Sukses

Orang dengan Kolesterol Tinggi Boleh Makan Telur, Asal...

Disarankan agara orang dengan kadar kolesterol tinggi berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum mengonsumsi telur untuk mengetahui porsi yang tepat untuknya.

Liputan6.com, Jakarta - Individu dengan kolesterol tinggi masih boleh makan telur asalkan jumlahnya tetap sesuai batas, seperti disampaikan ahli gizi Ulva Reatiara, S.Gz, MPH.

"Penderita kolesterol masih aman untuk mengonsumsi telur dengan catatan mengonsumsi secukupnya atau tidak berlebihan dan tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat," kata lulusan Universitas Gadjah Mada itu, Jumat (14/10), dilansir Antara.

Meski demikian, Ulva menyarankan agar orang dengan kadar kolesterol tinggi berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum mengonsumsi telur untuk mengetahui porsi yang tepat untuknya.

Telur merupakan salah satu makanan bergizi dan baik bagi tubuh. Di dalam telur terkandung protein, lemak, karbohidrat, serta mineral seperti kalsium, fosfor, besi, seng dan berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, dan niasin.

Namun, telur memang akan menyebabkan kadar kolesterol meningkat, kata Ulva, jika dikonsumsi secara berlebihan. Bagian kuning telur mengandung banyak kolesterol dibandingkan dengan bagian putihnya.

Batas konsumsi maksimal telur akan berbeda pada tiap individu, tergantung pada kondisi masing-masing. Menurut Ulva, orang dengan indikasi penyakit tertentu seperti jantung, kolesterol, dan diabetes memiliki batas konsumsi telur yang berbeda dari orang sehat, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan tubuh. 

Sebelumnya, Ikadan Dokter Anak Indonesia mengajak masyarakat untuk mengonsumsi telur sebagai bagian dari gerakan makan telur dan ikan setiap hari. Gerakan ini dibuat guna mengejar target pemerintah dalam menurunkan angka kekerdilan menjadi 14 persen pada 2024. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Gizi yang Relatif Murah

Selain itu, seperti diungkap oleh praktisi kesehatan anak dr Tirza Arif Santosa, SpA, telur merupakan sumber gizi lengkap dan relatif murah untuk memenuhi kebutuhan gizi harian khususnya bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

"Kalau bicara telur, merupakan salah satu sumber protein yang paling murah dengan gizi yang sangat lengap," ujarnya pada 2021.

Tirza menjabarkan, kandungan gizi telur sangat banyak seperti Omega 3 yang bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, untuk perkembangan otak bayi dan anak-anak.

 

3 dari 3 halaman

Makan Telur Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Demikian pula dengan kandungan kolindan DHA tinggi pada telru yang sangat baik untuk perkembanagn otak anak.

"Kuning telur juga tinggi kandungan luteinnya yang bagus untuk kesehatan mata, khususnya untuk ketajaman penglihatan anak dalam proses belajar," kata Tirza.

Kandungan zat gizi yang baik untuk mata tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh orang dewasa dan lansia guna pencegahan penyakit katarak pada orang tua dan mencegah kebutaan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.