Sukses

Naik Tangga dan Menyapu Sama Manfaatnya dengan Ngegym 30 Menit

Sibuk hingga tak sempat ke gym atau biaya ngegym terlalu mahal? Anda bisa menggantinya dengan menaiki tangga atau menyapu dedaunan di halaman. Soalnya, kegiatan yang bisa dilakukan sehari-hari itu baik untuk kesehatan jantung.

Sibuk hingga tak sempat ke gym atau biaya ngegym terlalu mahal? Anda bisa menggantinya dengan menaiki tangga atau menyapu dedaunan di halaman. Soalnya, kegiatan yang bisa dilakukan sehari-hari itu baik untuk kesehatan jantung.

Sebuah studi menunjukkan, aktivitas singkat di sepanjang hari manfaatnya seperti jika nge-gym dengan teratur.

Latihan ringan, seperti hanya berjalan-jalan di sekitar ketika sedang menelepon, semuanya bisa membantu mencegah gangguan yang meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Profesor Brad Cardinal, dari Oregon State University di Amerika Serikat, dan Ahli Ilmu Olahraga mengatakan, aktivitas sederhana merupakan cara latihan yang alami. "Hanya banyak berjalan dan bergerak sedikit lebih banyak," ujar Cardinal seperti dikutip Dailymail, Jumat (2/1/2013).

Para peneliti menemukan, 43 persen orang yang melakukan latihan, termasuk tugas-tugas ringan sehari-hari, yang memakan waktu satu atau dua menit, memenuhi target pmerintah latihan 30 menit per hari, dibandingkan dengan kurang dari 10 persen peserta yang tidak bekerja sama sekali.

"Orang berpikir jika mereka tidak sampai 30 menit mereka mungkin sama saja dengan tidak olahraga sama sekali," kata Profesor Kardinal.

Namun, Profesor Kardinal mengingatkan, dengan adanya alat-alat yang memudahkan, orang bisa tergiur untuk sedikit bergerak.

"Anda akan selalu dihadapkan hal-hal yang membuat Anda tertarik untuk duduk atau kurang aktif, seperti menggunakan blower untuk daun, bukan dengan menyapunya".

"Buatlah aktivitas fisik sebagai cara hidup yang lebih hemat biaya dibanding menjadi anggota gym yang mahal," tambahnya.

Profesor Cardinal mengimbau, daripada menyetir dengan jarak setengah mil, lebih baik Anda mencoba bersepeda atau berjalan untuk jarak yang sama.

Ia juga menyarankan orang untuk melakukan sit up, push up, atau jumping jack saat iklan di televisi.(Mel/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini