Sukses

4 Ciri Hubungan yang Sudah Tak Sehat Lagi, Musti Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hubungan yang dianggap baik dan sehat adalah apabila kedua belah pihak saling merasakan kenyamanan dan keamanan satu sama lain. Selain itu, pasangan juga harus memiliki rasa kepercayaan terhadap yang lainnya agar bisa makin mesra dan awet. Nah, ikatan seperti inilah yang seharusnya wajib dipertahankan supaya tidak rusak dan berantakan.

Sayangnya, untuk beberapa pasangan, hal semacam ini belum tentu bisa dimiliki secara mudah. Terlebih, apabila terlibat dengan hubungan yang ‘toxic’ dan dapat memberikan dampak yang buruk pada satu atau kedua sisi. Sering pula dari mereka yang terjerumus dengan orang yang manipulatif dan juga abusive. Imbasnya, tentu dapat merusak kesehatan mental dan bahkan pada tubuh.

Untuk itu, Anda wajib tahu apa saja tanda-tanda hubungan yang sudah tidak baik lagi. Berikut ini informasi yang bisa dibaca untuk bisa lebih memahami apakah Anda terlibat dengan hubungan yang sehat atau tidak.

1. Semakin Buruknya Komunikasi

Hubungan yang baik umumnya dijalani dengan adanya komunikasi dua arah. Tak ada yang mendominasi, maupun didominasi. Namun, bila merasa percakapan yang dilakukan sudah melibatkan kata-kata kasar dan tak pantas, sebaiknya Anda segera menghindar atau keluar dalam hubungan tersebut.

Alasannya karena hal itu bisa menjadi tanda awal bahwa jalinan yang sedang dilakukan tak lagi bersifat baik. Apalagi bila sang pasangan mulai bertindak tak acuh dan mengabaikan semua yang Anda katakan. Maka tiada guna lagi mempertahankan semua itu.

2. Selalu Disalahkan dan Merasa Bersalah

Pernahkah Anda merasa selalu disalahkan dan menanggung rasa bersalah bila bersama pasangan? Mungkin hal itu merupakan sinyal awal untuk segera berhenti dari tali ikatan yang sedang dijalin. Karena permasalahan tersebut bisa menjadi sangat serius dan membuat retak apa yang telah dibangun sebelumnya.

Setiap konflik yang terjadi juga akan memberatkan satu pihak saja. Untuk pihak lainnya? Tentu akan merasa selalu benar, meskipun yang dilakukan sebenarnya salah. Bila terus berulang, maka hal tersebut bisa menjadi sebuah doktrin untuk pihak yang selalu disalahkan. Akibatnya, rasa bersalah pun terus menghantui dan kepercayaan terhadap diri sendiri semakin berkurang. 

3. Rasa Cemburu yang Tak Normal

Memiliki rasa cemburu untuk pasangan merupakan hal yang sangat normal dalam sebuah jalinan. Akan tetapi, bila sudah berlebihan, tindakan tersebut bisa membawa Anda ke hubungan ‘toxic’ dan seharusnya segera disudahi. Karena jelas sekali, bila sifat tersebut bisa berakhir ke arah yang tak terduga.

Kecemburuan yang berlebihan, ternyata juga bisa membuat kewarasan seseorang jadi hilang. Sangkin posesifnya, mereka bisa melakukan sesuatu yang tak masuk akal dan berada di luar batas. Tak jarang pula, sifat tersebut menuntun ke arah kekerasan yang pastinya akan melukai salah satu pihak.

4. Mengontrol Pasangan dengan Berlebihan

Tak boleh makan ini dan itu. Tak boleh pergi ke sana dan ke situ. Mungkin inilah gambaran bila pasangan Anda terlalu memegang kontrol dalam sebuah hubungan. Semua serba dibatasi dan penuh akan larangan.

Akibatnya, Anda jadi tak bebas untuk melakukan berbagai hal. Bahkan, kejadian seperti ini bisa berujung kepada rusaknya tali kekeluargaan dan juga pertemanan. Anda pun bisa berubah menjadi orang lain dan itu rasanya pasti tak akan enak. Untuk itu, segera akhiri saja agar tak memberikan dampak buruk baik pada mental maupun tubuh Anda.

Itu tadi beberapa tanda bahwa hubungan tak lagi harus dijalani. Namun, sebelumnya, Anda juga harus tetap selektif dalam memilih seorang pasangan. Karena jika salah pilih, tak menutup kemungkinan hal-hal seperti di atas akan terjadi terhadap Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.