Sukses

Saat Sulit Bersin, Ini yang Bisa Anda Lakukan

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya Anda mungkin mengalami kesulitan bersin, seperti hidung terasa gatal dan sepertinya Anda harus bersin, namun Anda tidak bisa melakukannya. Kemudian Anda pun merasa kesal sendiri.

Dilansir dari Women's Health Magazine, ada alasan mengapa Anda bisa merasa sangat terganggu saat tidak bisa bersin.

“Bersin adalah respons protektif,” jelas John V. Bosso , MD, ahli alergi dan imunologi dan profesor kedokteran di University of Pennsylvania Perelman School of Medicine.

Bersin memungkinkan Anda untuk membersihkan hidung dari iritasi, kotoran, alergen, virus, dan bakteri, tambahnya.

Anda bersin ketika ada sinyal ke hidung bahwa beberapa stimulus berpotensi berbahaya atau menjengkelkan, kata Neil Bhattacharyya, MD, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan komprehensif di Mass Eye and Ear di Boston. Dan ketika Anda benar-benar bersin, itu bisa membantu mengeluarkan apa pun yang mengganggu Anda.

Jadi, mengapa terkadang Anda tidak bisa bersin?

Meskipun pada kenyataannya tidak umum untuk tidak bisa bersin, tetapi para ahli mengatakan ada beberapa hal yang bisa terjadi di balik ini.

"Mungkin ada sesuatu yang benar-benar tersangkut di hidung Anda, seperti semacam kotoran, benda kecil, atau bahkan spora jamur, dan tubuh Anda hanya mencoba (dan gagal) untuk mengeluarkannya," kata Dr. Bhattacharyya.

Yang lebih parah, Dr. Bosso menunjukkan bahwa hal-hal seperti masalah neurologis (pikirkan: stroke atau tumor otak) atau kondisi kejiwaan dapat menyebabkan Anda tidak dapat bersin. Dan, tentu saja, bisa jadi Anda hanya merasa perlu bersin, tetapi tubuh Anda tidak setuju.

Jika ketidakmampuan Anda untuk bersin secara tiba-tiba adalah hal yang baru, hal itu tidak menyebabkan masalah bagi Anda, dan terkadang Anda masih bisa bersin, Dr. Bhattacharyya mengatakan tidak perlu mengambil tindakan apa pun. "Bagi kebanyakan orang, bersin akan terjadi jika memang perlu," katanya.

Tetapi, jika Anda merasa benar-benar perlu bersin dan Anda merasa tidak bisa, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menangani sendiri masalahnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

5 Cara Membuat Diri Anda Bersin

Anda tentu ingin bersin yang aman dan tidak berlebihan. Para ahli merinci beberapa peretasan yang dapat Anda coba untuk membujuk hidung Anda bersin lagi.

1. Lihatlah cahaya terang

Aneh tapi nyata: Beberapa orang mulai bersin ketika mereka tiba-tiba berada dalam cahaya terang. (Ini disebut bersin fotik) Ini "merangsang refleks saraf," jelas Dr. Bosso. Sebagai peringatan, ini hanya bekerja pada sekitar sepertiga orang dan merupakan hal genetik, katanya. Artinya, jika orang tua Anda bersin ketika mereka melihat cahaya terang, kemungkinan besar Anda akan melakukan hal yang sama. Jika tidak, mungkin tidak akan berhasil.

2. Bau rempah yang kuat

Rempah-rempah seperti merica, kayu manis, dan cabai rawit dapat memicu bersin. “Ini mengiritasi ujung saraf hidung,” jelas Dr. Bosso. Anda bisa mendapatkan hasil dengan cepat dan kebanyakan orang akan bereaksi, katanya. Berhati-hatilah agar Anda tidak benar-benar menghirup bumbunya karena itu akan terasa pedas.

 

3 dari 4 halaman

3. Gelitik bagian dalam hidung Anda

Putar tisu dan masukkan perlahan ke dalam hidung Anda untuk mencoba merangsangnya dari dalam. Ini menggelitik ujung saraf hidung, kata Dr. Bosso, menambahkan bahwa itu bekerja pada kebanyakan orang dengan cukup cepat. Ingatlah nasihat dari Nadine M. Aktan, PhD, asisten dekan praktik lanjutan di Rutgers School of Nursing ini: "Memasukkan sesuatu yang terlalu jauh ke dalam hidung tidak dianjurkan."

4. Mencabut bulu hidung

Ajukan ini di bawah trik pilihan terakhir untuk hanya mencoba sekali. Mencabut bulu hidung merangsang saraf trigeminal (bagian dari sistem saraf yang mengirimkan sensasi rasa sakit, sentuhan, dan suhu dari wajah ke otak) dan dapat memicu bersin, kata Dr. Bosso. Namun, sadarilah bahwa "itu akan menyakitkan," ia memperingatkan.

 

4 dari 4 halaman

5. Cabut rambut wajah

Ini adalah trik yang mirip dengan trik rambut hidung: Mencabut rambut wajah, seperti alis yang menyimpang, juga dapat merangsang saraf trigeminal dan memicu bersin, kata Aktan. Ini harus menyebabkan bersin cukup cepat. Tapi, seperti mencabut bulu hidung, Anda benar-benar hanya ingin mencobanya sekali atau dua kali.

Jika Anda merasa perlu bersin dan tidak bisa di sana-sini, Dr. Bhattacharyya mengatakan itu bukan masalah besar. Tetapi, jika Anda menemukan bahwa ini adalah masalah biasa bagi Anda, ia merekomendasikan menemui dokter Anda untuk mencoba menggali lebih dalam tentang apa yang mungkin terjadi di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.