Didapatkan

Liputan6.com, Jakarta Mangga mudah biasanya dinikmati oleh banyak orang karena rasanya yang asam dan memiliki tekstur yang kriuk. Tak jarang, buah ini dijadikan sebagai rujak yang disajikan dengan buah-buahan lain dan sambal yang manis pedas. Bukan hanya itu, mangga muda juga sering diolah menjadi minuman yang sangat enak dan menyegarkan.

Buah yang sering ditemukan di negara tropis ini memiliki bermacam-macam jenis. Tak hanya penampilannya saja yang berbeda, namun juga rasa dan tekstur yang dimiliki. Namun, tahukah kamu, di balik rasanya yang kecut, ternyata mangga muda memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sama seperti buah yang asam pada umumnya, mangga muda juga tinggi akan kandungan vitamin C dan A. Keduanya merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, buah ini sangat bagus bila dikonsumsi oleh orang dengan imunitas lemah.

Dengan berbagai kebaikannya, mangga muda mampu melindungi tubuh kamu dari berbagai ancaman penyakit, seperti pilek, batuk, dan lainnya. Tak hanya itu, jenis mangga ini diketahui pula dapat meningkatkan penglihatan, membuat kulit dan rambut semakin sehat, serta mengurangi risiko kanker prostat.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan adalah suatu hal yang sering sekali sulit untuk dilakukan. Tak hanya harus rutin berolahraga, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang. Namun, proses diet ini ternyata bisa dilakukan dengan rajin makan mangga muda, lho.

Buah ini sendiri memiliki jumlah kalori dan gula yang sedikit. Dengan  mengkonsumsi mangga muda, kalori di dalam tubuh bisa dibakar dan membuat kamu lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama. Jadi, tak perlu lagi bersusah payah lari hingga 10 km untuk menjadi kurus. Karena, dengan buah mangga saja, lemak yang ada di tubuhnya bisa berkurang.

3. Melancarkan Pencernaan

Pasti kamu pernah merasakan bagaimana sulitnya melakukan BAB, bukan? Padahal, permasalahan tersebut bisa terjadi karena tubuh sedang kekurangan serat yang berperan penting dalam proses pencernaan. Tak hanya tinggi vitamin, mangga muda ternyata juga dilengkapi dengan kandungan serat yang bagus bagi pencernaan tubuh.    

Selain itu, buah ini mengandung pektin, serat larut yang umumnya ditemukan pada sayur dan buah. Adanya senyawa ini, mampu mengatasi beraneka ragam gangguan pencernaan yang sering terjadi. Mulai dari diare, wasir, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Mencegah Dehidrasi

Tubuh seringkali mudah mengalami dehidrasi ketika melakukan aktivitas di luar rumah dan di bawah terik matahari. Ketika kondisi ini terjadi, maka kandungan sodium klorida dan zat besi dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Namun, mengatasi hal ini faktanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah mangga muda.

Caranya sangat gampang sekali dilakukan. Cukup rebus mangga muda bersama sedikit gula, garam, dan jinten. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga airnya mendidih dan bisa kamu minum. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi minuman jus yang segar dan menyehatkan. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah mangga muda. Semoga bermanfaat. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS