Sukses

Jihyo Twice Ungkap Cara Turun Berat Badan 15 Kg dengan Diet

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu anggota dari girlband Twice, Jihyo mengungkapkan dalam sesi siaran langsung kalau ia berhasil menurunkan 15 kilogram dari bobot tubuhnya.

Masih dalam sesi siaran langsung, ia juga berbagi kisah dan tips mengenai rutinitas diet yang ia terapkan sejak masa pre-debutnya.

Dikutip dari laman KBIZoom, Jihyo mengatakan kalau agensi JYP Entertainment tidak akan mengambil foto untuk ditampilkan pada profil debutnya bila berat badannya belum mencapai 45 kilogram (kg).

Saat ini, Jihyo sedang melakukan latihan secara teratur untuk meningkatkan kekuatan fisik dan menjaga kesehatannya.

Berikut adalah pola diet yang diterapkan oleh Jihyo Twice hingga turun sebanyak 15 kg:

  • Makan sehari sekali dan puasa setelah jam 5 sore

Melalui sebuah wawancara dengan Cosmopolitan Korea, Jihyo mengatakan, “Saya sangat suka makan. Jadi saat saya melakukan diet, itu sangat sulit."

Jadi, alih-alih melakukan diet dan terburu-buru menurunkan berat badan, Jihyo lebih memilih untuk berhenti makan camilan larut malam dan membatasi makan. Dia mengaku hanya makan satu kali sehari.

"Saya bertahan dari pagi sampai sore dan kemudian makan sekitar jam 4 sampai 5 sore. Saya hanya mencoba untuk menjaga rutinitas itu."

Tak hanya memperhatikan porsi makannya, Jihyo juga mengurangi asupan gula dan garam dalam makanannya. 

  • Melakukan Latihan Fisik

Jihyo juga mengaku, “Ada cara berolahraga yang benar-benar berhasil untukku, yaitu latihan perut, bukan diet”.

Dia menambahkan, “Ketika kamu pergi ke gym, ada semacam alat yang membantu kamu melakukan latihan perut untuk membentuk abs. Hanya perlu menyesuaikan sudut agar sesuai dengan dan mengangkat beban. Setelah aku melakukan itu selama 3-4 hari, aku secara alami mendapatkan bentuk perut (abs) yang baik.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kata Pakar soal Diet ala Idol Kpop

Dilansir dari laman Fimela.com, Anton Septian, seorang ahli gizi yang juga sekaligus influencer pada laman instagram @dietsantuy menyatakan bahwa sangat tidak mungkin untuk para artis KPop melakukan diet dalam jangka waktu yang lama.

Terutama bagi artis yang memiliki segudang aktivitas padat dalam waktu yang berdekatan.

Menurutnya, sangat tidak mungkin mereka dapat melaksanakan jadwal yang padat tersebut dengan hanya mengonsumsi satu jenis makanan sehari.

Hal tersebut hanya akan menyebabkan cepat lelah, dan kurangnya asupan kalori serta nutrisi pada tubuh.

Anton juga menuturkan kalau menerapkan pola diet tersebut, tentunya akan mudah untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, organ yang ada pada tubuh jadi tidak mampu untuk melakukan tugasnya karena tidak terpenuhinya asupan nutrisi sebagai sumber tenaga.

“Sangat tidak mungkin artis-artis tersebut melakukan diet itu dalam waktu lama. Makan segitu ditambah aktivitas yang super padat, latihan nari, manggung, main film, pastinya bisa cepat WAFAT,”, katanya.

Selain itu, selama melakukan proses diet pun para idol Kpop ini selalu dipantau oleh dokter pribadinya sendiri.

Sehingga, diet ekstrem tersebut tetap bisa dipantau oleh dokter dan pihak profesional lainnya, tanpa harus khawatir akan terjadi gangguan kesehatan apa yang akan diderita setelah melakukan diet itu.

Maka dari itu, penting untuk melakukan sesi konsultasi pada ahli gizi apabila kita ingin melakukan program diet yang menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita sendiri.

3 dari 4 halaman

Perhatikan hal penting ini kalo kamu mau diet

Pada salah satu penelitian di bidang nutrigenomik ditemukan bahwa, dalam menerapkan pola diet yang sama, kelompok wanita dengan susunan gen (genotip) CC memiliki risiko lebih tinggi mengalami sindrom metabolik dibanding kelompok wanita dengan susunan gen CG dan GG.

Pemeriksaan nutrigenomik ini dilakukan dengan cara pengambilan sampel melalui air liur untuk mendapatkan profil DNA dan melihat efek sampel tersebut terhadap zat dan nutrisi tertentu.

Maka dari itu, penting sekali bagi kita untuk melakukan pemeriksaan nutrigenomik terlebih dahulu agar dapat menentukan metode diet mana yang sesuai dengan tubuh kita.

Metode diet yang dijalankan dengan sesuai, tidak hanya dapat memperlancar harapan untuk memiliki tubuh yang ideal, tetapi juga bermanfaat untuk mencegah penyakit bersarang di tubuh Anda.

4 dari 4 halaman

Rekomendasi makanan buat kamu yang ingin diet

Buat kalian yang sedang mencari rekomendasi makanan sehat untuk dikonsumsi pada saat diet, berikut rekomendasi makanan yang cocok untuk dikonsumsi:

1. Telur utuh

Telur utuh dikenal karena kaya akan protein. Tak hanya itu, mengonsumsi telur utuh juga dipercaya memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Pada penelitian yang dikutip melalui merdeka.com, terdapat 30 wanita yang mengalami kasus kenaikan berat badan. Kemudian, mereka dianjurkan untuk mengonsumsi telur utuh secara rutin sebagai menu sarapan pagi mereka.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa 30 wanita tersebut merasa kenyang jauh lebih lama.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau perlu untuk kita konsumsi, karena di dalamnya mengandung banyak zat besi, kalsium, hingga kandungan antioksidan yang tinggi.

3. Sayuran Crucifeorous

Sayuran crucifeorus ini meliputi kol, kembang kol, brokoli yang memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi serta efektif untuk menurunkan berat badan. Namun, untuk para penderita gerd, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin mengonsumsi sayuran seperti kol.

4. Ikan berminyak

Jenis ikan berminyak ini dapat kalian temukan pada ikan jenis makarel, sarden, salmon, trout, dan masih banyak lagi.

Untuk makanan lain penunjang diet, kita dapat juga mengonsumsi daging tanpa lemak, kacang-kacangan, tuna, dan kentang rebus.

Tentu saja dalam mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kita perlu konsultasikan kepada ahli gizi untuk mengetahui apakah kedelapan makanan di atas cocok untuk kondisi tubuh dan metode diet yang kita pilih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS